Jl. H. Abdul Latief No. 4, Kab. Sinjai  Telp (0482)22246

Berita

Seputar KPPN Sinjai

GKM Refreshment Pelaksanaan Anggaran, dan Pembinaan Pejabat Perbendaharaan Bulan Juni Edisi 1

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai menyelenggarakan kegiatan GKM Refreshment Pelaksanaan Anggaran, dan Pembinaan Pejabat Perbendaharaan Bulan Juni Edisi 1 pada Rabu (21/06) secara daring melalui aplikasi Microsoft Teams. Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai KPPN Sinjai. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan yang dilaksanakan untuk memenuhi arahan dari kantor pusat dalam rangka penguatan dan pengembangan peran KPPN dalam rangka standardisasi kegiatan manajemen KPPN.

Arif Kurniadi, Kepala KPPN Sinjai, dalam arahannya berpesan agar seluruh pegawai dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Kemudian, Kholid Mawardi, selaku Pejabat Fungsional PTPN KPPN Sinjai bertindak sebagai narasumber menyampaikan materi mengenai Mekanisme Pembayaran dalam Rangka Pelaksanaan APBN Bagian I.

Penyampaian materi diawali dengan penyampaian dasar hukum dan ruang lingkup keuangan negara yang terdiri dari pendekatan dari sisi subjek, objek, proses, dan tujuan. Kemudian, disampaikan pula asas-asas keuangan negara, pemisahan kewenangan dalam pelaksanaan APBN, dan alur pelaksanaan APBN. Sdr. Kholid menyampaikan bahwa pejabat pengelolaan keuangan pada satker terdiri dari KPA, PPK, PPSPM, Bendahara, dan Pejabat Lainnya. Masing-masing pejabat perbendaharaan tersebut memiliki tugas dan kewenangannya masing-masing yang perlu diperhatikan. Setelah disampaikan materi mengenai pejabat perbendaharaan, narasumber juga menyampaikan mengenai komitmen, meliputi jenis komitmen, penatausahaan komitmen, pengajuan tagihan, mekanisme pembayaran LS (langsung), dan mekanisme pembayaran dnegan UP (uang persediaan). Narasumber menambahkan mengenai pengajuan tagihan. Pengajuan tagihan dilakukan berdasarkan atas komitmen dan bukti bukti yang sah untuk memperoleh pembayaran. Mekanisme pembayaran tagihan terdiri dari 2 yaitu, mekanisme langsung (LS) dan mekanisme uang persediaan (UP).

Kegiatan GKM Refreshment Pelaksanaan Anggaran dan FGD Pembinaan Pejabat Perbendaharaan Edisi I berjalan dengan baik dan lancar. Seluruh peserta kegiatan mengikuti dengan penuh antusias. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu menambah pengetahuan peserta/pegawai mengenai pelaksanaan APBN.(*)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search