Jl. Alamsyah Ratu Prawiranegara KM. 3 Kotabumi, Lampung Utara

SEBETIK

Seputar Berita KPPN Kotabumi

Kegiatan Sosialisasi LLAT 2023 pada KPPN Kotabumi

KPPN Kotabumi menyelenggarakan Sosialisasi Langkah - Langkah Akhir Tahun (LLAT) 2023 pada Rabu, 25 Oktober 2023. Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan Refreshment Cash Management, Workshop Pelaksanaan Penyampaian dan Validasi LPJ Bendahara Pengeluaran melalui Aplikasi SAKTI Tahap II, serta Sosialisasi Anti Korupsi yang dihadiri oleh seluruh pengelola keuangan Satuan Kerja Mitra KPPN Kotabumi.

Kepala KPPN Kotabumi, Muhammad Syaifuddin Luthfi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas terbitnya Peraturan Direktorat Jenderal Perbendaharaan PER-10/PB/2023 Tentang Langkah-Langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2023 dan Surat Dirjen Perbendaharaan No.S-180/PB/PB.3/2023 tentang Penetapan Piloting Tahap II Pelaksanaan Penyampaian dan Validasi LPJ Bendahara melalui Aplikasi SAKTI.  “Terdapat hal baru dalam LLAT tahun ini, implementasi mekanisme Rekening Penampungan Akhir Tahun Anggaran (RPATA)”.

Beliau juga menyampaikan beberapa poin yang perlu menjadi perhatian, antara lain tentang kepatuhan terhadap regulasi, komponen dalam Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), memastikan tidak terdapat retur SP2D, dan disampaikan juga bahwa KPPN memberi pelayanan yang profesional dan berintegritas tanpa dipungut biaya. “Jika Bapak/Ibu menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh pegawai KPPN Kotabumi, agar segera melaporkan melalui saluran pengaduan KPPN Kotabumi dan/atau saluran pengaduan yang telah disediakan”.

Pada pemaparan materi Cash Management, Bapak Purwanto menyampaikan terkait dengan mekanisme retur SP2D. Berikutnya pada materi PER-10/PB/2023 oleh Bapak Dori Sukma Wahyu Prabowo, disampaikan batas - batas akhir untuk setiap pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM), penyampaian data kontrak ke KPPN dan mekanisme pembayaran melalui RPATA. Pada sesi selanjutnya yang disampaikan oleh Bapak Ruli dijelaskan mekanisme Pengesahan Hibah, Penyusunan Laporan Keuangan dan Validasi LPJ Bendahara melalui Aplikasi SAKTI Tahap II.

Setelah sesi diskusi berakhir, untuk mengukur pemahaman peserta yang hadir atas pemaparan yang telah disampaikan,  pemateri memberikan post test yang diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |  Hubungi Kami

© 2021 DItjen Perbendaharaan. All Rights Reserved. Managed By DorinteZ

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Layanan Pengaduan

 

 

 

 

Search