Treasury Chapter Benteng 155

 

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN BENTENG RAIH PREDIKAT WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI (WBBM)

KPPN Benteng berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Hal tersebut diumumkan dalam acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kemenpan-RB pada hari Senin tanggal 20 Desember 2021.  WBBM adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/Kawasan yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

KPPN Benteng telah melakukan pencanangan pembangunan Zona Integritas sejak tahun 2017 dan mengikuti penilaian ZI menuju WBK/WBBM pada tahun 2019. Berkat komitmen pimpinan dan seluruh pegawai dalam membangun Zona Integritas serta dukungan seluruh stakeholders, pada tahun 2019 KPPN Benteng berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Sejak ditetapkan sebagai unit kerja dengan predikat WBK, KPPN Benteng secara konsisten melanjutkan pembangunan Zona Integritas menuju WBBM.  Upaya-upaya telah dilakukan oleh KPPN Benteng seperti: pengembangan berbagai inovasi, penularan virus ZI kepada unit kerja lain, meningkatkan kualitas pelayanan publik, seta meningkatkan peran dalam kegiatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 Untuk memperkuat tata kelola dan pelayanan publik, KPPN Benteng mengembangkan secara mandiri 29 inovasi baik digital maupun non digital. Setiap inovasi yang dikembangkan digunakan untuk memperkuat implementasi perubahan pada 6 area komponen pengungkit yaitu manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik serta 2 komponen hasil yaitu peningkatan pelayanan publik dan pemerintah yang bebas KKN. KPPN Benteng juga melayani permintaan replikasi inovasi oleh unit-unit lain. Terdapat 7 inovasi aplikasi yang telah direplikasi dan dimanfaatkan oleh unit lain, yaitu: SAHID, DHINDI’s, PARIKA, NADYAH, KUJANJANG, ARYO, dan SIMPATIK.

Selama kurun waktu 2019 – 2021 KPPN Benteng juga menunjukkan berbagai peningkatan kinerja maupun prestasi. Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPPN Benteng meningkat dari 108,43 (2019) menjadi 109,84 (2020) dan menjadi 111,34 (Q3 2021). Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) juga mengalami peningkatan dari dari 4,75 (skala 5) ditahun 2019 menjadi 4,87 ditahun 2020 dan tahun 4,89 ditahun 2021. KPPN Benteng berhasil meraih beberapa penghargaan tingkat nasional antara lain: Peringkat I Penilaian Kinerja Pengelola Kas Kuasa BUN Tahun 2020 Kategori KPPN Tipe A2, Peingkat I Media Sosial Teraktif lingkup DJPb tahun 2019, dan Peringkat II Kantor Pelayanan Perbendaharaan Terbaik tahun 2021. KPPN Benteng juga memperolah beberapa penghargaan tingkat regional antara lain: Peringkat I Penilaian IKPA KPPN A2 selaku Kuasa BUN maupun selaku Satker Semester I 2021, Peringkat I Implementasi Kartu Kredit Pemerintah KPPN A2 selaku Kuasa BUN maupun selaku Satker Semester I 2021, dan Impelementasi Digital Payment selaku Kuasa BUN KPPN A2 Semester I 2021.

KPPN Benteng juga aktif melakukan kolaborasi kelembagaan dalam rangka peningkatan pelayanan maupun penguatan peran dalam pembangunan ekonomi di daerah. Untuk peningkatan pelayanan, KPPN Benteng melakukan kolaborasi kelembagaan dengan KP2KP Benteng, Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan PT TASPEN. Untuk penguatan peran dalam pembangunan ekonomi, KPPN Benteng melakukan kolaborasi pertukaran data statistik keuangan dan makro sosial ekonomi dengan BPS Kepulauan Selayar dalam rangka penyusunan Kajian Fiskal Regional serta aktif sebagai anggota Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Kepulauan Selayar. KPPN Benteng juga aktif mendorong digitalisasi UMKM.

Di bidang sosial dan pendidikan, KPPN Benteng aktif memberikan bantuan sembako maupun santunan bagi warga yang kurang mampu melalui program Jumat Berkah, melaksanakan kegiatan donor darah dengan melibatkan stakeholders, memberikan bantuan untuk korban bencana alam, memberikan donasi untuk bidang pendidikan, menjadi tempat Prakerin dan Kuliah Keja Profesi, melaksanakan kegiatan Tresury Goes to School, ikut dalam program Kemenkeu Mengajar, dan lain-lain.

Pada awal tahun 2021, KPPN Benteng diajukan untuk mengikuti penilaian WBBM bersama 53 unit kerja lainnya di lingkup Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Setelah melalui berbagai tahapan, mulai dari penilaian Tim Penilai Internal (mulai dari tingkat kanwil, eselon I, hingga Kementerian) sampai penilaian oleh Tim Penilai Nasional (Kemenpan-RB), akhirnya KPPN Benteng dinyatakan lolos sebagai unit kerja dengan predikat WBBM bersama 8 unit kerja yang lain di lingkup Ditjen Perbendaharaan. Sedikitnya unit kerja yang lolos penilaian WBBM menunjukkan ketatnya penilaian yang dilakukan oleh Menpan-RB dalam menyaring unit-unit kerja yang layak mendapatkan predikat WBBM.

Predikat WBK ataupun WBBM tentunya bukanlah tujuan akhir. Predikat WBK dan WBBM merupakan bentuk pengakuan yang harus dipertanggungjawabkan dengan terus menjaga konsistensi dan komitmen  dalam membangun island of integrity serta memberikan pelayanan dan kontribusi terbaik kepada negara dan masyarakat.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search