Jalan Adam Malik KM 8 Bengkulu Kode Pos 38225

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Perjanjian Kinerja dan Inisiatif Strategis Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu Tahun 2023

Manajemen kinerja merupakan rangkaian kegiatan pemanfaatan sumber daya untuk meningkatkan kinerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Manajemen kinerja organisasi memiliki tujuan membangun organisasi yang terus menerus melakukan penyempurnaan/perbaikan (continuous improvement), membentuk keselarasan antar unit kerja, mengembangkan semangat kerja tim (teamwork), dan menjadi dasar untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi organisasi. Dalam manajemen kinerja terdapat perencanaan kinerja yang mencakup proses penyusunan dan penetapan dokumen kinerja yang salah satunya adalah perjanjian kinerja dan inisiatif strategis.

Perjanjian kinerja merupakan dokumen kesepakatan yang berisikan penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi untuk melaksanakan program/kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja. Berikut merupakan peta strategi yang terdapat dalam Perjanjian Kinerja UPK-Two Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu.

Peta Strategi merupakan suatu dashboard yang memetakan sasaran strategis (SS) dalam suatu kerangka hubungan sebab akibar yang menggambarkan keseluruhan perjalanan strategi organisasi dalam mewujudkan visi dan misi. Peta strategi di lingkungan Kementerian Keuangan secara umum menggunakan 4 (empat) perspektif, yaitu:

a. Perspektif Stakeholder

Perspektif Stakeholder mencakup Sasaran Strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan sehingga dinilai berhasil dari sudut pandang stakeholder. Stakeholder (pemangku kepentingan) merupakan pihak internal maupun eksternal yang secara langsung atau tidak langsung memiliki kepentingan atas output atau outcome dari suatu organisasi, namun tidak menggunakan layanan organisasi secara langsung.

b. Perspektif Customer

Perspektif Customer mencakup Sasaran Strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan customer dan/atau harapan organisasi terhadap customer. Customer (pengguna layanan) merupakan pihak luar yang terkait langsung dengan output atau pelayanan suatu organisasi.

c. Perspektif Internal Process

Persprektif Internal Process mencakup Sasaran Strategis yang ingin diwujudkan melalui rangkaian proses yang dikelola organisasi dalam memberikan layanan serta menciptakan nilai bagi stakeholder dan customer (value chain).

d. Perspektif Learning and Growth

Perspektif Learning and Growth mencakup Sasaran Strategis yang berupa kondisi ideal atas sumber daya internal organisasi yang ingin diwujudkan atau yang seharusnya dimiliki oleh organisasi untuk menjalankan proses bisnis guna menghasilkan output atau outcome organisasi yang sesuai dengan harapan customer dan stakeholder.

Adapun Indikator Kinerja Utama dan target yang ingin dicapai oleh Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu pada tahun 2023 dan dijabarkan dalam 10 (sepuluh) Sasaran Strategis dan 20 (dua puluh) Indikator Kinerja Utama (IKU) adalah sebagai berikut:

  1. Nilai kinerja pelaksanaan anggaran K/L 90
  2. Indeks kualitas LK Kuasa BUN tingkat Kanwil DJPb 3
  3. Tingkat kualitas implementasi RCE 80
  4. Indeks kepuasan satker terhadap layanan Kanwil DJPb 4,66
  5. Tingkat efektivitas edukasi di bidang pengelolaan perbendaharaan 89
  6. Nilai kinerja penyaluran Dana Transfer ke Daerah pada KPPN 90
  7. Indeks kualitas operasional Treasury 3,5
  8. Persentase akurasi perencanaan kas 80%
  9. Indeks kualitas Laporan Government Finance Statistic (GFS) tingkat wilayah 3
  10. Indeks kualitas pelaksanaan rekonsiliasi tingkat UAKPA 3,25
  11. Indeks kualitas pelaksanaan pembinaan dan monitoring pinjaman dan kredit program 85
  12. Indeks kualitas pembinaan BLU dan BLUD 3,25
  13. Tingkat implementasi penajaman tugas Treasury, Regional Economist, dan Financial Advisory 80%
  14. Tingkat implementasi Budaya Kemenkeu Satu di Wilayah 90%
  15. Tingkat kualitas pengelolaan kinerja berbasis Strategy Focused Organization 85
  16. Tingkat implementasi Learning Organization 85
  17. Nilai hasil evaluasi pelaksanaan tugas kepatuhan internal 86
  18. Persentase kualitas pelaksanaan anggaran Kanwil DJPb 95,5%
  19. Nilai kualitas LK tingkat UAPPA-W dan UAPPB-W 84
  20. Persentase kualitas pengelolaan BMN dan Pengadaan 100%

Selain itu, juga terdapat Inisiatif Strategis yang harus dilaksanakan pada tahun 2023. Inisiatif Strategis adalah kegiatan yang digunakan sebagai cara untuk mencapai target IKU sehingga berimplikasi pada pencapaian Sasaran Strategis. Inisiatif Strategis Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu Tahun 2023 sebagai berikut:

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

 

SALURAN PENGADUAN

    

 

 

Search