Jl. Jati Lurus No. 254 Ternate

Berita

Seputar Kanwil DJPb

SPMB PKN STAN 2023 Resmi Dibuka, Cek Persyaratannya

Salah satu sekolah kedinasan yang memiliki banyak peminat setiap tahunnya yaitu PKN STAN. Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang keuangan negara. Program studi yang saat ini diselenggarakan PKN STAN yaitu program studi D IV Akuntansi Sektor Publik, D IV Manajemen Keuangan Negara, dan D IV Manajemen Aset Publik.

Terdapat beberapa daya tarik yang dimiliki sekolah kedinasan ini sehingga dapat menjadi pilihan favorit para calon mahasiswa, yaitu selama menempuh pendidikan di PKN STAN tidak terdapat biaya yang dipungut untuk membayar pendidikan. Selain tidak perlu membayar biaya kuliah, pada tahun pertama mahasiswa dapat menikmati fasilitas asrama yang telah disediakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Fasilitas penunjang pendidikan dan dosen pendidik juga menjadi keunggulan dari kampus ini yang terbukti dapat meluluskan mahasiswa yang berkualitas. Setelah lulus menempuh pendidikan di PKN STAN, lulusan tidak perlu bingung lagi untuk mencari pekerjaan, karena akan langsung diangkat menjadi CPNS yang mendapatkan kesempatan bekerja di pemerintahan pada Kementerian Keuangan, Kementerian/ Lembaga lainnya, atau Pemerintah Daerah.

Pada tahun 2023 ini PKN STAN kembali membuka kesempatan bagi seluruh lulusan pendidikan menengah untuk mengikuti SPMB PKN STAN 2023.  Berdasarkan Pengumuman Nomor PENG-32/PKN/2023 tentang Seleksi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Program Studi Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2023, kuota mahasiswa PKN STAN tahun ini sebanyak 1.100 mahasiswa.

Terdapat 3 (tiga) jalur penerimaan yang dibuka pada tahun 2023 ini, yaitu jalur regular, jalur afirmasi kewilayahan, dan jalur pembibitan. Jalur reguler merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya, atau Pemerintah Daerah. Jalur afirmasi kewilayahan merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari wilayah afirmasi untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah yang diutamakan pada wilayah afirmasi tersebut. Sedangkan, jalur pembibitan menjadi jalur penerimaan baru pada tahun ini, yaitu jalur penerimaan yang terbuka untuk mahasiswa baru pada daerah kerja sama pembibitan untuk mengisi formasi/kebutuhan pada instansi pemerintah daerah asal.

Persyaratan pendaftaran SPMB PKN STAN pada tahun 2023 ini yaitu:

  1. lulusan (tahun 2022 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2023) semua SMA atau yang sederajat.
  2. untuk jalur regular dan afirmasi kewilayahan bagi lulusan tahun 2022 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau bagi calon lulusan tahun 2023, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. untuk jalur pembibitan bagi lulusan tahun 2022 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 75,00 dengan skala 100,00 atau bagi calon lulusan tahun 2023, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 75,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 75,00 dengan skala 100,00.
  4. usia maksimal pada tanggal 1 September 2023 adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2002 tidak diperkenankan untuk mendaftar dan usia minimal pada tanggal 1 September 2023 adalah 14 tahun.
  5. memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) Tahun 2023 Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600, Tes Bahasa Indonesia minimal 550, Tes Bahasa Inggris minimal 450, dan Tes Penalaran Matematika minimal 500 bagi peserta jalur reguler; memiliki nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 400, Tes Bahasa Indonesia minimal 375, Tes Bahasa Inggris minimal 325, dan Tes Penalaran Matematika minimal 325 bagi peserta jalur afirmasi kewilayahan; sedangkan peserta jalur pembibitan tidak disyaratkan memiliki nilai UTBK-SNBT.
  6. sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  7. bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
  8. bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).
  9. belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.
  10. peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

Bagi calon pendaftar yang ingin mengikuti program afirmasi terdapat persyaratan tambahan yang perlu dipenuhi yaitu memiliki surat keterangan dari SMA atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah) Provinsi Papua dan Papua Barat, serta memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli kota/kabupaten afirmasi yang dipilih. Sedangkan bagi peserta afirmasi non-ADEM Papua dan Papua Barat, persyaratan yang perlu dipenuhi yaitu telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP atau yang sederajat, dan SMA atau yang sederajat di kota/kabupaten afirmasi yang dipilih serta memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli kota/kabupaten afirmasi yang dipilih. Khusus jalur pembibitan ditambahkan persyaratan tambahan yang dibutuhkan yaitu berdomisili pada kota/kabupaten pembibitan yang dipilih dan memiliki orang tua (ayah atau ibu kandung) lahir di kota/kabupaten yang melaksanakan kerja sama pembibitan yang dipilih.

Calon mahasiswa PKN STAN yang mengikuti SPMB perlu mengikuti 4 (empat) tahapan seleksi sebelum pada akhirnya dapat diterima menjadi mahasiswa PKN STAN. Tahapan pertama yaitu seleksi administrasi, peserta dipastikan benar-benar telah memenuhi syarat usia dan nilai serta telah terdaftar UTBK yang diselenggarakan oleh BPPP. Jika pada tahap seleksi administrasi dinyatakan lulus, maka pendaftar akan lanjut ke tahapan berikutnya, sedangkan peserta yang dinyatakan tidak lulus akan gugur pada tahap ini dan tidak dapat melanjutkan pada tahapan berikutnya. Tahap kedua yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN), SKD tersebut meliputi Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan. Tahap ketiga yaitu seleksi lanjutan I yang terdiri dari Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK) dan Tes Psikologi. Pada tahapan terakhir yaitu seleksi lanjutan II yang merupakan tes wawancara. Setelah berhasil lulus hingga tahap akhir, peserta perlu berada pada peringkat sesuai dengan kebutuhan alokasi pada setiap program studi untuk pada akhirnya dapat dinyatakan diterima sebagai mahasiswa PKN STAN.

Pendaftaran SPMB PKN STAN dibuka mulai tanggal 1-30 April 2023 dan hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 26 Juni 2023 yang kemudian dilanjutkan dengan ujian seleksi di tahap berikutnya hingga tahap akhir pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN di tanggal 4 September 2023. SPMB PKN STAN hanya dilaksanakan satu kali per tahun, dan tidak ada jalur undangan atau jalur lain untuk dapat diterima menjadi mahasiswa PKN STAN. Oleh karena itu, para pendaftar perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya yang ingin masuk PKN STAN. Beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum mengikuti seleksi PKN STAN yaitu dengan menetapkan target yang jelas untuk dikejar. Setelah target ditetapkan,  mulailah untuk belajar sedini mungkin dan memperbanyak latihan dengan mengerjakan berbagai jenis soal SPMB PKN STAN. Ketika ujian nanti diperlukan juga strategi yang tepat untuk mengumpulkan poin yang tinggi dalam waktu yang terbatas, maka cobalah untuk berlatih mengerjakan soal dengan batasan waktu yang cepat dan tepat. Teruslah fokus belajar dan persiapkan diri Anda sebaik mungkin menuju SPMB PKN STAN 2023. (aah/2303)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara  Kementerian Keuangan RI
Jalan Jati Lurus Nomor 254 Ternate  97716

IKUTI KAMI

Search