Jl. Perintis Kemerdekaan No.79, Jati, Kec. Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat 25129

FORUM KONSULTASI PUBLIK (FKP) DAN KPPN PADANG AWARDS SEBAGAI SARANA KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK TERHADAP STANDAR PELAYANAN DI KPPN PADANG

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Padang menyelenggarakan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) Tahun 2024 dan penyerahan penghargaan KPPN Padang Awards Semester I Tahun 2024 kepada mitra kerja KPPN Padang pada hari Selasa tanggal 30 Juli 2024 bertempat di Aula KPPN Padang, Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 79, Kota Padang, Sumatera Barat dengan mengundang stakeholders KPPN Padang yaitu perwakilan satuan kerja selaku pengguna layanan, pemerintah daerah, akademisi, perbankan, pelau UMKM, organisasi masyarakat, dan media massa. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat, Ibu Syukriah HG, untuk memberikan sambutan dan arahan.

KPPN Padang Awards dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel di lingkungan kerja KPPN Padang. Kegiatan ini dirangkaikan bersama dengan Forum Konsultasi Publik (FKP) KPPN Padang yang dilaksanakan dalam upaya peningkatan kualitas layanan KPPN Padang sebagai salah satu penyelenggara pelayanan publik. Forum Konsultasi Publik merupakan kegiatan dialog, diskusi, serta pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik (KPPN Padang) dengan Publik secara pentahelix (5 unsur) yaitu :

  1. pengguna layanan;
  2. ahli/pakar/akademisi;
  3. stakeholders pelayanan publik;
  4. media massa; dan
  5. organisasi masyarakat/LSM.

Agenda inti pertama yaitu Forum Konsultasi Publik KPPN Padang Tahun 2024. Forum yang dilaksanakan dengan metode Focus Group Discussion ini dibuka dan dipandu oleh Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi, Bapak Sri Noro Panjang, selaku Moderator. Materi inti disampaikan oleh Kepala KPPN Padang, Bapak Joko Supriyanto, yaitu mengenai Standar Pelayanan yang berlaku di KPPN Padang mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-57/PB/2023 tentang Standar Pelayanan di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Standar Pelayanan KPPN Padang terdiri atas 14 (empat belas) Pelayanan Publik yaitu :

 

 

 

Penjelasan standar pelayanan yang disampaikan meliputi komponen proses penyampaian (service delivery) dan proses pengelolaan layanan internal organisasi (manufacturing). Disampaikan juga bahwa pelayanan di KPPN Padang memiliki motto PASTI: Profesional, Akuntabel, Santun, Transparan, Inovatif dan seluruh layanan di KPPN Padang tidak ada biaya. Kejelasan informasi terhadap layanan di KPPN Padang merupakan hal yang penting guna meningkatkan kepercayaan pengguna layanan. Hasil survei kepuasan pengguna layanan di KPPN Padang yang dilaksanakan setiap tahun menunjukkan tren kenaikan positif yang berarti kualitas layanan di KPPN Padang terus meningkat.

Setelah sesi pemaparan oleh Kepala KPPN Padang, dilanjutkan oleh penyampaian reviu oleh Bapak Dr. Hamdani, M.M., M.Si., Ak. selaku akademisi dari Universitas Andalas. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan dialog yang difasilitasi oleh Moderator dan ditanggapi langsung oleh Kepala KPPN Padang. Sesi diskusi diikuti secara aktif oleh peserta kegiatan yang menyampaikan apresiasi serta saran perbaikan terhadap layanan KPPN Padang. Saran dan perbaikan diantaranya disampaikan oleh Perwakilan Satuan Kerja, Pasi Anev Korem-032/WBR DAM-I/BB, Mayor Inf. Herynuddin; Perwakilan Satuan Kerja sekaligus Media Massa, Kepala Stasiun TVRI Sumbar, Bapak TB. Mohamad Yusuf Hidayat, S.Sos., MM.; dan Perwakilan Satuan Kerja, Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, Bapak Fajar Kurniawan. KPPN Padang juga membuka saran dan masukan yang melalui tautan yang disediakan agar dapat diisi oleh seluruh peserta kegiatan.

 

 

Sebagai bentuk kesungguhan KPPN Padang untuk terus meningkatkan pelayanan, hasil dialog dan diskusi diterima oleh KPPN Padang dan dituangkan dalam Berita Acara Hasil Forum Konsultasi Publik yang ditandatangani oleh Bapak Joko Supriyanto selaku pemilik layanan bersama dengan perwakilan dari 5 (lima) unsur partisipan yang hadir. Hasil dalam Berita Acara yang telah ditandatangani ini akan ditindaklanjuti sebagai langkah perbaikan layanan KPPN Padang.

 

 

Kegiatan dilanjutkan dengan agenda inti kedua, yaitu penyerahan KPPN Padang Awards Semester I Tahun 2024. KPPN Padang memberikan apresiasi kepada mitra kerjanya atas kinerja terbaik yang telah dilakukan pada Semester I Tahun 2024. Penerima Penghargaan KPPN Padang Awards Semester I Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

  1. Kategori Capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Semester I Tahun 2024 Pagu Besar (Lebih dari 100 Miliar Rupiah)
  2. POLRESTA PADANG (640693)
  3. LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH X PADANG (723018)
  4. SEKRETARIAT BAWASLU PROVINSI SUMATERA BARAT (686218)
  5. KOREM-032/WBR DAM-I/BB (685571)
  6. KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PADANG (299282)

 

  1. Kategori Capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Semester I Tahun 2024 Pagu Sedang (Antara 10 Miliar Rupiah s.d 100 Miliar Rupiah)
  2. LEMBAGA PEMASYARAKATAN PADANG (406002)
  3. PENGADILAN TINGGI AGAMA PADANG (401900)
  4. Rutan Kelas II B Padang (683995)
  5. PENGADILAN AGAMA PADANG (401953)
  6. KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM PADANG (408798)

 

  1. Kategori Capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Semester I Tahun 2024 Pagu Kecil (Kurang dari 10 Miliar Rupiah)
  2. BALAI PEMASYARAKATAN PADANG (408686)
  3. Lapas Perempuan Kelas IIB Padang (418339)
  4. PENGADILAN AGAMA PARIAMAN (401916)
  5. PENGADILAN NEGERI PARIAMAN (098792)
  6. BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI SUMATERA BARAT (682583)

 

  1. Kategori Penyampaian Gaji Induk Terbaik Semester I Tahun 2024
  2. UNIT PENYELENGGARA PELABUHAN MUARA SIBERUT (559239)
  3. PENGADILAN TINGGI PADANG (098743)
  4. LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH X PADANG (723018)

 

  1. Kategori Implementasi Digipay dalam Mendukung Pengembangan UMKM Semester I Tahun 2024
  2. KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI PADANG (408582)
  3. KANWIL DITJEN PERBENDAHARAAN PROVINSI SUMATERA BARAT (527776)
  4. KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BC TELUK BAYUR (411002)

 

  1. Kategori Implementasi Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Semester I Tahun 2024 Realisasi Tertinggi Penggunaan KKP
  2. TVRI STASIUN SUMATERA BARAT (700234)
  3. BALAI PENGELOLA TRANSPORTASI DARAT SUMATERA BARAT (403843)
  4. POLITEKNIK NEGERI PADANG (677596)

 

  1. Kategori Implementasi Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Semester I Tahun 2024 Transaksi Terbanyak Penggunaan KKP
  2. PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA BUNGUS (531488)
  3. BALAI TEKNIK PERKERETAAPIAN KELAS II PADANG (467352)
  4. BALAI PENGELOLAAN SUMBERDAYA PESISIR DAN LAUT (BPSPL) PADANG (499346)

 

  1. Kategori Implementasi Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Semester I Tahun 2024 Capaian Tertinggi Penggunaan KKP
  2. BALAI TEKNIK PERKERETAAPIAN KELAS II PADANG (467352)
  3. SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN-SMAK PADANG (579358)
  4. PELAKSANAAN JALAN NASIONAL WILAYAH I PROVINSI SUMBAR (498579)

 

  1. Kategori Penyampaian LPJ Tercepat dan Terbaik Semester I Tahun 2024
  2. KANTOR WILAYAH DJP SUMATERA BARAT DAN JAMBI (663431)
  3. SNVT PELAKSANAAN JARINGAN PEMANFAATAN AIR WS INDRAGIRI-AKUAMAN, WS KAMPAR, WS ROKAN PROVINSI SUMATERA BARAT (498039)
  4. SNVT PELAKSANAAN JARINGAN SUMBER AIR WS INDRAGIRI-AKUAMAN, WS KAMPAR, WS ROKAN PROVINSI SUMATERA BARAT (498038)

 

  1. Kategori Penyelesaian Rekonsiliasi Tercepat dan Terbaik Semester I Tahun 2024
  2. BPK PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA BARAT (890572)
  3. KANWIL DITJEN PERBENDAHARAAN PROVINSI SUMATERA BARAT (527776)
  4. BALAI BAHASA SUMATERA BARAT (615101)

 

  1. Kategori Pemerintah Daerah dengan Kinerja Pengelolaan Dana Desa Terbaik Semester I Tahun 2024
  2. PEMERINTAH KOTA PARIAMAN
  3. PEMERINTAH KABUPATEN PADANG PARIAMAN

 

  1. Kategori Pemerintah Daerah dengan Kinerja Pengelolaan DAK Fisik Terbaik Semester I Tahun 2024
  2. PEMERINTAH KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI
  3. PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA BARAT

 

 

Diharapkan pemberian penghargaan ini dapat mendorong dan memotivasi mitra kerja untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam mendukung terwujudnya pengelolaan belanja APBN yang lebih efektif, efisien, transparan, akuntabel dan berkualitas.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

KPPN Padang
Jl. Perintis Kemerdekaan No.79 Kota Padang
email: kppn.padang@kemenkeu.go.id
Tel: 0751-21707

WA (chat only): 0895-3531-77979

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search