Berita

Seputar KPPN Metro

Bimbingan Teknis DAK Fisik dan Dana Desa bagi Pemda Mitra Kerja KPPN Metro

Sehubungan dengan penyaluran DAK Fisik TA 2017 yang dilaksanakan oleh KPPN sesuai amanah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 dan Surat Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor S-4360/PB.1/2017 tanggal 10 Mei 2017 hal pelaksanaan training mandiri dalam rangka penyaluran DAK Fisik Tahun 2017 perlu diadakan kegiatan Bimbingan Teknis DAK Fisik dan Dana Desa bagi Pemda Mitra Kerja KPPN Metro.

Tujuan kegiatan Bimbingan Teknis DAK Fisik dan Dana Desa bagi Pemda Mitra Kerja KPPN Metro adalah :

  1. Menyampaikan dan menjelaskan PMK Nomor 50/PMK.07/2017 dan Perdirjen PER-4/PB/2017 kepada petugas dari Pemda Mitra Kerja KPPN Metro;
  2. Memaparkan penggunaan aplikasi OMSPAN DAK Fisik dan Dana Desa kepada petugas dari Pemda Mitra Kerja KPPN Metro;
  3. Meningkatkan pemahaman dan kesadaran stakeholder atas penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa;

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2017 dengan mengundang pejabat dan pegawai terkait penyaluran DAK Fisik dan/atau Dana Desa pada Pemda Mitra Kerja KPPN Metro.

Acara seremonial dan pembukaan oleh Kepala KPPN Metro Bapak Tri Tenggo Sukmono, yang pokok bahasannya adalah:

  1. Pentingnya melaksanakan bimtek ini dengan baik dan benar agar memahami apa saja yang harus dilaksanakan untuk penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahun 2017.
  2. Pelayanan Perbendaharaan di KPPN Metro adalah pelayanan bebas biaya dan tidak ada pungutan liar.
  3. Penyampaian Program Perbendaharaan Go Green yang dilaksanakan pada KPPN Metro dan himbauan agar program tersebut juga dapat dilaksanakan oleh Pemda mitra kerja KPPN Metro.
  4. Pemaparan Materi PMK Nomor 50/PB.07/2017 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa oleh Bapak Niko selaku Kepala Seksi Vera KPPN Metro/PPSPM Satker Penyalur DAK Fisik dan Dana Desa.

Pembahasan yang disampaikan adalah sebagai berikut :

  1. Transfer Daerah terdiri dari berbagai macam dan cara, diantaranya adalah Dana Alokasi Khusu Fisik dan Dana Desa, yang pada tahun 2017 kedua hal ini dilimpahkan penyalurannya melalui KPPN Mitra Kerja Pemda masing-masing.
  2. Latar Belakang serta berbagai hal yang mendasari perubahan Transfer Daerah berupa DAK Fisik dan Dana Desa yang sekarang disalurkan oleh KPPN.

Pemaparan Materi PER-4/PB/2017 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa pada DJPB oleh Ibu Trianti selaku Kepala Seksi Bank/PPK Satker Penyalur DAK Fisik dan Dana Desa serta Saudara Deswanda Pratama sebagai Staf. Pembahasan yang disampaikan adalah penjelasan atas seluruh Petunjuk Teknis Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa yang dilaksanakan oleh KPPN selaku Satker Penyalur DAK Fisik dan Dana Desa.

Pelatihan Penggunaan Aplikasi OMSPAN DAK Fisik dan Dana Desa oleh Saudari Jessica S Putri dan Saudara Abdurrahman Baidlowi. Pembahasan yang disampaikan adalah sebagai berikut:

  1. Penjelasan atas penggunaan Aplikasi OMSPAN pada lingkup DJPB dan Satker Mitra kerja KPPN serta kedepannya untuk keperluan pelaporan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa.
  2. Penjelasan menu-menu pada Aplikasi OMSPAN DAK Fisik dan Dana Desa.
  3. Training Mandiri yang dilakukan oleh Operator/Petugas dari Pemda masing-masing dengan dibimbing oleh Narasumber.

 

 

Kontributor : Abdurrahman Baidlowi

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search