Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 79, Kota Padang

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Capaian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani KPPN Padang

KPPN Padang merupakan kantor vertikal dibawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan, kementerian Keuangan. Kantor pelayanan yang memberikan dampak Langsung bagi perekonomian di wilayah sumatera barat, khususnya kota padang, Kota pariaman, kab. Padang pariaman, dan kab. Kepulauan Mentawai. Berbagai prestasi yang dimilik KPPN padang memberikan bukti bahwa instansi pemerintah pun bisa memiliki prestasi dengan segala kemampuann yang dimiliki melalui sumber daya manusia dan fasilitas kantor yang dimiliki.

Prestasi terbaru yang dimiliki KPPN Padang adalah sebagai kantor pelayanan perbendaharaan negara dengan predikat wilayah birokrasi bersih dan melayani di tahun 2019. Proses mencapai predikat tersebut tidaklah mudah, berbagai usaha, berbagai inovasi diciptakan KPPN Padang untuk memperoleh predikat tersebut. KPPN Padang memulai usaha untuk memperoleh predikat tersebut dari tahun 2016 melalui mencanangkan zona integritas pada KPPN Padang dan seluruh insan pegawai maupun PPNPN terlibat dalam kegiatan tersebut. Dengan motto PASTI (Profesional, Akuntable, Santun, Transparan dan Inovatif) KPPN Padang berusaha memberikan layanan kepada pemangku kepentingan dengan tarif NOL rupiah.

Predikat ini harus melalui berbagai penilaian dengan beberapa pengungkit, diantaranya Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang menjadi bahan penilaian oleh Kemenpan RB. Manajemen perubahan merupakan penilaian atas peran pimpinan sebagai ujung tombak kantor dalam pencegahan tindak korupsi. Kepala kantor menjadi pemimpin atas seluruh pihak termasuk pegawai maupun PPNPN dalam pencegahan korupsi. Dengan manajemen perubahan yang mumpuni diharapkan dapat memberikan contoh dan membentuk lingkungan antikorupsi yang mendukung pelayanan di KPPN.

Penataan tata laksana dan manajemen SDM bermanfaat bagi peningkatan SDM yang dimiliki KPPN Padang, dengan personal 26 pegawai, 3 pejabat pengawas dan 1 kepala kantor diharapkan mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Salah satu dari inovasi yang dimiliki yaitu penggunaan aplikasi training DJPb, aplikasi yang berisi pencatatan atas pelatihan serta pendidikan yang dimiliki pegawai, sehingga mampu memonitoring kebutuhan serta tingkat kemampuan pegawai. Penguatan akuntabilitas dan pengawasan menjadi titik penting, karena mengartikan bahwa pengawasan internal yang dimiliki KPPN Padang telah sesuai aturan dan seluruh pegawai telah menerapkan hal tersebut. serta peningkatan kualitas pelayanan public menjadi muka atas pelayanan yang diberian KPPN. Dengan berbagai fasilitas seperti ruang tunggu layanan, ruang pelayanan yang nyaman, ruang bermain anak, pelayanan yang berbasis pengarusutamaan gender dan lainnya.

Atas segala yang telah dilaksanakan oleh KPPN Padang, di tahun 2017 KPPN memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dari Kemenpan RB. KPPN Padang menjadi instansi terdepan di Kota Padang yang menjadi pelopor dan contoh instansi vertical lainnya dalam pencegahan korupsi. Laskar Integritas merupakan inovasi utama yang dimiliki KPPN padang untuk memperoleh target berikutnya yaitu WBBM. Yaitu dengan menunjuk seorang pegawai dibeberapa satker mitra kerja KPPN padang untuk menjadi pelopor integritas di setiap kantornya dan mampu menularkan virus antikorupsi. Inovasi ini sangat jitu, karena mampu menyebarkan virus antikorupsi di satuan kerja mitra KPPN Padang. ALHAMDULILLAH KPPN PADANG sebagai Intansi berpredikat Wilayan Birokrasi Bersih dan Melayani  tahun 2019.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search