Jl. Jati Lurus No. 254 Ternate

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sinergi Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara dengan Perbankan Dorong Transaksi Cashless

Ternate - Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara bekerja sama dengan Bank BRI Regional Manado mengadakan kegiatan Sosialisasi Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dan Cash Management System (CMS) di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ternate, pada Kamis (22/06/2023).

“Penggunaan KKP ini bertujuan untuk meminimalisasi penggunaan uang tunai dalam transaksi keuangan negara (cashless), meningkatkan keamanan dalam bertransaksi, dan mengurangi potensi fraud dari transaksi secara tunai, mengurangi cost of fund/idle cash dari penggunaan UP,” ungkap Kepala Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara Tunas Agung Jiwa Brata dalam sambutannya.

Sejalan dengan hal tersebut, Pimpinan Cabang BRI Ternate Tamrin Faizal Nender mengungkapkan bahwa penggunaan KKP dan CMS di Maluku Utara masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan penggunaannya.

Lebih lanjut Tunas Agung Jiwa Brata mengatakan pelaksanaan pembayaran atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui mekanisme UP saat ini sudah dapat dilakukan secara non tunai. Untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), penggunaan KKP dapat dimaksimalkan dalam pelaksanaan belanja pemerintah terhadap produk dalam negeri dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Maluku Utara.

Acara yang bertujuan untuk meningkatkan penggunaan KKP dan CMS di Maluku Utara ini dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama disampaikan oleh Kepala Seksi PPA 1B Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara Bapak Muhammad Fajri Natsir tentang Tata Cara Pembayaran Atas Beban APBN dengan Menggunakan Kartu Kredit Pemerintah, dilanjutkan dengan materi CMS Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara yang disampaikan oleh Pelaksana Seksi STA Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara Igar Sinanding. Materi terakhir disampaikan oleh Tim Bank BRI Regional Manado tentang Kartu Kredit Pemerintah Domestik sekaligus bimbingan teknis pendaftaran KKP dan CMS.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan pemahaman satker terkait KKP dan CMS semakin meningkat dan dapat memaksimalkan penggunaan KKP dan CMS dalam mempercepat realisasi anggaran belanja,” harap Tunas Agung Jiwa Brata dihadapan seluruh satuan kerja lingkup Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara mitra Bank BRI.(amor/2306)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara  Kementerian Keuangan RI
Jalan Jati Lurus Nomor 254 Ternate  97716

IKUTI KAMI

Search