Berita

Seputar KPPN Metro

Program "Satu Pegawai Satu Pohon" tahun 2017 di Lingkungan KPPN Metro

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-92/PB/2016 tentang Penyelenggaraan Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2017. Salah satu Program pada Hari Bakti Perbendaharaan 2017 adalah pelaksanaan gerakan Green Office, yaitu konsep tentang sebuah kantor yang kegiatannya dijalankan dengan cara ramah lingkungan. Sebagai dukungan terhadap program tersebut seluruh ASN pada KPPN Metro diupayakan untuk terlibat aktif agar produktifitas organisasi dan kepedulian seluruh stakeholder KPPN terhadap lingkungan meningkat. Dasar dari pelaksanaan Perbendaharaan Go Green adalah:

  1. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penghematan Energi dan Air.
  2. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 16 tahun 2009 tentang Kantor Peduli Lingkungan.
  3. Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-18/PB/2017 tentang Program Perbendaharaan Go Green di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Tujuan Program Perbendaharaan Go Green adalah:

  1. Untuk meningkatkan kepedulian pegawai KPPN Metro dan stakeholder terhadap lingkungan;
  2. Untuk meningkatkan brand image Direktorat Jenderal Perbendaharaan;
  3. Untuk meningkatkan efisiensi belanja dan produktivitas kinerja;
  4. Untuk mengedukasi seluruh ASN Direktorat Jenderal Perbendaharaan agar berpartisipasi secara aktif menjaga lingkungan;
  5. Untuk menjadi sarana komunikasi publik bahwa Direktorat Jenderal Perbendahaharaan merupakan organisasi yang memiliki komitmen dan strategi yang responsif terhadap kelestarian lingkungan.

Penyelenggaraan program “Perbendaharaan Go Green” dilaksanakan pada wilayah Gedung Kantor dan Halaman KPPN Metro, serta rumah dinas KPPN Metro.

  • Tanggal Pelaksanaan : KPPN Metro melaksanakan kegiatan penanaman pohon di lingkungan kantor pada tanggal 28 April 2017 dan di lingkungan rumah dinas dan pegawai pada tanggal 15 September 2017.
  • Lokasi : Lokasi penanaman pohon dan bunga dilakukan di lingkungan kantor dan rumah dinas pegawai KPPN.
  • Jumlah Bibit Pohon yang ditanam : Bibit Pohon dan Bunga yang ditanam berjumlah 20 bibit.

Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan penanaman satu pegawai satu pohon ini adalah pentingnya pemahaman, kepedulian, dan tindakan pegawai atas pelestarian lingkungan di lingkungan kantor, lingkungan keluarga hingga pribadi. Saran atas pelaksanaan kegiatan ini adalah agar program peningkatan pemahaman pelestarian lingkungan seperti Perbendaharaan Go Green dapat berjalan terus dan mampu berkembang menyesuaikan kondisi dan metode terkini dalam mengelola kantor yang hijau.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search