Jl. H. Abdul Latief No. 4, Kab. Sinjai

LPFED

Laporan Perkembangan Fiskal dan Ekonomi Daerah Kab. Sinjai

Peran Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan secara lebih spesifik dapat dioptimalkan dengan berperan sebagai Regional Chief Economist (RCE). Peran RCE didefinisikan sebagai posisi yang memiliki tanggung jawab utama untuk pengembangan, koordinasi, dengan ruang lingkup tanggung jawab yang meliputi perencanaan, pengawasan,dan penyebaran informasi, dan koordinasi penelitian ekonomi. Dengan predikat regional, maka RCE merupakan peran Chief Economist yang secara spesifik dilaksanakan dalam lingkup regional tertentu. Peran RCE ini kemudian tidak hanya dijalankan oleh Kanwil DJPb, tetapi telah diturunkan pada KPPN sebagai instansi vertikal Kementerian Keuangan di daerah.

Ruang lingkup RCE ini salah satunya adalah penajaman KFR (Kajian Fiskal Regional) yang kemudian diturunkan pada KPPN menjadi LPFED (Laporan Perkembangan Fiskal dan Ekonomi Daerah). LPFED disusun secara triwulanan oleh KPPN.

Peran RCE mendorong agar disusun laporan yang bukan hanya bersifat financial/accountability report namun lebih jauh berupa managerial report yang berisi analisis atas keadaan makroekonomi secara regional, analisis belanja, analisis potensi penerimaan hingga pengaruh APBN terhadap ekonomi wilayah. Kajian ini berisi analisis fiskal dan makroekonomi yang dapat digunakan dalam mencapai tujuan kebijakan fiskal. Dalam penyusunannya, LPFED melibatkan pengolahan dan analisis atas sederetan data seperti data statistik regional, dana moneter regional, data penerimaan pajak regional, data belanja negara baik belanja K/L maupun Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), dan data keuangan daerah baik dari pemerintah daerah.

Rekomendasi LFED Lainnya

 

Triwulan III

Tahun 2021

   

 

 

       

Triwulan I

Triwulan II

   
         

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search