Treasury Chapter Benteng 155

 

Berita

Seputar Kanwil DJPb

DORONG PERCEPATAN PENYALURAN, KPPN BENTENG GELAR RAPAT KOORDINASI PENYALURAN DAK FISIK TAHAP I TAHUN 2022

Bertempat di Aula Sapolohe, KPPN Benteng menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyaluran DAK Fisik Tahap I Tahun 2022 pada hari Kamis, 17 Maret 2022. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bagian Pembangunan Sekretarita Daerah, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretarita Daerah, Kepala Bagian Perbendaharaan BPKPD, Sekretaris Inspektorat Daerah, dan para Pengelola DAK Fisik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kabupaten Kepulauan Selayar. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka di Aula Sapolohe KPPN Benteng dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Acara Rakor diawali dengan sambutan Kepala KPPN, Sunaryo, dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang kebijakan penyaluran DAK Fisik Tahun 2022 oleh Kepala Seksi Bank dan aplikasi OMSPAN menu DAK Fisik oleh staf Seksi Bank. Setelah pemaparan materi, dilakukan diskusi dan penyampaian progress pengelolaan DAK fisik oleh masing-masing OPD di Kabupaten Kepulauan Selayar serta konsultasi mengenai permasalahan apa yang dihadapi masing-masing OPD dalam pengelolaan DAK Fisik tahun 2022.

Alokasi DAK Fisik untuk Kabupaten Kepulauan Selayar terus mengalami kenaikan mulai dari 96,9 miliar rupiah pada tahun 2020, menjadi 116,76 miliar rupiah pada tahun 2021, dan menjadi 163,04 miliar pada tahun 2021. Apabila dilihat dari tingkat penyalurannya mengalami sedikit penurunan pada tahun 2021 yaitu 93,88% dibandingkan tahun 2020 yang sebesar 94,23%. Selain itu, melihat tingkat penyaluran 2 tahun terakhir yang masih dibawah 95% menunjukkan Kabupaten Kepulauan Selayar masih perlu meningkatkan kesiapan dan harus dilakukan lebih awal agar alokasi pagu yang disediakan oleh Menteri Keuangan bisa dioptimalkan. Pada tahun 2020 terdapat sisa pagu 5,5 miliar rupiah sedangkan pada tahun 2021 terdapat sisa pagu 7,1 miliar rupiah yang tidak diserap oleh Kabupaten Kepulauan Selayar. “Kita harus belajar dari permasalahan penyaluran DAK Fisik tahun-tahun sebelumnya agar tidak terulang dan bisa kita perbaiki tahun ini”, ungkap Sunaryo.

Dari keseluruhan diskusi terdapat 2 bidang yang memerlukan perhatian dalam persiapan penyaluran DAK Fisik Tahap I, yaitu Bidang Pendidikan dan Bidang Kesehatan. Kedua bidang ini mendapatkan alokasi pagu DAK Fisik yang cukup besar yaitu 10,78 miliar rupiah untuk Bidang Pendidikan bahkan Bidang Kesehatan mendapatka alokasi tersebesar yaitu 102,2 miliar rupiah. “Oleh karena itu, permasalahan yang terjadi pada kedua bidang ini terkait penetapan pejabat perbendaharaan maupun pelaksanaan kontrak pengadaan barang/jasa harus segera diselesaikan mengingat batas waktu pemenuhan dokumen persayaratan penyaluran DAK Fisik Tahap I adalah tanggal 21 Juli 2022”, tegas Sunaryo. 

Melalui kegiatan ini, diharapkan penyaluran DAK Fisik tahun anggaran 2022 di Kabupaten Kepulauan Selayar bisa dilaksanakan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, baik dari sisi kecepatan waktu penyaluran maupun optimalisasi atas pagu yang sudah dialokasikan. Dengan demikian dampak dari realisasi pengelolaan DAK Fisik dapat segera dirasakan oleh masyarakat.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search