Konfirmasi Penerimaan Negara
download PER-5/PB/2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Konfirmasi Surat Setoran Penerimaan Negara
download format surat permohonan konfirmasi penerimaan dan daftar rekapitulasi setoran
Halo #DulorKeu! Sebagai bentuk pengamanan atas penerimaan negara, setiap satker harus melakukan konfirmasi kebenaran setoran penerimaan negara ke KPPN Ketapang. Berikut ketentuan dan mekanismenya:
Ketentuan dan Mekanisme Konfirmasi Penerimaan Negara:
- Penerimaan negara yang telah disetor Bank Persepsi atau Pos Persepsi, dapat dikonfirmasi paling cepat pada H+1 setelah penyetoran.
- Satker melakukan perekaman surat setoran penerimaan negara yang telah disetor ke Bank/Pos persepsi menggunakan Aplikasi SAS>> user PPK/SPP >>menu Data Konfirmasi, atau user SILABI Bendahara Penerimaan
- Pastikan perekaman data yang meliputi
- Kode NTPN
- Kode NTB/NTP
- Kode NPWP
- Kode Akun
- Nilai Setor
- Agar konfirmasi penerimaan dapat segera diproses, satker mengirimkan:
- ADK konfirmasi setoran penerimaan negara dalam bentuk .txt, dan
- File scan Surat permohonan konfirmasi penerimaan negara, melalui email KPPN Ketapang Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.m
- Satker mengirimkan dokumen hardcopy ke KPPN Ketapang, berupa:
- Surat permohonan konfirmasi penerimaan negara (Lampiran A PER-5/PB/2018)
- Rekapitulasi daftar setoran penerimaan negara (Lampiran B PER-5/PB/2018)
- Fotokopi surat setoran penerimaan negara atau dokumen lain yang dipersamakan.
- Berdasarkan dokumen yang diajukan satker dan telah diperoleh hasil konfirmasi penerimaan, KPPN Ketapang akan menerbitkan Nota Konfirmasi Penerimaan Negara
Kesalahan dan Kendala Konfirmasi Penerimaan
Terdapat beberapa kesalahan dan kendala yang sering ditemukan saat pengajuan konfirmasi penerimaan sehingga menyebabkan N/A
- Salah urutan kode/menempatkan kode satker
Format ADK yang salah:
Kode Satker; Kode NTPN;Kode NTB/NTP;Kode NPWP;Kode Akun;Nilai Setor
Kode NTB/NTP;Kode NTPN;Kode NPWP;Kode Akun;Nilai Setor
Format ADK yang benar sejak 2020:
Kode NTPN;Kode NTB/NTP;Kode NPWP;Kode Akun;Nilai Setor
- Salah input kode dan/atau jumlah setoran
Contoh:
Seharusnya jumlah setoran 88.000, tertulis 80.000
Salah satu huruf pada kode NTPN, tertulis 0 (angka) padahal seharusnya O (huruf)
Kode akun seharusnya 467221, tertulis kode akun lain misalnya 476112
- Kesalahan penulisan, misalnya terdapat spasi, salah tanda pemisah (;)
Contoh salah:
Kode NTPN:Kode NTB/NTP; Kode NPWP;Kode Akun;Nilai Setor
- Setoran belum tercatat di aplikasi SPAN
Hal ini dapat terjadi jika satker baru saja melakukan penyetoran dan langsung mengajukan permohonan konfirmasi ke KPPN.
Solusi! Menunggu beberapa hari kedepan.
Untuk kesalahan yang diakibatkan kurangnya ketelitian Satker pada saat pembuatan ADK, maka satker perlu melakukan perbaikan dan menyampaikan ADK yang benar, sehingga KPPN dapat melakukan proses konfirmasi penerimaan (muncul status “ADA” sebagai hasil konfirmasi penerimaan).