Jl. Thomas Cup No.1 Kab. Tanjung Jabung Barat

Berita

Seputar KPPN Kuala Tungkal

Previous Next

Penyerahan DIPA Petikan 2023 dan Penandatanganan Pakta Integritas

Kamis, 8 Desember 2022, sebagai tindak lanjut ditetapkannya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2023, KPPN Kuala Tungkal melaksanakan fungsi sebagai perwakilan Kementerian Keuangan di daerah melaksanakan kegiatan penyerahan DIPA Petikan tahun 2023 dan Penandatanganan Pakta Integritas sebagai peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia). Sebagai bentuk sinergi dengan satker mitra kerja KPPN Kuala Tungkal, kegiatan penyerahan DIPA Petikan tahun 2023 dan Penandatanganan Pakta Integritas diadakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Tanjung Jabung Barat, dengan mengundang para Kuasa Pengguna Anggaran Satker Mitra Kerja KPPN Kuala Tungkal dan Pimpinan Bank Mitra.

Kepala KPPN Kuala Tungkal ibu Zamrud Utami menyampaikan bahwa Dana APBN tahun 2023 yang dialokasikan di wilayah kerja KPPN Kuala Tungkal adalah sebesar Rp1.950,95 miliar yang terdiri dari DAU, DAK Fisik/Non Fisik dan Dana Desa untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebesar Rp.769,88 miliar dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebesar Rp.842,19 miliar, serta alokasi belanja negara untuk Satuan Kerja Kementerian/Lembaga sebesar Rp338,87 milyar untuk 49 satuan kerja dari 12 kementerian/lembaga.

Dalam sambutan dan arahannya, bu uti panggilan akrab Kepala KPPN Kuala Tungkal menyampaikan menyampaikan terima kasih atas kehadiran para KPA dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian kinerja seluruh satker pada pelaksanaan anggaran tahun 2022. Ibu uti juga menyampaikan Langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran tahun 2023, diantaranya: perbaikan perencanaan, mempecepat pelaksanaan program/kegiatan/pengadaan barang dan jasa, meningkatkan ketepatan penyaluran kegiatan yang melibatkan masyarakat luas, dan meningkatkan kualitas belanja melalui peningkatan efisiensi dan efektifitas belanja (value for money). Selain itu satker juga dihimbau agar memaksimalkan transaksi non tunai dengan menggunakan Kartu Kredit Pemerintah, DigiPay, Virtual Account dan Cash Management System (CMS).

Selanjutnya para KPA satker diingatkan agar memberdayakan UMKM setempat dalam pemenuhan belanja operasional kantor, dan menjadikan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) sebagai bahan monev bulanan untuk meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran. Peran aktif para KPA menjadi kunci dalam melakukan monitoring dan evaluasi serta pengawasan internal, serta meningkatkan koordinasi dengan KPPN Kuala Tungkal dengan Bersama-sama terus menjaga zona integritas.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan DIPA Petikan tahun 2023 sekaligus penandatangan Pakta Intgeritas oleh para KPA yang hadir guna mendukung implementasi Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), dan sebagai bentuk apresiasi KPPN Kuala Tungkal memberikan penghargaan “TANGGUH Awards” kepada satker dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik, yaitu: Terbaik III satker Pengadilan Agama Muara Sabak, Terbaik II satker Polres Tanjung Jabung Barat,  Terbaik I satker Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kuala Tungkal. KPPN Kuala Tungkal juga memberikan piagam penghargaan kepada Kepala Kankemenag Kab. Tanjung Jabung Barat H.A. Rahman Sayuti atas partisipasi dan sinerginya sehingga acara penyerahan DIPA Petikan tahun 2023 dan penandatanganan Pakta Integritas dapat dilaksanakan di Aula Kankemenag.

Acara ditutup dengan foto bersama Kepala KPPN Kuala Tungkal dengan para Kuasa Pengguna Anggaran satker mitra Kerja KPPN Kuala Tungkal dan Pimpinan Bank Mitra, semoga pelaksanaan anggaran tahun 2023 dapat berjalan dengan efektif dan efisien dengan selalu menjaga kualitas pelaksanaan anggaran sesuai dengan tema APBN 2023 yaitu: “APBN 2023 Sebagai Instrumen Untuk Menjaga Optimisme Perekonomian Nasional Dengan Kewaspadaan Dalam Menghadapi Risiko Global”

 

#DJPbHandal

#KPPNKualaTungkalTangguh

#PenyerahanDIPA2023

#Hakordia2022

 

     

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jambi
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kuala Tungkal
Jl. Thomas Cup No.1 Tungkal Ilir III Kuala Tungkal Kab. Tanjung Jabung Barat 36513
Tel: 0742-323225 Fax: 0742-323226

IKUTI KAMI:

 

PENGADUAN:

     
     
   

Search