Jl. Jati Lurus No. 254 Ternate

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Percepat Penyaluran UMi, Kanwil DJPb Malut tindaklanjuti Kegiatan UMi BAHAGIA lewat Penandatanganan MoU antara Unkhair dan Pegadaian

Kanwil DJPb Malut menginisiasi kegiatan UMi BAHAGIA (Ultra Mikro Bersama Giat Mahasiswa). Kegiatan ini ditindaklanjuti dengan penandatanganan Nota Kesepahaman/MoU antara BLU Universitas Khairun dan Pimpinan Pegadaian Kantor Area Manado 2 pada Jumat (2/10). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya-upaya dalam percepatan PEN, melalui pembiayaan UMi dan pembinaan BLU.

 

Beberapa hal yang melatarbelakangi adanya kegiatan UMi BAHAGIA ini adalah:

  1. Rektor Unkhair menyampaikan adanya kendala terkait program dari Kemendikbud mengenai Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dimana setiap Mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti magang yang setara dengan 20 SKS, namun banyak perusahaan yang menolak menjadi tempat magang karena adanya pandemi Covid-19. Selain itu, BLU Unkhair juga memiliki 2 Key Performance Indicator (KPI) yang sulit dicapai di tengah pandemi ini, yaitu prosentase kelulusan mahasiswa tepat waktu (target 80%) dan program kewirausahaan mahasiswa (target 200 mhs). Mahasiswa saat ini sedang melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masing2 tempat tinggalnya.
  2. 4 Pimpinan PT Pegadaian Cabang Ternate juga menyampaikan kendala terkait pemasaran produk jasa usahanya termasuk produk UMi karena adanya pembatasan sosial di tengah pandemi ini.
  3. Sesuai tupoksi, Kanwil DJPb melakukan monev penyaluran pembiayaan PEN salah satunya penyaluran pembiayaan UMi. Berdasarkan hasil monev, penyaluran UMi di Prov. Maluku Utara termasuk yang paling rendah diantara 33 provinsi lainnya.

 

Dengan adanya kegiatan UMi BAHAGIA, diharapkan dapat diperoleh beberapa manfaat, antara lain:

  1. Mahasiswa : memperoleh ilmu terkait program pembiayaan dari pemerintah dan layanan yang diberikan oleh PT Pegadaian, dapat melaksanakan magang dan melakukan kewirausahaan, dapat menyelesaikan studi tepat waktu, dan juga berpotensi mendapatkan insentif dari PT Pegadaian.
  2. BLU Unkhair melalui penandatanganan MoU ini mempunyai peluang mencapai 2 target KPI yang telah ditetapkan.
  3. PT. Pegadaian juga bisa tetap memasarkan produk jasa, dan juga tetap memprioritaskan penyaluran pembiayaan UMi dengan jangkauan yang lebih luas melalui Mahasiswa yang sedang melaksanakan magang di seluruh Kab/Kota lingkuo Prov. Maluku Utara.
  4. Bagi Kanwil DJPb Prov. Maluku Utara selaku kepanjangan tangan pembinaan BLU dan Kredit Program di daerah, kegiatan ini bisa membantu salah satu BLU yang ada, dan juga meningkatkan penyaluran UMi melalui program UMi BAHAGIA.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara  Kementerian Keuangan RI
Jalan Jati Lurus Nomor 254 Ternate  97716

IKUTI KAMI

Search