Makassar

Peta Strategi Kemenkeu Three KPPN Makassar II Tahun 2023

Sebagaimana yang kita ketahui visi DJPb adalah Menjadi pengelola perbendaharaan negara yang unggul di tingkat dunia dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan "Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk Mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan. Peta strategi merupakan media yang dapat memudahkan dalam mengkomunikasikan strategi organisasi. Dengan misi sebagai berikut:

DJPb mendukung misi Kementerian Keuangan nomor 3 (memastikan belanja negara yang berkeadilan, efektif, efesien, dan produktif) dan no 4 (Mengelola neraca keuangan pusat yang inovatif dengan resiko minimun) melalui:

1) Mewujudkan pengelolaan kas negara yang prudent, efisien, dan optimal;

2) Mendukung kinerja pelaksanaan APBN yang efesien, efektif, dan akuntabel; 

3) Mewujudkan akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah yang akuntabel, transparan, andal, dan tepat waktu;

4) Mewujudkan tata kelola investasi pemerintah yang modern, inklusif, dan berkelanjutan;

5) Mewujudkan layanan dan tata kelola keuangan Badan Layanan Umum yang inovatif dan modern;

6) Mewujudkan tata kelola sumber daya, proses bisnis, dan sistem teknologi informasi perbendaharaan yang modern, efektif, dan adaptif.

Peta strategi menggambarkan cara pandang organisasi dalam mengelola kinerjanya dari berbagai perspektif. Terdapat 4 perspektif yakni dari stakeholder, customer, internal process dan learning and growth. Berdasarkan perjanjian kinerja nomor PK-128/WPB.13/2023 dapat disampaikan bahwa:

a. Perspektif stakeholder mencakup SS yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan sehingga dinilai berhasil dari sudut pandang stakeholder internal maupun eksternal. Dalam hal ini menteri Keuangan RI, Ditjen Perbendaharaan, Kementerian/Lembaga dan Pemerintah daerah guna mewujudkan perbendahraan Negara yang optimal dan akuntabel.

b. Perspektif Customer mencakup SS yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan customer dan atau harapan organisasi terhadap customer. Maka perlu dukungan manajemen yang efektif.

c. Perspektif internal process mencakup SS yang ingin diwujudkan melalui rangkaian proses yang dikelola organisasi dalam memberikan layanan serta menciptakan nilai bagi stakeholder dan customer. Internal process terdiri dari 4 sasaran strategis yaitu komunikasi, edukasi dan standardisasi yang berkesinambungan, pengelolaan pengeluaran negara yang prudent, efektif dan efisien, pelaksanaan anggaran yang optimal, pertanggungjawaban keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

d. Perspektif learning and growth mencakup SS yang berupa kondisi ideal atas sumber daya internal organisasi yang ingin diwujudkan atau yang seharusnya dimiliki oleh organisasi untuk menjalankan proses bisnis guna menghasilkan output / outcome organisasi yang sesuai dengan harapan customer dan stakeholder. Terdari dari tiga sasaran strategis yaitu penguatan tata kelola dan budaya kerja Kemenkeu Satu dalam ekosistem kolaboratif, organisasi dan SPM yang unggul dan adaptif, serta penguatan pengelolaan keuangan dan BMN yang andal.

 

Adapun tarrget Kinerja yang diemban KPPN Makassar II di tahun 2023 terbagi kedalam 18 IKU, sebagaimana dalam tabel berikut:

IKU KEMENKEU THREE TAHUN 2023

No.

Sasaran Program/Kegiatan

Indikator Kinerja

Target

1

Perbendaharaan Negara yang optimal dan akuntabel

1a-CP Nilai kinerja pelaksanaan anggaran K/L

90

1b-N Indeks kualitas LK Kuasa BUN KPPN

3

2

Dukungan manajemen yang efektif

2a-N Indeks kepuasan satker terhadap layanan KPPN

4,66

3

Komunikasi, edukasi, dan standardisasi yang berkesinambungan

3a-N Persentase tingkat implementasi standardisasi kompetensi pejabat perbendaharaan

100

3b-N Tingkat efektivitas edukasi di bidang pengelolaan perbendaharaan

89

4

Pengelolaan pengeluaran negara yang prudent, efektif dan efisien

4a-CP Persentase akurasi perencanaan kas

80

4b-N Tingkat kualitas penyelesaian SP2D

3

5

Pelaksanaan anggaran yang optimal

5a-CP Nilai kinerja penyaluran Dana Transfer ke Daerah

90

5b-N Indeks kualitas implementasi Digipay

3,1

6

Pertanggungjawaban keuangan negara yang transparan dan akuntabel

6a-CP Indeks kualitas pelaksanaan rekonsilasi tingkat UAKPA

3,25

6b-N Indeks kualitas Laporan Pertanggungjawaban Bendahara K/L

3

7

Penguatan tata kelola dan budaya kerja Kemenkeu Satu dalam ekosistem kolaboratif

7a-CP Tingkat implementasi penajaman tugas Treasury dan Financial Advisory

80

8

Organisasi dan SDM yang unggul dan adaptif

8a-N Tingkat kualitas pengelolaan kinerja berbasis Strategy Focused Organization

85

8b-N Tingkat implementasi learning organization

85

8c-N Nilai hasil evaluasi pelaksanaan tugas kepatuhan internal

86

9

Penguatan pengelolaan keuangan dan BMN yang andal

9a-CP Persentase kualitas pelaksanaan anggaran KPPN

95,5

9b-N Nilai kualitas LK tingkat UAKPA dan UAKPB

84

 

Selain itu, KPPN Makassar II juga telah merumuskan Insiatif Strategis Tahun 2023. Inisiatif Strategis adalah kegiatan yang digunakan sebagai cara untuk mencapai target IKU sehingga berimpikasi pada pencapaian SS. Berikut Inisiatif Strategis KPPN Makassar II Tahun 2023: 

 

INISIATIF STRATEGIS KPPN MAKASSAR II TAHUN 2023

1.Tingkat Implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001:2016

2.Optimalisasi Transaksi Pembayaran Non Tunai di Tingkat KPPN

3.Pelaksanaan MoU Konfirmasi rekening data supplier 

 

Dukungan dan kerjasama dari mitra KPPN Makassar II membantu pencapaian target dan program yang telah dirumuskan di tahun 2023 ini. 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

 

IKUTI KAMI

 

 

PENGADUAN

 

Search