Manokwari

Berita

Seputar KPPN Manokwari

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manokwari Raih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)


Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan baik, yang telah memenuhi sebagian besar kriteria proses perbaikan pada komponen pengungkit, mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK-WBBM) merupakan miniatur reformasi birokrasi di beberapa unit kerja yang bertujuan membangun program reformasi birokrasi sehingga mampu mengembangkan budaya kerja yang anti korupsi, berkinerja tinggi, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

Salah satu hal yang menjadi penekanan pada pembangunan ZI WBK-WBBM adalah menciptakan zona-zona/islands baru yang ikut menerapkan sistem integritas di dalamnya, atau disebut dengan islands of integrity. Munculnya islands baru ini dimungkinkan melalui proses replikasi oleh unit instansi pemerintah lainnya kepada unit instansi pemerintah yang telah menanamkan sistem integritas terlebih dahulu.

KPPN Manokwari raih predikat WBK

KPPN Manokwari sendiri telah ikut serta dalam melakukan pembangunan ZI WBK-WBBM sejak tahun 2017. Pembangunan tersebut diawali dengan pencanangan Zona Integritas menuju WBK-WBBM pada tanggal 21 Februari 2017 yang disaksikan langsung oleh satuan kerja dan pimpinan daerah setempat, yaitu Gubernur Provinsi Papua Barat yang diwakili oleh Asisten II, Bupati Kabupaten Manokwari yang diwakili oleh Wakil Bupati, Kapolda Provinsi Papua Barat, dan Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari.

Pencanangan adalah langkah pertama yang harus dilakukan dalam membangun ZI WBK-WBBM. Pencanangan yang dilakukan dan disaksikan oleh para stakeholders bertujuan untuk menginformasikan bahwa unit kerja sedang melakukan pembangunan ZI WBK-WBBM agar stakeholders dapat turut serta memantau proses pembangunan yang sedang dilakukan. Hal tersebut juga dilakukan untuk menunjukkan komitmen dalam membangun ZI WBK-WBBM.

Perjalanan panjang dalam membangun ZI WBK-WBBM akhirnya membuahkan hasil. Pada tanggal 13 Desember 2022, KPPN Manokwari berhasil memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi. Predikat WBK yang diraih menandakan bahwa KPPN Manokwari telah melakukan pembenahan aspek internal maupun eksternal dalam hal penanaman integritas dan penguatan antikorupsi.

WBK bukanlah akhir dari segalanya

Predikat WBK bukanlah akhir dari segalanya, melainkan tonggak awal dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta islands of integrity. Unit kerja yang telah memperoleh predikat WBK dapat menularkan dan menjadi contoh dalam menanamkan sistem integritas pada unit kerja-unit kerja lain di sekitarnya sehingga akan tercipta islands of integrity.

Dengan diperolehnya predikat WBK, memberikan harapan baru bagi KPPN Manokwari untuk menyebarkan virus-virus integritas serta memberikan motivasi bagi unit kerja lain untuk turut serta menanamkan sistem integritas di dalamnya sehingga dapat mewujudkan islands of integrity di wilayah kerja nya.

Walaupun telah memperoleh predikat WBK, semangat integritas dan antikorupsi harus tetap menjadi pedoman hidup sehari-hari tidak hanya pada saat penilaian ZI WBK-WBBM saja karena tujuan yang sesungguhnya bukanlah untuk meraih sebuah predikat namun adalah untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Penulis : Kukuh Galang Waluyo

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090 Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 


IKUTI KAMI

Search