Makassar

Berita

Seputar KPPN Makassar II

Rapat Koordinasi TKD dan Rekonsiliasi Pajak Pusat atas Belanja Daerah Semester II Tahun 2023

Pada hari Kamis, 22 Februari 2023 telah dilaksanakan Rekonsiliasi Pajak Pusat atas Belanja Daerah Semester II 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Baruga Karaeng pattingalloang Kantor Bupati Gowa yang dihadiri oleh Kepala KPPN Makassar II, Kepala Seksi Bank, Staf pada Seksi Bank, Pemkab. Gowa dan Pemkab. Takalar serta Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Bantaeng.

Rekonsiliasi Pajak Pusat atas Belanja Daerah merupakan wujud dukungan atas amanat dari PMK nomor 211/PMK.07/2022 tentang perubahan Ketiga atas PMK nomor 139/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Dana Otonomi Khusus. Melalui pelaksanaan Rekonsiliasi Pajak Pusat atas Belanja Daerah diharapkan seluruh setoran pajak akan terkonfirmasi sempurna. Sehingga penyaluran DBH Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan DBH Pajak Penghasilan (PPh) periode triwulan I dan II 2024 berjalan dengan lancar.

Dalam rangka menjaga koordinasi yang baik dengan Pemda lingkup KPPN Makassar II terkait dengan penyaluran Transfer ke Daerah (TKD) serta untuk mendorong percepatan penyaluran Transfer ke Daerah (TKD) khususnya Dana Desa, dalam kesempatan ini juga dilakukan Rapat Koordinasi membahas progres penyaluran, hambatan dan tantangan dalam penyaluran Dana Desa serta persiapan penyaluran DAK Fisik tahun 2024. Sebagai bentuk apresiasi kepada Pemda dalam kesempatan ini diberikan penghargaan kepada Pemda dalam pengelolaan Transfer ke Daerah (TKD) dan Penyampaian Lembar Konfirmasi Transfer (LKT) yaitu kepada Pemkab. Gowa diberikan penghargaan sebagai Pemda dengan penyelesaian dokumen DAK Fisik tercepat, kepada Pemkab. Takalar diberikan penghargaan dalam penyelesaian dokumen Dana Desa tercepat dan kepada Pemprov. Sulawesi Selatan diberikan penghargaan dalam penyampaian Lembar konfirmasi Transfer (LKT) tercepat.

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

 

IKUTI KAMI

 

 

PENGADUAN

 

Search