KPPN Makassar II telah mengadakan survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di tahun 2022. Hal ini merupakan bentuk komitmen seluruh pejabat dan pegawai untuk terus meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada stakeholder, Satuan Kerja pada khususnya.
Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menangkap persepsi tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan atas beberapa aspek dan kriteria layanan yang menjadi bagian dari tugas dan fungsi KPPN, antara lain meliputi :
- Keterbukaan dan kemudahan akses informasi
- Informasi Layanan
- Akses terhadap layanan
- Kesesuaian prosedur dengan ketentuan yang ditetapkan
- Sikap Pegawai
- Kemampuan dan keterampilan pegawai
- E-Service -Efficiency-Ease Of Use, Accessibility
- E-Service-Reliability
- E-Service Customer support
- E-Service-Security
- Sarana dan Prasarana
Sesuai dengan Nota Dinas Sekretaris Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-1419/PB.1/2022 tanggal 13 April 2022 Hal Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat pada Kantor Wilayah DJPb dan KPPN dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1329/KMK.01/2015 tentang Pedoman Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Lingkungan Kementerian Keuangan, KPPN Makassar II pada Tahun 2022 telah melaksanakan survey kepada satuan kerja mitra kerja yang dilaksanakan dengan cara Satker mitra kerja mengisi kuesioner secara online. Berikut disampaikan hasilnya :
Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Tahun 2022 pada KPPN Makassar II
Bila dilihat dari Nilai IKM Tahun 2022, terdapat peningkatan yang signifikan dari survey IKM tahun-tahun sebelumnya. Di tahun 2020, Indeks Kepuasan Masyarakat menunjukkan hasil 4,84. Di tahun berikutnya yaitu 2021 hasil survei yang didapatkan adalah 4,86, yang kemudian meningkat menjadi 4,87 di tahun 2022. Secara keseluruhan, nilai Rata - Rata Tingkat Kepuasan Tahun 2022 juga mengalami kenaikan. Mengacu pada Kriteria Nilai Customer Satisfaction Index hasil tersebut menunjukkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tahun 2022 terhadap KPPN Makassar II SANGAT PUAS dengan nilai 0,97. Kriteria nilai Customer Satisfaction Index selengkapnya adalah sebagai berikut:
Hal ini tidak luput dari berbagai inovasi yang telah diupayakan oleh KPPN Makassar II untuk terus meningkatkan layanan walaupun berada di tengah Bencana Nasional, yaitu Pandemi Covid19. Beberapa layanan tersebut adalah E-SPM, Layanan Online CSO KPPN Makassar II (Yuskanov19), KAwal SKPP, Padaidi, E-Bro, Sabrina
Capaian ini merupakan merupakan hasil dari dukungan, dan partisipasi seluruh satuan kerja mitra KPPN Makassar II. Terimakasih kami sampaikan kepada seluruh satuan kerja KPPN Makassar II yang telah berpartisipasi dalam Survei Pengguna Layanan Tahun 2022.
Kedepan, KPPN Makassar II berkomitmen untuk mempertahankan kinerja yang telah dicapai dan terus berinovasi demi menciptakan pelayanan yang memuaskan bagi seluruh stakeholders