Kegiatan Kelas Pistar Aplikasi SAKTI Web Full Module dilaksanakan secara Video Conference melalui aplikasi Zoom dengan ID room 255.374.3467 (password : sdk119) yang dilaksanakan pada hari Kamis, 24 Maret 2022, pukul 09.00 WIB s.d. selesai.
Kegiatan Kelas Pistar Aplikasi SAKTI Web Full Module dibuka oleh Kepala KPPN Sidikalang, Ibu Nova Juliana Sianturi. Dalam arahannya, beliau berharap adanya komitmen dan tanggung jawab dari para Pemegang User SAKTI baik itu user Pejabat maupun Operator SAKTI agar senantiasa menjaga kerahasiaan user dan password masing-masing serta implementasi Aplikasi SAKTI Web Full Module di satker lingkup KPPN Sidikalang dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Materi Sosialisasi Aplikasi SAKTI Web Full Module disampaikan oleh Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker, Bapak Senopati Al Islami. Beliau menyampaikan materi terkait Pelaksanaan Sistem SAKTI sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171/PMK.05/2021 sebagai berikut :
a. Ketentuan Umum
SAKTI terdiri dari 9 modul yang didukung oleh pengelolaan monitoring data dan transaksi SAKTI antara lain modul Admin, Anggaran, Komitmen, Pembayaran, Bendahara, Aset Tetap, Persediaan, Piutang serta Akuntansi dan Pelaporan. SAKTI telah digunakan oleh satuan kerja Kementerian/Lembaga di seluruh Indonesia. SAKTI menggunakan sistem database terpusat, transaksi secara elektronik dan telah dilakukan pengamanan secara elektronik dalam bentuk one time password (OTP).
b. Tata Cara Pelaksanaan Modul Administrasi Pengguna SAKTI terbagi dua, yaitu administrator dan operasional modul. Administrator terdiri atas Administrator BA K/L dan BA BUN (Unit Es I dan satker), dan Administrator BUN (pusat dan KPPN). Pengguna operasional modul terdiri atas operator, validator, dan approver. Pengguna ditetapkan oleh pejabat yang berwenang melalui surat keputusan, mempunyai Kode Akses sesuai dengan kewenangan, dan bertanggung jawab atas kepemilikan dan penggunaan Kode Akses. Modul Penganggaran Modul ini digunakan untuk Penyusunan Anggaran, Penelaahan Anggaran, Penyusunan KPJM, dan Revisi Anggaran. Modul Komitmen Ruang lingkup dari modul ini antara lain Pengelolaan data supplier, pengelolaan data kontrak, Pengelolaan data pelaksanaan kegiatan kontraktual, Pengelolaan data pelaksanaan kegiatan non kontraktual, dan Pengelolaan data capaian output. Modul Bendahara Modul ini digunakan mulai dari perekaman transaksi hingga pertanggungjawaban yang dilakukan oleh Bendahara Pengeluaran, Bendahara Pengeluaran Pembantu dan Bendahara Penerimaan.
|
Modul Pembayaran Modul ini digunakan untuk penerbitan SPP, SPM, SPBy, Pencatatan SP2D, RPD Harian serta Koreksi Data transaksi dan Penyesuaian Pagu DIPA. Modul Persediaan Modul Aset Tetap Modul ini digunakan untuk perekaman transaksi BMN, perhitungan penyusutan/amortisasi, pembuatan data summary untuk pelaporan aset tetap, tutup buku aset tetap dan pencetakan buku/daftar dan laporan BMN. Modul ini akan menghasilkan laporan berupa buku/daftar berupa buku barang, daftar transaksi BMN, history BMN, kartu konstruksi dalam pengerjaan, daftar barang rusak berat/hapus yang diusulkan ke pengelola dan Laporan BMN berupa laporan barang, laporan penyusutan, laporan kondisi barang, laporan posisi BMN di neraca, dan catatan ringkas BMN.
|
Modul Piutang
Modul ini digunakan untuk perekaman referensi debitur, perekaman transaksi piutang, perekaman settlement pembayaran/pelunasan piutang, perekaman surat penagihan, perekaman dokumen reklasifikasi kualitas piutang, perhitungan penyisihan piutang, transfer keluar-transfer masuk data piutang, perekaman hapus buku/hapus tagih, perekaman koreksi piutang, tutup buku piutang dan pencetakan laporan piutang.Modul ini akan menghasilkan laporan berupa kartu piutang, kartu penyisihan piutang tak tertagih, rekapitulasi piutang yang sudah lunas, rekapitulasi transfer keluar-transfer masuk dan daftar piutang jatuh tempo.
Modul Akuntansi dan Pelaporan
Modul ini digunakan untuk melakukan jurnal manual dan jurnal penyesuaian, transaksi resiprokal, posting jurnal, monitoring jurnal, tutup buku dan pencetakan Laporan Keuangan. Modul ini akan menghasilkan Laporan keuangan seperti Laporan Buku Besar, Neraca Percobaan, Laporan Operasional, Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Ekuitas dan Laporan Rekonsiliasi Neraca dengan Sub Ledger.
c. MONSAKTI
MONSAKTI adalah sebuah aplikasi yang digunakan unutk melakukan monitoring data dan transaksi yang dilakukan pada aplikasi SAKTI. Aplikasi ini digunakan untuk melakukan monitoring realisasi anggaran, data supplier, data kontrak, status tagihan, dan indikator kesesuaian data pelaporan.
d. Migrasi Data Saldo Awal
Dilaksanakan pada saat penggunaan Modul Persediaan, Modul Aset Tetap, dan Modul Akuntansi dan Pelaporan untuk pertama kali. Migrasi data saldo awal meliputi:
migrasi data persediaan: proses pemindahan referensi dan saldo awal persediaan dari aplikasi E-Rekon dan LK ke dalam Modul Persediaan.
migrasi data aset tetap: proses pemindahan data aset tetap dari aplikasi E-Rekon dan LK ke dalam Modul Aset Tetap.
migrasi data buku besar neraca: proses pemindahan saldo akun neraca dari aplikasi E-Rekon dan LK ke dalam Modul Akuntansi dan Pelaporan
Data migrasi berdasarkan data Laporan Keuangan audited tahun sebelumnya.
e. Publikasi Aplikasi SAKTI
Saat ini satuan kerja telah dimudahkan untuk belajar dan lebih mengenal aplikasi SAKTI. Salah satunya melalui aplikasi PanduSAKTI yang tersedia di Playstore serta Channel Youtube SAKTI yang berisi berbagai Informasi dan video tutorial terkait perekaman transaksi pada aplikasi SAKTI.
Setelah pemaparan materi, Kelas PISTAR ini juga diisi dengan kegiatan Ayo Ngopi "Ayo Ngobrolin Perkara Korupsi". Materi Ayo NGOPI kali ini membahas terkait Tokoh Integritas yaitu Ir. Soekarno yang disampaikan oleh Sisca Panjaitan.
Tidak berhenti di situ, diadakan Kuis Kahoot yang dimenangkan oleh Siti Ernika Sari dari KPU Dairi, Sari Gumanti dari Kejaksaan Negeri Dairi, dan Putra Manda Ginting dari Kementerian Agama Kab. Karo.
Kegiatan Sosialisasi Aplikasi SAKTI Web Full Module berjalan dengan sangat baik. Harapannya dengan adanya sosialisasi ini, satuan kerja mitra KPPN Sidikalang dapat lebih mengenal aplikasi SAKTI dan implementasi aplikasi SAKTI dapat berjalan dengan lancar.