Meskipun harus menempuh jarak kurang lebih 600 km, itulah perjalanan yang harus saya dan 2 orang rekan kerja tempuh untuk menuju KPPN Filial Kab. Teluk Bintuni pada tanggal 25 Februari 2021 yang lalu.
Meskipun harus menempuh jarak kurang lebih 600 km, itulah perjalanan yang harus saya dan 2 orang rekan kerja tempuh untuk menuju KPPN Filial Kab. Teluk Bintuni pada tanggal 25 Februari 2021 yang lalu. Dari jarak tersebut masih ada ruas jalan ada yang belum diaspal yaitu ruas jalan setelah Gunung Botak sampai dengan Distrik Tahota. Apabila hujan turun, jalan ini akan berlumpur karena jenis tanahnya berupa tanah liat / lempung. Akibatnya, tentu akan sangat menghambat perjalanan. Saat ini kondisi tersebut sudah lebih baik karena telah dilakukan pengerasan jalan dengan batu kali. Untuk menuju ke sana maka kendaraan yang biasa dipergunakan adalah kendaraan doubel gardan. Waktu yang ditempuh sekitar 8 jam.
Layanan Filial KPPN atau KPPN Filial adalah layanan front office Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang ditempatkan di luar KPPN dalam rangka meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada stakeholders. Untuk itu, KPPN Manokwari juga membuka layanan Filial di Kab. Teluk Bintuni. Layanan KPPN Filial di Kab. Teluk Bintuni telah dibuka sejak bulan Juli 2015, dengan menggunakan salah satu ruangan pada Kantor Dispenda Kab. Teluk Bintuni.
KPPN Filial Kab. Teluk Bintuni beroperasi selama 2 minggu setiap awal bulan. Pegawai yang ditugaskan biasanya berjumlah 1 orang. Selain layanan penerimaan SPM dalam rangka pencairan anggaran, KPPN Filial juga melayani penyampaian LPJ Bendahara, konfirmasi setoran pajak / PNBP, konsultasi baik terkait pelaksanaan maupun petanggungjawaban anggaran maupun konsultasi terkait aplikasi.
Namun, sejak April tahun 2020 layanan KPPN Filial di Kab. Teluk harus ditutup karena adanya pandemi virus Covid-19. Layanan penyampaian SPM yang semula dilakukan secara tatap muka berubah menjadi daring menggunakan Aplikasi e-SPM. Demikian pula dengan layanan yang lainnya, juga dilaksanakan secara daring. Tidak terasa, hampir satu tahun layanan KPPN Filial Kab. Teluk Bintuni ini telah ditutup
Sesampainya di Kantor Dispenda, kami segera menuju salah satu ruang di lantai 2 tempat KPPN Filial berada. Kami melakukan pengecekan sarana dan prasarana yang ada di KPPN Filial Kab. Teluk Bintuni. Komputer, printer, jaringan maupun AC masih berfungsi. Meubelair juga masih terlihat cukup baik. Ruangan cukup terawat karena ada 1 orang yang ditunjuk untuk menjaga kebersihan ruangan KPPN Filial Kab. Teluk Bintuni.
Kami bersyukur, sarana dan prasarana di KPPN Filial Kab. Teluk Bintuni masih dalam kondisi baik, meskipun sudah cukup lama tidak digunakan. Langkah selanjutnya adalah melaporkan kepada pimpinan dan mendiskusikan keberlanjutan layanan. Apakah layanan KPPN Filial Kab. Teluk Bintuni akan dibuka kembali atau tidak.(uji/helmy)