Manokwari

MORENA (Monitoring Retur Bulanan)

 

MORENA" merupakan akronim dari Monitoring Retur Bulanan. Inovasi ini merupakan pengembangan dari inovasi Papirus yang telah diterapkan sebelumnya. Inovasi ini berbentuk Spreadsheet excel yang digunakan untuk memonitoring durasi penyelesaian Retur SP2D yang dimulai dari munculnya notifikasi retur SP2D di aplikasi OMSPAN sampai penerbitan SP2D pengganti retur SP2D tersebut. Morena juga dapat digunakan untuk monitoring satuan kerja mana saja yang terkena retur dan dapat dijadikan laporan kepada KPA satuan kerja terkait agar mengevaluasi kinerja pengelolaan keuangannya, agar tidak terkena retur berulang-ulang.

Penerima manfaat dari MORENA adalah satuan kerja lingkup KPPN Manokwari dan Internal KPPN Manokwari.Bagi satuan kerja lingkup KPPN Manokwari, MORENA berguna untuk mengevaluasi kinerja pengelolaan keuangan satuan kerja agar tidak terjadi retur yang berulang-ulang tiap bulannya.Bagi internal KPPN, MORENA berguna untuk monitoring satuan kerja mana yang sering mengalami retur untuk diberikan bimbingan khusus dalam pengelolaan rekening.

Pada inovasi sebelumnya yaitu PAPIRUS, satuan kerja hanya mengacu pada ketepatan waktu penyelesaian retur SP2D tanpa memperhatikan jumlah retur yang terjadi disetiap bulannya yang dialami oleh satuan kerja tersebut. Inovasi MORENA yang merupakan perkembangan dari inovasi PAPIRUS berbentuk Monitoring Retur Bulanan yang disampaikan kepada KPA seluruh satuan kerja untuk memantau berapa kali satuan kerja tersebut mengalami retur tiap bulannya. Inovasi MORENA dapat digunakan sebagai evaluasi pengelolaan keuangan satuan kerja agar tidak terjadi retur yang berulang-ulang. Inovasi ini dapat diakses melalui tautan https://bit.ly/morena065

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090 Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 


IKUTI KAMI

Search