Makassar

Berita

Seputar KPPN Makassar II

Indeks Kepuasan Satker Terhadap Layanan KPPN MAKASSAR II Semester I Tahun 2020

Sebagai instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Kementerian Keuangan, KPPN Makassar II secara konsisten mengupayakan perbaikan layanan dalam rangka meningkatkan kepuasan pemangku kepentingan.

Selain sebagai Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dimonitor dan dievaluasi setiap tahunnya, upaya peningkatan kualitas layanan diharapkan dapat meningkatkan sinergi dalam pengelolaan APBN. Penentuan capaian Indikator Kinerja Utama ini dilakukan melalui survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) kepada segenap Satker mitra kerja yang meliputi tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan atas beberapa aspek dan kriteria layanan yang menjadi bagian dari tugas dan fungsi KPPN, antara lain meliputi :

  1. Kinerja Layanan Pencairan Dana
  2. Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi
  3. Kinerja Layanan Konfirmasi Surat Setoran
  4. Kinerja Layanan Rekonsiliasi Laporan Keuangan
  5. Kinerja Sarana dan Prasarana.

Sesuai dengan Surat Sekretaris Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor S-4160/PB.1/2018 tanggal 14 Mei 2018 Hal Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat Lingkup Kantor Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun 2018 dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1329/KMK.01/2015 tentang Pedoman Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Lingkungan Kementerian Keuangan, KPPN Makassar II pada Semester I Tahun 2020 telah melaksanakan survey kepada satuan kerja mitra kerja yang dilaksanakan dengan cara Satker mitra kerja mengisi kuesioner pada website KPPN Makassar II dengan alamat http://kppnmakassar2.net/survey/.

Selama periode Tahun 2019 sampai dengan Semester I Tahun 2020, terdapat peningkatan dan konsistensi hasil survey yang menggembirakan. Sebagaimana hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat atas layanan KPPN Makassar II yang telah dilaksanakan, secara berturut-turut pada periode Semester I Tahun 2019 sampai dengan Semester I Tahun 2020 dapat dilihat pada tabel berikut :

Survei IKM Semester I 2020

Untuk penilaian IKU Indeks Kepuasan Satker terhadap Layanan KPPN digunakan hasil perhitungan atas tingkat kepuasan responden terhadap layanan yang diberikan KPPN Makassar II. Adapun hasil tingkat kepuasan yang diperoleh dari survey tersebut masing-masing mencapai 4.66, 4.76 dan 4.82 (dalam skala penilaian rentang maksimal 5). 


Survei IKM Semester I 2020

 

Survei IKM Semester I 2020

 

Sesuai dengan informasi pada tabel di atas dan hasil survey Tingkat Kepentingan diperoleh nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Semester I Tahun 2020 sebesar 0.96. Mengacu pada Kriteria Nilai Customer Satisfaction Index hasil tersebut menunjukkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap KPPN Makassar II SANGAT PUAS. Kriteria nilai Customer Satisfaction Index selengkapnya adalah sebagai berikut:

Survei IKM Semester I 2020

Capaian ini tidak terlepas dari serangkaian upaya langkah peningkatan kualitas layanan di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang diantaranya meliputi :

  1. Keterbukaan dan kemudahan akses layanan,
  2. Ketersediaan informasi layanan terkait waktu, syarat, prosedur dan sanksi layanan, serta
  3. Kompetensi dan sikap petugas layanan.

KPPN Makassar II menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas partisipasi dan kontribusi segenap pemangku kepentingan baik dalam pelaksanaan survey maupun dalam upaya mewujudkan layanan perbendaharaan yang prima dan bebas dari biaya.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

 

IKUTI KAMI

 

 

PENGADUAN

 

Search