Sragen, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sragen menyelenggarakan kegiatan Capacity Building berupa Training Service Excellent, Jumat (23/12/2022), yang bertempat di Aula KPPN Sragen.
Kepala KPPN Sragen Ermina Trilestari menyebutkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Pegawai KPPN Sragen dalam menjalankan tugas dan fungsi organisasi untuk memberikan layanan secara optimal, responsif dan solutif kepada stakeholder.
KPPN Sragen merupakan instansi pemerintah di bawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu yang memberikan berbagai layanan kepada instansi pemerintah dalam pembayaran belanja atas beban APBN, serta kepada Pemerintah Daerah dalam penyaluran TKDD.
Training Service Excellent menghadirkan Andriani selaku Service Quality Control Officer Bank Mandiri Area Solo Raya.
Aan menyampaikan “Mengapa Pelayanan Penting?
- Meningkatkan Value pada instansi
- Mencegah terjadinya keluhan
- Efisiensi (waktu, tenaga dan biaya)
- Meningkatkan loyalitas
- Menciptakan reputasi positif
- Word of mouth adalah iklan yang tidak bisa dibeli dengan uang, dll
layanan yang melampaui harapan akan membuat stakeholder sangat puas, menyentuh hati sehingga akan menceritakan kehebatan pelayanan," ujarnya.
selain pemaparan materi juga dilakukan simulasi pemberian layanan kepada pelanggan. Dalam simulasi terlihat bahwa pelanggan memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda sehingga petugas pelayanan harus dapat mengkondisikan situasi dengan tetap berpegang pada prosedur operasi yang berlaku.