Senin, 29 maret 2021 KPPN Semarang II menyelenggarakan Pelatihan Service Excellence yang bertempat di Aula KPPN Semarang II. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Jumiarsih selaku Kepala KPPN Semarang II dan diikuti oleh seluruh pegawai dan PPNPN di lingkup KPPN Semarang II. Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan softskill para pegawai KPPN dalam memberikan pelayanan. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Bapak Dutria Bayu Adi dari BF Institute.
Pada sambutannya Jumiarsih menyampaikan walaupun saat ini masih pandemi namun layanan tetap harus memuaskan. Kegiatan pelatihan service excellence dilakukan dua kali setahun dan sudah beberapa tahun dilakukan, untuk mengingatkan kita semua bagaimana kita sebagai kantor layanan harus bisa memberikan yang terbaik untuk pelanggan yaitu satker. Namun tidak hanya kepada eksternal layanan terbaik kita berikan, kepada internal juga harus kita perhatikan.
Pelatihan Service Excellence kali ini bertema “Meraih Prestasi di Kala Pandemi”. Bapak Bayu menjelaskan bahwasanya sebagai kantor Pemerintah di bidang pelayanan kita harus memberikan pelayanan prima yang ditujukan baik kepada satuan kerja, sesama pegawai, maupun pelayanan terhadap diri kita sendiri. “Good service adalah memberikan pelayanan sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan. Sebaliknya, bad service adalah memberikan pelayanan kurang atau tidak sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan.”- ujar Bapak Dutria Bayu Aji. Jika dapat memberikan pelayanan lebih dari apa yang diharapkan pelanggan itu yang dinamakan Excelent customer service. Dalam melayani ada dua nilai yaitu kehormatan dan kemuliaan. Kehormatan antara manusia sesame ciptaan Tuhan sedangkan kemuliaan antara kita dengan Tuhan.
Sebagai contoh dalam KPPN Semarang II, sesuai janji layanan yaitu SP2D 1 jam, yaitu pemrosesan SP2D paling lambat diselesaikan dalam kurun waktu 1 jam sejak proses validasi Surat Perintah Membayar. Berbagai cara dan strategi dilakukan untuk memenuhi janji layanan tersebut.