Berita

Seputar KPPN Metro

Bimbingan teknis Pendampingan Penyusunan Laporan Keuanga UAKPA K/L Semester I Tahun 2017

Dalam rangka mengawal serta menjaga akurasi dan kualitas Laporan Keuangan UAKPA sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah berbasis akrual perlu diselenggarakan kegiatan bimbingan teknis untuk petugas dan operator satuan kerja Mitra Kerja KPPN Metro. Tujuan kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan UAKPA Semester I Tahun 2017 pada Satker Mitra Kerja KPPN Metro adalah :

  1. Meningkatkan kinerja petugas dan operator penyusun laporan keuangan satker K/L;
  2. Meningkatkan akurasi dan kualitas Laporan Keuangan UAKPA Semester I 2017;
  3. Meningkatkan pemahaman petugas dan operator satker mengenai kedudukan dan tanggung jawabnya dalam penyusunan laporan keuangan satker K/L.
  4. Meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan performa kinerja Satker dalam Pelaporan Keuangan Pemerintah
  5. Mengoptimalkan peran Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara dalam pemberian pedoman dan standar, sosialisasi, supervisi, dan bimbingan teknis serta asistensi

Bimbingan Teknis ini dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Juli 2017 dengan mengundang Seluruh Operator SAIBA dan yang terkait di Satuan Kerja pada lingkup pembayaran KPPN Metro yang diharuskan untuk menyampaikan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga pada Semester I Tahun 2017.

Acara seremonial dan pembukaan oleh Kepala KPPN Metro Bapak Tri Tenggo Sukmono, yang pokok bahasannya adalah:

  1. Pentingnya Pendampingan Penyusunan LK UAKPA Kementerian/Lembaga untuk operator dan petugas SAIBA untuk menjaga laporan keuangan pemerintah yang tepat dan andal.
  2. Penyampaian Program Perbendaharaan Go Green yang dilaksanakan pada KPPN Metro dan himbauan agar program tersebut juga dapat dilaksanakan oleh satker mitra kerja KPPN Metro.
  3. Memaksimalkan website KPPN Metro terkait informasi dan peraturan terbaru

Materi Aplikasi SAIBA dan e-Rekon yang disampaikan oleh Saudara Agus Bayu Santoso selaku Pelaksana Seksi Verifikasi dan Akuntansi dengan pembahasan yang disampaikan adalah sebagai berikut :

  1. Overview Aplikasi SAIBA dan E-Rekon
  2. Troubleshooting terkait permasalahan pelaporan keuangan pada Aplikasi SAIBA

Materi Penelaahan Data LKKL Tahun Anggaran 2016 oleh Saudari Niken Agustin sebagai Pelaksana Seksi Verifikasi dan Akuntansi dengan pembahasan yang disampaikan adalah sebagai berikut :

  1. Ringkasan/Review Penelaahan Data LKKL.
  2. Pembahasan atas telaahan yang harus segera disampaikan ke KPPN.
  3. Tata cara penyampaian telaahan LKKL ke KPPN.

Materi Penyampaian Laporan Keuangan oleh bapak Niko selaku Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi dengan pembahasan yang disampaikan adalah:

  1. Penyampaian Laporan Keuangan Satker K/L Mitra Kerja KPPN Metro agar teliti dan tepat waktu.
  2. Pembahasan tentang exception report laporan keuangan agar diminimalisir.

Hasil yang diharapkan akan dicapai dengan kegiatan Bimbingan tekis ini adalah peningkatan pemahaman satker dalam Penyusunan LKKL dan Penelaahan Data LKKL Semester I Tahun 2017. Serta diharapkan juga peningkatan kualitas LKKL kementerian/lembaga yang andal dan akurat agar mencapai target yang diinginkan. Saran atas pelaksanaan bimtek ini adalah agar pendampingan penyusunan LKKL dilakukan terus menerus pada setiap kesempatan yang ada seperti saat konsultasi Satker ke KPPN supaya kualitas Laporan Keuangan terus meningkat.

 

Kontributor : Abdurrahman Baidlowi

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search