GKN Manado Lt.3, Jl. Bethesda No.8, Kota Manado, Sulawesi Utara

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Treasury Award : Apresiasi Atas Kinerja Terbaik Tahun 2023

Manado, 30 Januari 2024 – Risiko global seperti tensi geopolitik, inflasi dan suku bunga yang tinggi, disrupsi rantai pasok adalah sebagian dari ketidakpastian global yang membayangi pelaksanaan APBN dan APBN di sepanjang tahun 2023. Di tengah ketidakpastian tersebut, APBN di Sulawesi Utara menunjukkan kinerja yang solid dan impresif dengan realisasi pendapatan negara sebesar Rp5,47 triliun (110,53% dari target) dan belanja negara yang terealisasi Rp22,63 triliun (97,51% dari pagu). Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara, Ratih Hapsari Kusumawardani dalam acara Treasury Award 2024 pada Selasa (30/1) di Gedung Keuangan Negara Manado, menyampaikan apresiasinya kepada suluruh pihak atas dukungan dan kerja samanya dalam meraih capaian tersebut.

“Raihan-raihan tersebut tidak terlepas dari kinerja baik dari seluruh stakeholders kami, termasuk seluruh pemda di lingkup Sulawesi Utara. Sehingga kembali kami haturkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada bapak/ibu sekalian atas kinerja tersebut,” jelasnya.

Memasuki tahun 2024, optimisme namun tetap waspada menjadi tema pelaksanaan APBN 2024. Peningkatan daya saing ekonomi dari sisi pembangunan manusia yang merupakan salah satu prioritas. Outlook ekonomi 2024 memproyeksikan pertumbuhan ekonomi nasional yang tetap tumbuh kuat 5,20%, IPM diperkirakan tumbuh mencapai 73,99 – 74,02. Untuk itu APBN 2024 didesain untuk mengakselerasi pertumbuhan dengan mewaspadai ketidakpastian global.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara menyampaikan rincian alokasi belanja APBN TA 2024 di Sulawesi Utara serta meminta dukungan dari seluruh mitra strategis dalam mengawal pelaksanaannya dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Sulawesi Utara.

“Dalam postur belanja pemerintah 2024 lingkup Sulawesi Utara, dapat kami laporkan alokasi belanja Rp22,685 triliun yang didominasi untuk untuk alokasi TKD 2024 yaitu Rp13,427 triliun (proporsi 59% dari total alokasi belanja pemerintah di Sulut). Sementara itu sebesar Rp9.257 triliun adalah pagu belanja satker K/L di Sulawesi Utara. Terhadap hal tersebut, kami mohon bantuan dari Bapak/Ibu hadirin sekalian untuk secara bersama-sama mengawal pelaksanaannya khususnya atas penyaluran TKD. Hal ini menjadi relevan dan signifikan mengingat tahun 2024 menandai mulai diterapkannya beberapa ketentuan dalam UU HKPD,” ungkapnya.

Dalam rangka memberikan apresiasi atas kinerja baik pada tahun 2023 dan meningkatkan kinerja di tahun 2024, Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara memberikan penghargaan kepada Pemda dan Mitra Strategis di lingkup Sulawesi Utara. Selain itu, diadakan Focus Group Discussion mengenai kapasitas fiskal daerah untuk mendukung pelaksanaan pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Utara.

“Pada kesempatan ini, kami bermaksud memberikan award kepada pemerintah daerah peraih award dan mitra strategis sebagai wujud apresiasi atas kinerja baiknya di sepanjang tahun 2023. Harapannya, award ini kiranya dapat menjadi bekal yang memotivasi dan seabgai wujud komitmen bersama untuk mengawal pelaksanaan keuangan negara khususnya dalam ruang lingkup APBD di Sulawesi Utara,” ujar Kakanwil DJPb Sulut.

 

Dalam acara yang sama, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven O.E. Kandouw menyampaikan apresiasi kepada Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara yang telah menyelenggarakan kegiatan Treasury Award 2024 dan apresiasi kepada para Pemda atas kinerjanya selama tahun 2023 dan memotivasi untuk meningkatkan kinerjanya pada TA 2024.

“Saya mengapresiasi Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara yang telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini. Saya kira kegiatan kita kali ini merupakan kegiatan yang positif karena akan memberikan apresiasi kepada Pemda yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah, khususnya pengelolaan Dana Transfer Ke Daerah. Selain itu, Saya ingin menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada para Pemda yang telah memberikan kinerja terbaik selama tahun 2023 lalu. Saya berharap kinerja baik tersebut dapat menularkan semangat perbaikan pula kepada pemda lainnya sehingga kinerja pengelolaan keuangan daerah pada seluruh pemda dapat kita tingkatkan di tahun 2024 ini,” tegas Wakil Gubernur.

Selanjutnya, Wakil Gubernur Sulawesi Utara bersama dengan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Utara menyerahkan penghargaan kepada para pimpinan daerah yang memiliki kinerja pengelolaan DAK Fisik terbaik, pengelolaan dana desa terbaik, peraih WTP LHP BPK Atas LKPD 10x berturut-turut, pengelolaan data calon debitur potensial terbaik, pendukung analisis investasi daerah, pendukung kerja sama BLUD terbaik, serta kepada Mitra Strategis terkolaboratif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

 

Berikut daftar lengkap penerima penghargaan Treasury Award 2024 untuk setiap kategori.

KINERJA PENYALURAN TRANSFER KE DAERAH

Provinsi Sulawesi Utara  : Pengelola DAK Fisik Terbaik Peringkat 1

Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan : Pengelola DAK Fisik Terbaik Peringkat 2              

Kota Manado : Pengelola DAK Fisik Terbaik Peringkat 3    

Kabupaten Bolaang Mongondow Timur : Pengelola Dana Desa Terbaik Peringkat 1             

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara : Pengelola Dana Desa Terbaik Peringkat 2              

Kabupaten Kepulauan Sangihe : Pengelola Dana Desa Terbaik Peringkat 3

               

AKUNTABILITAS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

Provinsi Sulawesi Utara : Peraih Opini WTP LHP BPK Atas LKPD 12 kali      

Kota Kotamobagu : Peraih Opini WTP LHP BPK Atas LKPD 10 kali Berturut-Turut   

Kota Tomohon : Peraih Opini WTP LHP BPK Atas LKPD 10 kali Berturut-Turut         

Kota Bitung : Peraih Opini WTP LHP BPK Atas LKPD 12 kali Berturut-Turut

Kabupaten Bolaang Mongondow Timur : Peraih Opini WTP LHP BPK Atas LKPD 10 kali Berturut-Turut        

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro : Peraih Opini WTP LHP BPK Atas LKPD 10 kali Berturut-Turut

               

PENGELOLAAN DATA CALON DEBITUR POTENSIAL KREDIT PROGRAM

Kabupaten Kepulauan Sangihe : Kinerja Terbaik Pengelola Data Calon Debitur Potensial Peringkat 1 (4.107 Calon Debitur (s.d. 31 Desember 2023))

Kabupaten Bolaang Mongondow Timur : Kinerja Terbaik Pengelola Data Calon Debitur Potensial Peringkat 2 (887 Calon Debitur (s.d. 31 Desember 2023))

Kabupaten Bolaang Mongondow : Kinerja Terbaik Pengelola Data Calon Debitur Potensial Peringkat 3 (727 Calon Debitur (s.d. 31 Desember 2023))

 

PENDUKUNG ANALISIS INVESTASI DAERAH

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara : Pendukung Analisis Investasi Terbaik

               

PENDUKUNG KERJASAMA PEMBINAAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH

Kabupaten Minahasa : Pendukung Kerja Sama Pembinaan Badan Layanan Umum Daerah

Kabupaten Minahasa Utara : Pendukung Kerja Sama Pembinaan Badan Layanan Umum Daerah

               

KOLABORASI DALAM MENDUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH

Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara : Mitra Strategis Terkolaboratif Tahun 2023 Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi (Kolaborasi Fiskal-Moneter)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara : Mitra Strategis Terkolaboratif Tahun 2023 Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi (Pendukung Data dan Informasi Penyaluran Kredit Program)

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara : Mitra Strategis Terkolaboratif Tahun 2023 Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi (Pendukung Data dan Informasi Ekonomi Makro)

Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara : Mitra Strategis Terkolaboratif Tahun 2023 Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi (Kolaborasi Penanggulangan Inflasi Daerah)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara
Gedung Keuangan Negara Manado Lt. 3 Jl. Bethesda No.8 Manado 95114
Tel: 0431-848444 Fax: 0431-848666

IKUTI KAMI

 

     

 

PENGADUAN

 

Search