Tolitoli – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Tolitoli bekerjasama dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Cabang Tolitoli mengadakan pelatihan dengan tema “Service excellence Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas SDM (Capacity Building) Triwulan IV Tahun 2023” pada hari Jumat (1/12) bertempat di Aula KPPN Tolitoli. Bapak Kun Sri Hartanto, selaku Kepala KPPN Tolitoli mendukung penuh kegiatan ini dan menyampaikan pentingnya pelayanan yang prima terutama terhadap Satker sebagai stakeholders sebagai salah satu cara membangun negeri. Menurutnya, Service excellence tidak hanya sebatas memberikan layanan yang baik, melainkan menciptakan pengalaman yang melebihi harapan para pemangku kepentingan, tentunya hal ini melibatkan segala aspek layanan, mulai dari responsif terhadap kebutuhan Satker, hingga memberikan solusi yang kreatif dan inovatif. Sebagai penutup, Bapak Kun Sri Hartanto juga menyampaikan pentingnya untuk menjaga integritas baik diri sendiri, teman dan juga lingkungan kerja.
Pelatihan Service excellence ini dihadiri oleh seluruh pegawai KPPN Tolitoli termasuk PPNPN mencakup sekretaris, satpam, front officer, dan supir. Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini, dengan semangat Kemenkeu Satu, KPPN Tolitoli mengundang beberapa pegawai dari Kantor Pajak Pratama Tolitoli terutama pegawai yang bersentuhan langsung dengan para wajib pajak, untuk ikut serta dalam kegiatan yang dikhususkan untuk melatih para pegawai untuk berkomitmen dan terlibat secara penuh dalam menciptakan atmosfer positif yang berdampak pada kualitas layanan yang diberikan.
Dalam kesempatannya, Arif Nugraha S.S, M.M, Kepala Cabang Bank Mandiri Tolitoli selaku Narasumber dalam Pelatihan Service excellence ini mengawali pemaparannya dengan pemutaran video yang sangat menarik tentang dua sikap pelayanan yang bertolak belakang. Video pendek tersebut memperlihatkan perbandingan sikap seorang resepsionis yang sangat buruk melayani tamunya dan sikap resepsionis yang justru kebalikannya, begitu memperhatikan dan melayani tamu yang datang. Dari video yang diputarkan, Bapak Arif kemudian mulai menanyakan pendapat para pegawai tentang apa yang mereka pahami terkait service excellence dan mengapa service excellence menjadi hal yang crucial dalam kehidupan. “Pelayanan itu menurut saya penting karena menjawab kebutuhan para satker yang datang”, Jawaban Bapak Aruji, salah seorang pegawai PPNPN di KPPN Tolitoli. Pak Arif Nugraha membenarkan jawaban para pegawai yang berkesempatan memberikan opininya. Menurutnya, Service excellence juga memiliki standar layanan sebagai tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian pelayanan serta menjadi kewajiban dan janji penyedia layanan.
Setelah penerimaan materi yang sangat menarik, Pelatihan Service excellence diakhiri dengan role play secara bergantian oleh para pegawai yang hadir dalam kegiatan tersebut. Para pegawai memeragakan tata cara mengangkat dan menjawab panggilan dari stakeholders secara baik dan sesuai dengan standar pelayanan, tidak hanya itu, satpam yang hadir juga berkesempatan untuk mempraktekkan tata cara menyambut tamu yang datang secara langsung ke kantor pelayanan. Kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar dan dipenuhi antusias oleh seluruh pegawai yang hadir.
Acara ditutup pukul 18.00 WITA dengan sesi foto bersama dan penyerahan cindera mata oleh Kepala KPPN Tolitoli, Bapak Kun Sri Hartanto kepada Kepala Cabang Bank Mandiri Tolitoli, Bapak Arif Nugraha. Melalui kegiatan yang rutin diselenggarakan secara triwulanan ini, seluruh pegawai KPPN Tolitoli diharapkan dapat terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang luar biasa tentunya dengan tetap mengutamakan prinsip integritas dan layanan bebas biaya (zero cost).