Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 79, Kota Padang

Berita

Seputar Kanwil DJPb

BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI GAJI (WEB) DAN SISTIM PROYEKSI TARGET CAPAIAN OUTPUT BELANJA KEMENTERIAN/LEMBAGA

Pada hari Rabu tanggal 5 Juli 2023, telah dilaksanakan Bimbingan Teknis Aplikasi Gaji (Web) dan Sistim Proyeksi Target Capaian Output K/L pada satker lingkup KPPN Padang, secara daring dengan MS Team untuk satuan kerja lingkup KPPN Padang. Dalam acara bimbingan teknis tersebut, Plt. Kepala KPPN Padang Irfan Huzairin memberikan sambutan dan arahan mengenai pentingnya penggunaan Aplikasi Gaji (Web) dalam pengajuan gaji serta bagaimana satuan kerja dapat meningkatkan nilai IKPA Trwiwulan III dan IV, terutama untuk komponen penilaian Deviasi Halaman III DIPA, Penyerapan Anggaran dan Pengisian Capaian Output.

Bimbingan teknis Aplikasi Gaji (Web) diselenggarakan dalam rangka pendampingan kepada satker dalam pembuatan dan pengajuan  belanja pegawai (gaji) mulai bulan Juli 2023. Sebagai nara sumber acara ini adalah Syaiful Danel (staf Seksi MSKI)  Acara ini merupakan tindak lanjut dari Perdirjen Perbendaharaan No. 51/PB/2023 tentang Penetapan Tahapan Pelaksanaan Migrasi Aplikasi Gaji Modul Satker Berbasis Web Tahap II Bagi Satuan Kerja Noninterkoneksi. Aplikasi Gaji (Web) merupakan salah satu implementasi Platform Pembayaran Pemerintah berdasarkan PMK 204/PMK.05/2020, yaitu untuk pembayaran belanja pegawai. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan pembayaran APBN dilaksanakan secara efisien, efektif, transparan dan akuntabel dengan modernisasi tata cara pembayaran dan pemanfaatan teknologi informasi.

Apabila dibandingkan dengan Aplikasi Gaji menggunakan desktop maka beberapa hal yang penting dari Aplikasi Gaji Berbasis Web, yaitu:

  1. aplikasi GPP berbasis web, dilakukan hanya dengan membuka browser pada web, dan tidak perlu menginstall pada komputer, sehingga kalau ada perubahan struktur dan ketentuan terkait gaji, tidak perlu lagi melakukan update aplikasi
  2. mengurangi kemungkinan duplikasi data base, karena hanya ada satu data base yang tersimpan di web tersebut.
  3. Karena tidak menggunakan komputer/laptop tertentu, maka aplikasi Gaji berbasis Web dapat dikerjakan dimana saja, asal perangkat komputer/laptop terhubung internet.

Untuk Bimbingan Teknis terkait Sistem Proyeksi Target Capaian Output Satuan Kerja Kementerian /Lemabaga disampaikan oleh Aulia Miftachul Rochmah (CSO KPPN Padang). Bimbingan teknis ini bertujuan agar nilai Capaian Output satker mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan perkembangan penyerapan anggaran dan kondisi di lapangan pada masing-masing satker. Indikator Penilaian Kinerja Anggaran (IKPA) merupakan salah satu penilaian terhadap kinerja satuan kerja dalam pengelolaan belanjanya, sedangkan Capaian Output merupakan salah satu komponen penilaian dalam IKPA tersebut.

Pelaksanaan kedua bimtek ini dapat berjalan lancar dan diharapkan bermuara pada pengelolaan belanja APBN satker lingkup KPPN Padang yang lebih moderen, transparan dan akuntabel. Kerja sama dan sinergi semua stake holder dalam pengelolaan APBN untuk Indonesia dan Sumatera Barat yang makin maju.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search