Jl. Jati Lurus No. 254 Ternate

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sosialisasi Survei Pembanding Debitur UMi : Dukung UMi Malut Terus Bertumbuh, Wujudkan Malut Sejahtera dan Tangguh

Ternate, 22 Juni 2023 – Bertempat di Aula Gamalama, Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara menggelar acara  Sosialisasi Pelaksanaan Survei Pembanding Debitur Kredit Ultra Mikro (UMi)  pada Kamis (22/06).

Acara yang melibatkan Direktorat Sistem Manajemen Investasi, Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan selaku narasumber ini turut mengundang beberapa pihak, mulai dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku Utara, Perwakilan PT. PNM Ternate, Perwakilan Pegadaian Ternate, Perwakilan Universitas Khairun Ternate, serta instansi vertikal berupa Perwakilan KPPN Ternate dan KPPN Tobelo.

“Dalam mendukung pembiayaan UMi yang semakin baik, diperlukan adanya survei pembanding guna melihat sejauh mana pengaruh atau dampak dari penyaluran UMi. Dengan demikian, diperlukan adanya bantuan dan dukungan dari para penyalur agar dapat memfasilitasi pelaksanaan survei,” ujar Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara, Tunas Agung Jiwa Brata dalam pidato kuncinya.

Tunas Agung juga mengungkapkan bahwa program UMi ini dilakukan untuk mendongkrak sektor yang di bawah, untuk meningkatkan perekonomian melalui peran UMKM.

Berlanjut ke acara inti, Meutia Safira selaku perwakilan dari Direktorat Sistem Manajemen Investasi memberikan pemaparan terkait dengan Monitoring dan Evaluasi Persiapan Uji Coba Responden Pembanding Debitur Kredit Ultra Mikro (UMi).

Dalam pemaparannya, beliau mengungkapkan bahwa evaluasi dilakukan untuk memotret dampak dari dana yang diberikan kepada masyarakat. Oleh karena itu perlu dilakukan survei Nilai Keekonomian Debitur (NKD) dalam rangka monitoring ketepatan data serta evaluasi peningkatan NKD antara pelaku usaha yang belum tersentuh program kredit pemerintah dengan pelaku usaha yang telah memperoleh pembiayaan atau yang pernah memperoleh pembiayaan. Hal ini tentunya berkaitan dengan besaran dampak UMi terhadap kondisi perekonomian debitur.

“Harapannya, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) selaku koordinator dana dapat menjangkau seluruh segmen pelaku usaha. Oleh karena itu, diperlukan adanya masukan dari para penyalur untuk masa depan UMi supaya menjadi lebih baik.” Tutup Meutia di hadapan para peserta sosialisasi.(iaa/2306)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara  Kementerian Keuangan RI
Jalan Jati Lurus Nomor 254 Ternate  97716

IKUTI KAMI

Search