Jl. H. Abdul Latief No. 4, Kab. Sinjai  Telp (0482)22246

Penting, KPPN Sinjai adakan FGD Pengelolaan Keuangan dengan Dinkop dan Pelaku Usaha UMKM

 

KPPN Sinjai bersama dengan Dinas Koperasi,UKM dan Tenaga Kerja dan UMKM Kabupaten Sinjai, adakan pada Focus Group Discussion (FGD) Bimbingan Manajemen Keuangan Bagi UMKM di ruang rapat KPPN Sinjai, 6 Juli 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala KPPN Sinjai ,Kepala Seksi Bank KPPN Sinjai, Pejabat Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sinjai dan Pelaku UMKM yang menjadi binaan.

 

FGD  ini dibuka oleh Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi,  dia menyampaikan bahwa acara ini dilakukan sebagai langkah nyata dalam komitmen KPPN Sinjai untuk berpartisipasi dalam pengembangan UMKM.

 “Kegiatan ini merupakan tindak lanjut MoU yang dilakukan oleh KPPN Sinjai dengan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja”, Ungkap Arif Kurniadi.

 KPPN Sinjai juga senantiasa membantu dalam bidang pemasaran, salah satunya dengan mengundang pelaku UMKM dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh KPPN Sinjai dan memberikan waktu kepada pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya. Arif Kurniadi juga berharap, dengan adanya kegiatan FGD ini, para pelaku UMKM yang hadir, mempunyai pemahaman dalam menyusun Harga Pokok Penjualan (HPP).

 “Sesi kali ini kita akan memberikan materi tentang penyusunan Harga Popok Penjualan yang merupakan langkah awal memahamkan UMKM dalam menyusun laporan keuangan”, kata Arif Kurniadi.

Materi disampaikan oleh Muhammad Aldi Subandi, terkait Penyusunan Harga Pokok Penjualan. Hal ini sangat penting bagi pelaku UMKM, untuk menentukan margin keuntungan dan besaran harga jual produksi. Dalam kegiatan ini juga, Muhammad Aldi menyampaikan beberapa contoh proses pembuatan HPP. Diharapkan para pelaku UMKM yang hadir dapat menyusun sendiri HPP nya masing-masing.

 “Dengan materi ini diharapkan para pelaku UMKM mampu menyusun sendiri HPP nya masing-masing sehingga bisa mengetahui berapa keuntungan yang akan diperolehnya nanti”, kata Aldi Subandi.

 Setelah pemaparan materi, para pelaku UMKM menyampaikan beberapa isu dan kendala yang selama ini mereka hadapi. Para pelaku UMKM juga berkomitmen akan membuat HPP sebagai bentuk tugas dari kegiatan ini. Di akhir acara, Edhi Purnomo, selaku pembina UMKM dari KPPN Sinjai, menyampaikan bahwa kegiatan FGD Manajemen Keuangan bagi UMKM ini akan berlanjut pada bulan depan dengan tema yang sama dan materi yang berkelanjutan, sehingga nantinya para pelaku UMKM dapat menyusun HPP, membuat Laporan Keuangan dan menganalisa hasil penjualannya.(*)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search