Jl. Jenderal Sudirman No. 249 Pekanbaru 28116

FAQ-001 | Penolakan SPM: Data Supplier Tidak Ditemukan

Permasalahan: Terdapat penolakan SPM dari KPPN (validasi gagal) dengan keterangan Data Supplier tidak ditemukan.

Penyebab:

1) Data supplier belum terdaftar di SPAN dengan kode KPPN Pekanbaru; atau
2) Data Supplier memiliki informasi yang berbeda.

Langkah penyelesaian:

Permasalahan: Terdapat penolakan SPM dari KPPN (validasi gagal) dengan keterangan Data Supplier tidak ditemukan.

Penyebab:

1) Data supplier belum terdaftar di SPAN dengan kode KPPN Pekanbaru; atau
2) Data Supplier memiliki informasi yang berbeda.

Langkah penyelesaian:

Cek Apakah Data Supplier Sudah Terdaftar di OMSPAN

1. Buka Aplikasi OM-SPAN menu Modul Komitmen > Cari Data Supplier

2. Isi filter sekurang-kurangnya: Tipe Supplier dan Nomor Rekening

3. Apabila hasilnya Data tidak ditemukan, maka lakukan Perekaman supplier secara manual dan pendaftaran supplier. Apabila terdapat data supplier terdaftar, lanjut ke nomor 2.

Supplier Sudah Terdaftar, Cek Apakah Ada Perbedaan Data

Apabila data rekening sudah terdaftar di OMSPAN, kroscek dengan aplikasi SAKTI (dan GPP bila supplier tipe 3) apakah ada perbedaan.

- Pengecekan di level Supplier Header

- Pengecekan di level Supplier Address

- Pengecekan di level Supplier Bank (Tipe 2)

- Pengecekan d level Supplier Pegawai (Tipe 3)

- Pengecekan di level Supplier Banyak Penerima (Tipe 6)

  • Sebagai acuan, siapkan data dukung berupa SK / NPWP / Rekening koran / buku tabungan bank
  • Apabila terdapat perbedaan data pada level Supplier Header dan/atau Supplier Address, silahkan ajukan pendaftaran supplier (BCSR).
  • Apabila terdapat perbedaan data pada level Supplier Bank/Supplier Pegawai/Supplier Banyak Penerima, terdapat dua kondisi:
    • Data yang benar (sesuai data dukung) adalah Data SAKTI. Pada kondisi ini, silahkan ajukan Perubahan Supplier (BCSU) dengan mencentang tanda Ubah (BCSU) pada Supplier Address.
    • Data yang benar (sesuai data dukung) adalah Data Pada OM-SPAN. Pada kondisi ini, silahkan lakukan perubahan data dengan mengklik <Ubah> pada Supplier Bank/Supplier Banyak Penerima, kemudian klik Simpan. Catatan: Data yang bisa diubah oleh KPPN Pekanbaru adalah Data Supplier dengan kode KPPN 008-Pekanbaru.
    • Khusus data supplier tipe 3, perbaikan data Supplier Pegawai dilakukan melalui mekanisme Rekonsiliasi Gaji Terpusat, baru kemudian mengirimkan ADK Perubahan Data Supplier (BCSU).

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb
Jalan Jenderal Sudirman No. 249 Pekanbaru Kode Pos 28116
Telp : (0761) 22847 Faksimile : (0761) 23117

IKUTI KAMI

Search