Makassar

Berita

Seputar KPPN Makassar II

Launching Web Desa caradde.id dalam Treasury Expo Sulsel 2022

Rabu, 23 Maret 2022 Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Treasury Expo - Grand Launching Inovasi Digital Sulawesi Selatan Tahun 2022.

Acara ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan Live melalui Youtube. Dihadiri oleh Dirjen perbendaharaan yang diwakili oleh Direktur Pelaksanaan Anggaran, Tri Budhianto; para Direktur di lingkungan Kantor Pusat DJPb; para Kepala Kanwil DJPb; para Kepala Daerah beserta jajarannya; para Kepala Desa yang diundang; dan seluruh pegawai lingkup Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulawesi Selatan, acara ini berlangsung dengan antusias yang tinggi dari peserta.

Treasury Expo Sulawesi Selatan 2022 direncanakan berlangsung dalam 1 tahun ini dan dimulai pada hari ini dengan diusung Kanwil DJPb Prov. Sulsel yaitu peningkatan kualitas pelaksanaan angaran K/L, Pembinaan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan K/L serta pemda, pembinaan dan asistensi kemandirian BLU dan BLUD, pengembangan inovasi digital,peningkatan kualitas laporan keuangan pemda, treasury peduli anti penyuapan, treasury goes to campus/school, pengembangan UMKM/ Umi melalui rumah UMKM/UMi, sharing session kiat sukses membangun ZI menuju WBK/WBBM serta kegiatan lainnya.

Dalam treasury Expo Sulsel 2022 ini, dilaunching 3 inovasi berbasis digital, yaitu Aplikasi Minasata (monitoring dana desa dan transfer ke daerah) yang berbasis android; Aplikasi SIK SULTAN (Sistem Informasi Keuangan Sulawesi Selatan) yang berbasis android; dan Web Desa Caradde.id yang dibuat oleh KPPN makassar II bekerja sama dengan Pemerintah Kab. Takalar untuk desa-desa di wilayahnya.

Dari lokasi KPPN Makassar II, acara Treasury Expo ini diikuti secara daring dengan mengundang BPKAD dan Dinas PMD Kabupaten Takalar bersama Kepala Desa penerima website caradde.id.

Dalam sesi dialog, Direktur PA DJPb menanyakan sejauh mana manfaat dan harapan ke depan atas penggunaan Web Desa. Desa Ko'mara yang diwakili oleh Suwandi Idris memaparkan berbagai manfaat Web Desa anatara lain mengenalkan beragam potensi desa ke masyarakat, mengabarkan berbagai kegiatan desa dan penyaluran bantuan bagi masyarakat termasuk BLT Dana Desa.

Suwandi juga sangat berterimakasih atas sosialisasi dan transfer pengetahuan dari KPPN Makassar II dimana web ini dapat meningkatkan akses dan informasi yang sangat penting terutama penggunaan dana desa. Web desa ini akan terus dikembangkan dan dimanfaatkan di masa mendatang untuk meningkatkan transparansi pemerintahan desa.

Tri Budihianto berdialog membahas penyaluran Dana Desa terutama BLT DD di daerah. Perwakilan BPKAD Kab. Takalar, Muhammad Aruf, menjelaskan bahwa upaya percepatan penyaluran Dana Desa melalui KPPN Makassar II dilaksanan dengan kerjasama cukup intens dan senantiasa memberi support ke daerah.

Muhamad Aruf menginformasikan bahwa dari pagu Rp 75 Milyar, sudah tersalurkan untuk 35 Desa. Kendala yang dihadapi antara lain pemilihan Kepala Desa serentak di Kab. Takalar.

"Ditjen Perbendaharaan perlu memitigasi serta membantu memfasilitasi atas kendala tersebut. Data Dana Desa sangat penting dalam mempengaruhi kebijakan", ungkap Tri Budhianto.

Dalam rangkaian acara Launching web desa caradde.id, dilaksanakan serah terima di kanwil DJPb Prov. Sulsel oleh Kepala Kantor Wilayah dengan Perwakilan Dinas PMD Kab. Takalar. KPPN makassar II juga meyerahkan user dan password website masing-masing desa dan diikuti dengan pelatihan singkat administrasi web.

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

 

IKUTI KAMI

 

 

PENGADUAN

 

Search