Manokwari

Berita

Seputar KPPN Manokwari

KPPN Manokwari Berhasil Menyalurkan DAK Fisik Tahap 1 dan sekaligus pagu s.d. 1 Miliar Tepat Waktu

 

             DAK Fisik merupakan dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus fisik yang merupakan urusan daerahdan sesuai dengan prioritas nasional untuk beberapa bidang diantaranya Pendidikan, kesehatan dan KB, Air Minum, Sanitasi, Perumahan dan Pemukiman, Industri Kecil dan Menengah, Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Pariwisata, Jalan, Irigasi, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Transportasi Perdesaan dan Transportasi Perairan. Bidang-bidang ini tentunya berada disekitarkita yang memiliki tujuan untuk mempercepat pemberian pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat. Penyaluran DAK Fisik ini diharapkan dapat menyerap banyak tenaga kerja.

                Dalam konteks KPPN Manokwari, DAK Fisik tersebut disalurkan kepada 6 Pemerintah Daerah mitra KPPN Manokwari meliputi Provinsi Papua Barat, Kab. Manokwari, Kab. Manokwari Selatan, Kab. Pegunungan Arfak, Kab. Teluk Bintuni dan Kab. Teluk Wondama. 

               KPPN Manokwari berhasil menyalurkan DAK Fisik Tahap 1 dan Sekaligus Pagu s.d. 1 Miliar secara tepat waktu sebesar Rp. 205.96 Miliar atau 23,64% dari Pagu sebesar Rp. 871,28 Miliar. Besaran pagu dan realisasi di tahun 2022 mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2021 sebesar Rp. 157.42 Miliar atau 23,12% dari pagu sebesar Rp. 680,72 Miliar.  Di tahun 2022 ini juga tercatat sebanyak 1.139 data kontrak telah direkam melalui Aplikasi OMSPAN, sedangkan data kontrak tahun 2021 tercatat sebanyak 1.596 data kontrak.

              Sebagai instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan sekaligus berperan sebagai salah satu unit organisasi yang menjadi representasi Kementerian Keuangan di daerah, KPPN Manokwari mempunyai peran strategis dalam penyaluran DAK Fisik terutama dalam hal peningkatan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas penyaluran.  KPPN Manokwari berusaha untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder untuk mendampingi dalam memaksimalkan kinerja APBN yang dikelola pada masing-masing daerah agar dapat menghasilkan manfaat maksimal bagi rakyat dan bagi perekonomian. Ayo kita dukung pemanfaatan DAK Fisik disekitar kita untuk mendorong pemulihan dan kemajuan perekonomian di Papua Barat, tanah yang diberkati.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090 Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 


IKUTI KAMI

Search