Gedung Keuangan Negara Palembang Lt.2. Jl. Kapten A. Rival No. 2, Palembang

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Kenali Regresi Melalui Data Analytic Course Series 2

 

Halo Dulur Intress Handal!

Masih dengan full-komitmen untuk menghasilkan kajian-kajian yang semakin berkualitas melalui pemanfaatan metode data analytic, Kanwil DJPb Sumsel kembali menggelar Data Analytic Course pada tanggal 5 s.d. 7 Maret 2024 lalu.

Melanjutkan seri sebelumnya yang salah satu fokusnya adalah terkait dengan penyiapan data mulai dari data cleansing sampai dengan ragam tahapan dalam meningkatkan kualitas data, kini tahapan selanjutnya adalah melakukan regresi atas data tersebut.

Pengajarnya masih dari Universitas Sriwijaya yaitu Ibu Hamira, S.E., M.Si. Dalam tiga hari, dibahas beragam metode regresi membandingkan antara variabel independen dan variabel dependen. Pada kesempatan ini, aplikasi yang digunakan adalah aplikasi Eviews yang sangat membantu dalam perhitungan regresi.

Tantangannya ada di tahapan selanjutnya, yaitu menganalisis hasil regresi tersebut. Karena dugaan di awal bisa saja berbeda dengan hasil regresi, jadi kita harus siap menggali beragam teori yang ada untuk menafsirkan hasil yang kita dapatkan. Walaupun ternyata hasil kita sejalan dengan ragam penelitian yang sudah ada, tentunya akan sangat membantu juga kalo kita bisa memperkuat analisis kita dengan dukungan penelitian serupa yang hasilnya sama.

Kepala Kanwil DJPb Sumsel, Bapak Rahmadi Murwanto, juga turut membuka rangkaian DAC Series 2 pada kali ini. Beliau berpesan terkait pentingnya statistik untuk mendukung kajian yang akan dihasilkan. Oleh karena itu, terus pantau Ragit Dobel untuk publikasi-publikasi terbaru kami, ya!

Saluran Pengaduan

Lapor
SIPANDU
WISE
Telepon

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Keuangan Negara Palembang Lt.2 Jalan Kapten A. Rivai No. 2-4 Palembang
Tel: 0711-356534

IKUTI KAMI

Search