Jl. Jati Lurus No. 254 Ternate

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Menjadi Anggota KDEKS, Kanwil DJPB Maluku Utara Dukung Program Pengembangan Ekonomi Keuangan Syariah di Maluku Utara

Ternate, 10 Mei 2023 – Kepala Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara dikukuhkan menjadi anggota Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Maluku Utara oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Ballroom Hotel Sahid Bella Kota Ternate (10/5).

Acara yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi  Maluku Utara ini untuk mendukung Program Pengembangan Ekonomi Keuangan Syariah di Maluku Utara. Pembentukan KDEKS ini merupakan inisiatif dari Pemprov Malut yang merupakan bentuk komitmen dan langkah strategis Pemerintah Provinsi untuk mengakselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Maluku Utara, guna mendukung penguatan ekonomi daerah dan nasional.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Wakil Presiden RI Bapak KH. Ma'ruf Amin sebagai salah satu agenda beliau dalam kunjungan ke Provinsi Maluku Utara, agenda ini dihadiri berbagai pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah, di antaranya Manajemen Eksekutif KNEKS, Kantor Vertikal Kementerian Lembaga Anggota KNEKS di Provinsi Maluku Utara, diantaranya Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, Kamar Dagang dan Industri Indonesia dan Majelis Ulama Indonesia, serta civitas akademika, asosiasi praktisi dan organisasi masyarakat terkait.

Dalam pengukuhan ini Bapak Wapres mengapresiasi atas terbentuknya KDEKS di Maluku Utara, dimana sebagai bentuk komitmen pemerintah Provinsi Maluku Utara untuk menjadikan ekonomi dan keuangan syariah turut berperan dalam mendukung percepatan pembangunan di wilayah Maluku Utara.

Selain itu juga Pak Wapres berharap KDEKS mejadi motor penggerak dalam mengkaji, menggali berbagai potensi pada masing-masing  fokus pengembangan ekonomi keuangan syariah di daerah ini.

Dalam acara ini Kepala Kanwil DJPb Prov Malut sebagai perwakilan Kementerian Keuangan di Daerah dikukuhkan sebagai anggota KDEKS, hal ini memperluas peran Kementerian Keuangan di daerah dalam mendukung program pemerintah untuk mengembangkan ekonomi keuangan syariah di Maluku Utara serta selaras dengan peran Kanwil DJPB sebagai Regional Chief Economist (RCE) dan Financial Advisor di daerah.(itw/2305)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara  Kementerian Keuangan RI
Jalan Jati Lurus Nomor 254 Ternate  97716

IKUTI KAMI

Search