Jl. Khatib Sulaiman No. 3 Padang

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kredit Program dan FGD Pengelolaan KUR Lingkup Kanwil DJPb Sumbar 

Padang, 26 Februari 2024 – Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) saat ini digunakan sebagai salah satu media untuk melakukan input data calon debitur KUR dan juga untuk melakukan monitoring terkait penyaluran KUR. Dengan demikian, monitoring penyaluran KUR tersebut tidak hanya dapat dilakukan oleh Kanwil DJPb, namun juga dilakukan oleh Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM di daerah. Sehubungan dengan pelaksanaan tugas sebagai Pengelola SIKP sebagaimana disebutkan dalam pasal 6 ayat e pada PMK 155/PMK.05/2018, Kanwil DJPb perlu menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis SIKP terhadap Operator SIKP untuk meningkatkan kualitas penyajian data dari SIKP. Penunjukan Operator SIKP di daerah dilaksanakan pada OPD setempat yang membidangi Koperasi, UMKM, dan Perdagangan.

Guna mendukung kualitas pembinaan dan pengawasan pelaksanaan pembiayaan KUR di Sumatera Barat serta memastikan bahwa debitur KUR aktif tidak hanya memperoleh pembiayaan namun juga pemberdayaan dari pihak penyalur, diperlukan komunikasi serta koordinasi secara intensif dengan pihak Bank Penyalur. Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat membentuk suatu forum dengan pihak Bank Penyalur guna koordinasi lebih lanjut dan menjamin validitas data debitur KUR.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Kanwil DJPb Sumbar, Ibu Syukriah HG yang menyampaikan harapan agar pelaksanaan pengelolaan KUR melalui SIKP dapat disinergikan antara pihak Kanwil, Pemda, dan Bank Penyalur. Materi bimbingan teknis SIKP disampaikan oleh Analis Sistem Informasi, Bapak Rahardian Zahri Irwansyah dari Direktorat SITP DJPb. Materi yang disampaikan adalah overview kebijakan KUR di tahun 2024, integrasi SIKP dengan sistem penyalur, dan teknis penggunaan aplikasi bagi Pemda dalam hal perekaman dan monitoring data calon debitur. Materi FGD pengelolaan KUR disampaikan oleh Kepala Seksi PPA IIB, Ibu Chairika dari Kanwil DJPb Sumbar. Materi yang disampaikan seputar pengelolaan KUR, highlights KUR Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan Sistem Resi Gudang (SRG) dalam rangka permodalan kepada petani. Pemaparan dan diskusi dipimpin oleh Kepala Seksi PPA IIC, Bapak Esanov Putra sebagai moderator. 

Inisiasi forum koordinasi antara Dinas Koperasi UKM dengan Bank Penyalur 

Kanwil DJPb Sumbar telah menginisiasi forum komunikasi antara Dinas Koperasi UKM se Sumatera Barat dengan Bank Penyalur guna tindak lanjut atas permasalahan pengelolaan KUR yang terjadi di lapangan. Melalui sesi ini, diharapkan kompetensi operator SIKP secara terukut dan meningkatnya kualitas administrasi SIKP di tingkat Dinas Koperasi UKM, terbentuk suatu database debitur KUR yang real time dan valid serta reconciled, menjalin kerja sama dalam hal penyediaan data responden survei monev KUR bersama dengan pihak Dinas Koperasi UKM serta Bank Penyalur, dan terdapat aksi nyata untuk pemberdayaan UMKM oleh Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat dengan dukungan dari pihak Dinas Koperasi UKM dan Bank Penyalur. 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search