Jalan Bahagia No. 44 Pekalongan - 51117

SPMUP-up

Uang Persediaan adalah uang muka kerja dari Kuasa BUN (KPPN) kepada Bendahara Pengeluaran yang dapat dimintakan penempatannya (berputar). UP digunakan pembiayaan kegiatan operasional sehari-hari Satker atau pembiayaan pengeluaran yang menurut sifat dan tujuannya tidak mungkin dilakukan melalui sistem pembayaran langsung (LS).

 

 Dasar Hukum

 
Peraturan Menteri Keuangan Nomor  190/PMK.05/2012  tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
  1. Peraturan Menteri Keuangan Nomor  178/PMK.05/2018  tentang Perubahan atas PMK 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
  2. Peraturan Menteri Keuangan Nomor  196/PMK.05/2018  tentang Tata Cara Pembayaran dan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah
 
Biaya
 
Rp. 0,- ( nol rupiah )  atau  Tidak Dipungut Biaya
 
 
 Ketentuan dalam UP
  1. Untuk membiayai kegiatan operasional sehari-hari.
  2. Untuk membiayai pengeluaran yang tidak dapat dilakukan melalui sistem Pembayaran LS.
  3. KPA mengajukan UP kepada KPPN sebesar kebutuhan operasional Satker  dalam 1 (satu) bulan  yang direncanakan pengiriman melalui UP.
  4. UP dapat diberikan untuk pengeluaran-pengeluaran:
    1. Belanja Barang (akun 52);
    2. Belanja Modal (akun 53);
    3. Belanja Lain-lain (akun 58).
  5. UP yang diajukan berupa :
    1. UP  unai  adalah UP yang diberikan dalam bentuk uang tunai kepada Bendahara Pengeluaran/BPP melalui rekening Bendahara Pengeluaran/BPP yang sumber dananya berasal dari rupiah murni.
    2. UP  artu  redit  emerintah  adalah uang muka kerja yang diberikan dalam bentuk batasan belanja ( limit ) kredit kepada Bendahara Pengeluaran/BPP yang penggunaannya dilakukan dengan kartu kredit pemerintah untuk membiayai kegiatan operasional sehari-hari Satker atau pengeluaran pengeluaran yang menurut sifat dan tujuan tidak mungkin dilakukan melalui mekanisme Pembayaran LS yang sumber dananya berasal dari rupiah murni.
  6. Proporsi pengajuan UP ke KPPN Pekalongan adalah sebagai berikut :
    1. Besaran UP tunai sebesar  60%  (enam puluh persen) dari besaran UP.
    2. Besaran UP kartu kredit pemerintah sebesar  40%  (empat puluh persen) dari besaran UP.
  7. Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah atas permintaan KPA, dapat memberikan persetujuan terhadap :
    1. Perubahan UP melampaui besaran UP.
    2. Perubahan proporsi besaran UP tunai yang lebih besar sebagaimana dimaksud pada poin nomor 4 dengan dengan mempertimbangkan :
    3. Frekuensi penempatan UP tahun yang lalu lebih dari rata-rata 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan selama 1 (satu) tahun.
    4. kebutuhan penggunaan UP dalam 1 (satu) bulan yang melebihi besaran UP.
  8. KPA dapat mengajukan UP dalam bentuk UP tunai sebesar  100%  apabila memiliki pagu jenis belanja Satker yang dapat mendownload melalui UP hanya sampai dengan Rp.2.400.000.000,- ( dua miliar empat ratus juta  rupiah ).
  9. Pembayaran kepada 1 (satu) penerima/penyedia barang/jasa paling banyak sebesar Rp.50.000.000,-.
  10. Saldo kas tunai BP/BPP pd akhir hari kerja paling banyak Rp. 50.000.000,- .
  11. Penggantian UP (SPM-GUP) dapat dilakukan jika dana UP telah dipergunakan paling sedikit  50%  ( lima puluh persen ).
  12. Untuk Bendahara Pengeluaran yang dibantu oleh beberapa  BPP,  dalam pengajuan UP tunai ke KPPN Pekalongan harus melampirkan daftar rincian yang menyatakan jumlah uang yang dikelola oleh masing-masing BPP.
 
Besaran UP
  1. Rp. 100.000.000  ( seratus juta rupiah ) untuk pagu jenis belanja yang bisa dikirim melalui UP sampai dengan Rp2.400.000.000;
  2. Rp. 200.000.000  ( dua ratus juta rupiah ) untuk pagu jenis belanja yang bisa dibaca melalui UP di atas Rp2.400.000.000 sampai dengan Rp6.000.000.000 ;
  3. Rp. 500.000.000  ( lima ratus juta rupiah ) untuk pagu jenis belanja yang bisa menginstal melalui UP di atas Rp6.000.000.000 .
 
Sanksi dari UP
  1. Dalam  1 (satu) bulan sejak SP2D-UP diterbitkan , jika satker tidak mengajukan penggantian UP maka Kepala KPPN Pekalongan menyampaikan surat pemberitahuan kepada KPA (sesuai format dalam PMK-190).
  2. Dalam  1 (satu) bulan sejak disampaikan surat pemberitahuan  belum dilakukan pengajuan penggantian UP (revolving UP), maka Kepala KPPN Pekalongan akan  memotong UP sebesar 25%.
 
Jenis-jenis UP
  1. UP Tunai
  2. UP KKP (Kartu Kredit Pemerintah)
 
Alur Pelayanan
 
 

 

Contoh SPM UP

 

 

Uang Persediaan (UP) TUNAI Rupiah Murni (RM):

 

Syarat Pengajuan UP Tunai RM
 
Satker harus sudah menyelesaikan kewajiban administrasi Tahun Anggaran Sebelumnya, antara lain :
  1. Sisa UP/TUP tahun anggaran sebelumnya sudah nihil;
  2. Telah melakukan rekonsiliasi UAKPA bulan Desember TA sebelumnya;
  3. Telah menyampaikan LPJ Bendahara bulan Desember TA sebelumnya;
  4. Telah menyampaikan persyaratan awal tahun anggaran (SK Pejabat Pengelola Keuangan, Spesimen Tanda Tangan, PIN PPSPM, dan Permohonan KIPS)
 
Syarat Ujian SPM-UP
  1. Cetakan SPM 2 rangkap dan ADK SPM
  2. Surat Pernyataan UP dari KPA
  3. Surat Persetujuan Porsi UP Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dari Kepala KPPN Pekalongan
  4. Surat Pernyataan akan Menyelesaikan Rekonsiliasi (jika SPM UP dikeluarkan sebelum  periode buka  rekonsiliasi bulan Desember dibuka)
  5. Copy persetujuan rekening dari KPPN ( untuk rekening bendahara baru )
 
Blangko
 
NAMA BLANGKO DASAR HUKUM TAUTAN UNDUH
SYARAT AWAL TAHUN ANGGARAN
Surat Permohonan Persetujuan UP KKP (porsi 60-40) PMK 196/PMK.05/2018 UNDUH DISINI
Surat Permohonan Persetujuan UP KKP (porsi 100-0) PMK 196/PMK.05/2018 UNDUH DISINI
Surat Pemberitahuan Tidak Terdapat Perubahan Pejabat - UNDUH DISINI
Kartu Spesimen Tanda Tangan (1 DIPA) - UNDUH DISINI
Kartu Spesimen Tanda Tangan (2 DIPA) - UNDUH DISINI
Kartu Spesimen Tanda Tangan (Banyak DIPA) - UNDUH DISINI
Surat Pernyataan UP (PNBP) PMK 190/PMK.05/2012 UNDUH DISINI
Surat Pernyataan UP (SBSN) PMK 190/PMK.05/2012 UNDUH DISINI
Surat Pernyataan Menyelesaikan Rekonsiliasi - UNDUH DISINI

 

Kode SPM
 
Jenis SPM Jenis Pembayaran Sifat Pembayaran Akun Uraian SPM Kelengkapan

 10

 

Dana UP (UYHD)

 4

 

Pengeluaran Transito

1

 

Dana Persediaan Uang

825111

 

(RM)

“Penyediaan Uang Persediaan Rupiah Murni Satker ………….TA 20….sesuai SPP No….Tanggal…….”


  1. Surat Pernyataan UP (sesuai Lamp PMK 190/2012)
  2. Surat Persetujuan Porsi UP Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dari Kepala KPPN
  3. Surat Pernyataan akan Menyelesaikan Rekonsiliasi (jika SPM UP dikeluarkan sebelum  periode operasi  rekonsiliasi bulan Desember dibuka)
  4. Copy persetujuan rekening dari KPPN (untuk rekening bendahara baru)
 

Uang Persediaan (UP) KARTU KREDIT PEMERINTAH (KKP) :

 Pengertian UP KKP
 
UP-KKP merupakan uang muka kerja yang diberikan  dalam bentuk batasan belanja (limit) kredit  kepada Bendahara Pengeluaran/BPP yang penggunaannya dilakukan dengan kartu kredit pemerintah untuk membiayai kegiatan operasional sehari-hari Satker atau lembaga pengeluaran yang menurut sifat dan tujuan tidak mungkin dilakukan melalui mekanisme pembayaran LS yang dana sumbernya berasal dari rupiah murni.
 
 Ketentuan UP KKP
  1. Porsi dihitung dari pagu DIPA yang sumber dananya Rupiah Murni (RM).
  2. Besaran UP kartu kredit pemerintah sebesar  40%  (empat puluh persen) dari besaran UP.
  3. Kepala Kanwil DJPb dapat memberikan persetujuan atas perubahan proporsi UP-KKP berupa kenaikan atau penurunan proporsi UP Kartu Kredit Pemerintah.
  4. Atas persetujuan porsi KKP yang diterbitkan oleh KPPN Pekalongan,  satker tidak perlu mengajukan SPM UP KKP ke KPPN Pekalongan  karena persetujuan tersebut hanya  berupa limit KKP yang dipegang oleh satker
  5. Persetujuan atas kenaikan/perubahan proporsi UP-KKP diberikan dengan pertimbangan :
    1. Kebutuhan penggunaan UP-KKP dalam 1 bulan, melebihi besaran UP-KKP; 
    2. Frekuensi penempatan UP-KKP yang lalu lebih dari rata-rata 1 kali dalam 1 bulan dalam 1 (satu) tahun.
  6. Persetujuan atas penurunan proporsi UP-KKP diberikan dengan pertimbangan :
    1. Kebutuhan penggunaan UP Tunai dalam 1 bulan, melebihi besaran UP Tunai;
    2. Frekuensi penempatan UP Tunai tahun yang lalu lebih dari rata-rata 1 kali dalam 1 bulan dalam 1 tahun; 
    3. Terbatasnya penyedia barang/jasa yang menerima pembayaran dengan Kartu Kredit Pemerintah melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari KPA
 Jenis-jenis Kartu Kredit Pemerintah :
  1. KKP Perjalanan Dinas (KKP-PD)  digunakan untuk pengeluaran yang termasuk dalam komponen biaya berjalanan dinas. Batas maksimal untuk jenis kartu ini adalah Rp20 juta untuk masing-masing kartu. KKP-PD dapat dipergunakan untuk :
    1. pembayaran biaya transport (tiket, dll);
    2. penginapan;  dan/ atau
    3. sewa kendaraan dalam kota.
  2. KKP Belanja Operasional  (KKP-BO)  yang biasanya ditempati oleh Pejabat Pengadaan satker, digunakan untuk membiayai kebutuhan operasional kantor (belanja barang) dan modal belanja dengan maksimal pembayaran kepada 1 rekanan paling banyak sebesar Rp50 juta. Batas maksimal untuk jenis kartu ini adalah Rp50 juta dan dapat diisi sampai dengan Rp200 juta. KKP-BO dapat dipergunakan untuk :
    1. belanja barang operasional, antara lain belanja keperluan kantor, belanja pengadaan bahan makanan, belanja penambah daya tahan tubuh, dan belanja barang operasional lainnya;
    2. belanja barang non operasional, antara belanja bahan lain dan belanja barang non operasional lainnya;
    3. belanja barang untuk persediaan, antara lain belanja barang persediaan barang konsumsi;
    4. belanja sewa;
    5. belanja pemeliharaan gedung dan bangunan, antara lain belanja pemeliharaan gedung dan bangunan, belanja barang pemeliharaan gedung dan bangunan, dan belanja pemeliharaan gedung dan bangunan lainnya;
    6. belanja pemeliharaan peralatan dan mesin, antara lain belanja pemeliharaan peralatan dan mesin, belanja bahan bakar minyak dan pelumas dan pelumas khusus non-pertamina, belanja barang pemeliharaan peralatan dan mesin, dan belanja pemeliharaan peralatan dan mesin lainnya;
    7. belanja pemeliharaan lainnya, antara lain belanja barang pemeliharaan lainnya dan belanja pemeliharaan lainnya; dan/ atau
    8. modal belanja dengan nilai belanja paling banyak Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).
 Tahapan setelah satker menerima Persetujuan Porsi KKP dari Kepala KPPN Pekalongan:
  1. Menunjuk 1 (satu) Bank Penerbit KKP yang sama dengan tempat rekening Bendahara Pengeluaran dibuka sesuai dengan ketentuan dalam PMK Nomor 196/PMK.05/2018;
  2. Menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Satker dengan Bank sesuai dengan ketentuan dalam PMK Nomor 196/PMK.05/2018;
  3. Menetapkan pemegang KKP/ Admin KKP sesuai dengan ketentuan dalam PMK Nomor 196/PMK.05/2018;
  4. Mengajukan permohonan penerbitan KKP kepada Bank Penerbit KKP sesuai dengan ketentuan dalam PMK Nomor 196/PMK.05/2018;
  5. Menyampaikan fotocopy Satker PKS yang telah ditandatangani beserta addendum/perubahannya (apabila ada) kepada KPPN Pekalongan.
  6. Segera menetapkan Standard Operating Procedure (SOP) internal terkait norma waktu penggunaan, penyelesaian tagihan, dan pertanggungjawaban KKP dengan berpedoman pada ketentuan peraturan-undangan.
  7. Dapat mengajukan perubahan besaran UP dan/atau perubahan proporsi UP sebagaimana diatur dalam PMK Nomor 178/PMK.05/2018 dan PMK No.196/MK.05/2018
 Batasan Belanja Menggunakan Dana UP-KKP :
  1. Batasan belanja (limit) KKP dalam rangka tujuan  belanja operasional dan modal belanja  maksimal sebesar limit kartu yang ditetapkan dalam Surat Referensi yang disampaikan ke bank, paling banyak sebesar  Rp50 juta untuk setiap kartu kredit dalam 1 (satu) bulan .
  2. Batasan belanja (limit) KKP dalam rangka keperluan  belanja perjalanan dinas jabatan  maksimal sebesar limit kartu yang ditetapkan dalam Surat Referensi yang disampaikan ke bank penerbit KKP, paling banyak sebesar  Rp20 juta untuk setiap kartu kredit dalam 1 (satu) bulan .
  3. Total batasan belanja (limit) KKP Satker paling banyak sebesar UP Kartu Kredit Pemerintah yang telah disetujui Kepala KPPN Pekalongan.
  4. Total besaran UP-KKP, penggunaan UP-KKP dalam 1 (satu) tahun tidak melebihi pagu jenis belanja yang dapat dikirimkan melalui UP KKP.
  5. Pagu jenis belanja yang dapat diselesaikan melalui UP-KKP adalah paling banyak 40% dari pagu jenis belanja yang dapat diselesaikan melalui UP.
 Pelaksanaan Pembayaran Dengan Kartu Kredit Pemerintah :
  1. Pemegang KKP melakukan belanja, dengan ketentuan sebagai berikut  :
    1. Belanja menggunakan KKP dilakukan sesuai jenis KKP-nya
    2. Sebelum melakukan pembayaran menggunakan KKP, terlebih dahulu harus dipastikan bahwa transaksi menggunakan KKP tersebut  tidak dikenakan biaya oleh merchant  (toko/penedia barang/jasa).
    3. Pemegang KKP mengumpulkan dokumen berupa :
      • Tagihan (e-billing)/Daftar Tagihan Sementara;
      • SuratTugas/Surat Perjalanan Dinas/Perjanjian/Kontrak; dan
      • Bukti-bukti pengeluaran (kuitansi/bukti pembelian).
    4. Daftar Tagihan Sementara sebagaimana dimaksud di atas, Dihasilkan dari sistem perbankan Penerbit KKP.
    5. Kuitansi/bukti pembelian disertai dengan faktur pajak, Surat Setoran Pajak (SSP) dan/atau Bukti Penerimaan Negara (dalam hal pajak telah disetor Penyedia Barang/Jasa) sesuai dengan ketentuan peraturan-undangan di bidang perpajakan.
    6. Berdasarkan dokumen-dokumen tersebut, Pemegang KKP membuat :
      • Daftar Pengeluaran Riil (DPR) kegiatan operasional dan belanja modal dengan KKP; dan/atau
      • Daftar Pengeluaran Riil (DPR) kegiatan perjalanan dinas jabatan dengan KKP.
    7. DPR sebagaimana dimaksud di atas, dibuat menggunakan Aplikasi SAS dan Aplikasi SAKTI.
  2. Pengujian Oleh PPK  :
    1. Pemegang KKP menyampaikan DPR Kegiatan Operasional dan Belanja Modal dan/atau DPR Kegiatan Perjalanan Dinas Jabatan dilampiri dokumen, berupa Tagihan (e-billing) / Daftar Tagihan Sementara, Surat Tugas/Surat Perjalanan Dinas/Perjanjian/ Kontrak; dan bukti-bukti pengeluaran (kuitansi/pembelian bukti), kepada PPK paling lambat 2 (dua) hari kerja setelahTagihan (e-billing) / Daftar Tagihan Sementara diterima dari Bank Penerbit KKP.
    2. Berdasarkan DPR Kegiatan Operasional dan Belanja Modal dan/atau DPR Kegiatan Perjalanan Dinas Jabatan beserta dokumen sebagaimana tersebut di atas, PPK melakukan pengujian terhadap :
      • kebenaran data pihak yang berhak menerima pembayaran atas beban APBN;
      • Kebenaran materiil dan perhitungan bukti-bukti pengeluaran;
      • Kebenaran Perhitungan Tagihan (e-billing) / Daftar Tagihan Sementara termasuk kewajiban penerima pembayaran kepada negara;
      • Kesesuaian perhitungan antara bukti pengeluaran dengan tagihan (e-billing) / daftar tagihan sementara;
      • Kesesuaian jenis belanja yang dapat dipesan dengan KKP; dan
      • Kesesuaian spesifikasi teknis dan volume barang/jasa dalam perjanjian/kontrak, dokumen serah terima barang/jasa, dan barang/jasa yang diserahkan oleh penyedia barang/jasa.
    3. Berdasarkan hasil pengujian, PPK mengesahkan sebagian/seluruhnya bukti-bukti pengeluaran dan menerbitkan Daftar Pembayaran Tagihan (DPT) KKP yang dibuat melalui Aplikasi SAS dan SAKTI.
  3. Penolakan Bukti-Bukti Pengeluaran oleh PPK  :
    1. Dalam hal terdapat bukti-bukti pengeluaran yang tidak memenuhi ketentuan, PPK menolak bukti-bukti pengeluaran yang disampaikan oleh Pemegang KKP;
    2. Penolakan bukti-bukti pengeluaran tersebut disampaikan kepada Pemegang KKP melalui Surat Pemberitahuan Penolakan paling lambat 3 (tiga) hari kerja setelah DPR dan dokumen lampirannya diterima.
    3. Surat Pemberitahuan Penolakan sebagaimana dimaksud, dibuat sesuai dengan format yang ditetapkan dalam PMK-196/PMK.05/2019.
  4. Penerbitan SPBy oleh PPK  :
    1. Berdasarkan DPT KKP yang telah diterbitkan, PPK atas nama KPA menerbitkan SPBy  paling lambat 2 hari kerja  setelah DPT KKP ditetapkan.
    2. PPK menyampaikan SPBy kepada BP/BPP  paling lambat 1 hari kerja  setelah diterbitkan, dilampiri dengan dokumen sebagai berikut :
      • Surat Tugas/Perjalanan Dinas/Surat Perjanjian/ Kontrak;
      • Kuitansi/bukti pembelian yang telah disetujui oleh PPK;
      • Faktur pajak dan/atau SSP sesuai dengan ketentuan peraturan-undangan di bidang perpajakan;
      • Nota/bukti penerimaan barang/jasa atau dokumen pendukung lainnya yang diperlukan yang telah disahkan oleh PPK;
      • DPT-KKP yang telah ditetapkan oleh PPK; dan
      • Tagihan (e-billing)/ Daftar Tagihan Sementara.
  5. Pengujian SPBy oleh Bendahara Pengeluaran/Bendahara Pengeluaran Pembantu
    1. Berdasarkan SPBy beserta lampirannya yang diterima dari PPK, BP/BPP melakukan :
      • Pengujian SPBy;
      • Pengujian ketersediaan dana UP KKP; dan
      • Penyusunan daftar pungutan/potongan/pajak/bukan pajak atas tagihan dalam SPBy.
    2. Pengujian SPB meliputi:
      • Penelitian kelengkapan perintah pembayaran yang diterbitkan oleh PPK;
      • Pemeriksaan kebenaran atas hak tagih, meliputi : Pihak yang ditunjuk untuk menerima pembayaran, Nilai tagihan yang harus dibayar; Jadwal waktu pembayaran; dan Ketersediaan dana yang bersangkutan.
      • Memeriksa kesesuaian pencapaian keluaran antara spesifikasi teknis yang disebutkan dalam penerimaan barang/jasa dan spesifikasi teknis yang disebutkan dalam dokumen perjanjian/kontrak; dan
        Pemeriksaan dan pengukuran ketepatan penggunaan kode mata anggaran pengeluaran (akun 6 digit).
  6. Penerbitan SPP GUP-KKP
 
Blangko
 
NAMA BLANGKO DASAR HUKUM TAUTAN UNDUH
SYARAT AWAL TAHUN ANGGARAN
Surat Permohonan Persetujuan UP KKP (porsi 60-40) PMK 196/PMK.05/2018 UNDUH DISINI
Surat Permohonan Persetujuan UP KKP (porsi 100-0) PMK 196/PMK.05/2018 UNDUH DISINI
Surat Pemberitahuan Tidak Terdapat Perubahan Pejabat - UNDUH DISINI
Kartu Spesimen Tanda Tangan (1 DIPA) - UNDUH DISINI
Kartu Spesimen Tanda Tangan (2 DIPA) - UNDUH DISINI
Kartu Spesimen Tanda Tangan (Banyak DIPA) - UNDUH DISINI
Surat Pernyataan Menyelesaikan Rekonsiliasi - UNDUH DISINI
KARTU KREDIT PEMERINTAH (KKP)
Surat Permohonan Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah ke Bank PMK 196/PMK.05/2018 UNDUH DISINI
Daftar Usulan Pemegang Kartu Kredit PMK 196/PMK.05/2018 UNDUH DISINI
Surat Referensi PMK 196/PMK.05/2018 UNDUH DISINI
Berita Acara Serah Terima Kartu Kredit Pemerintah PMK 196/PMK.05/2018 UNDUH DISINI
Daftar Pengeluaran Riil Kegiatan Operasional dan Belanja Modal KKP PMK 196/PMK.05/2018 UNDUH DISINI
Daftar Pengeluaran Riil Kegiatan Perjalanan Dinas Jabatan dengan KKP PMK 196/PMK.05/2018 UNDUH DISINI
Daftar Pembayaran Tagihan Kartu Kredit Pemerintah PMK 196/PMK.05/2018 UNDUH DISINI
Surat Pemberitahuan Penolakan Bukti Pengeluaran KKP PMK 196/PMK.05/2018 UNDUH DISINI
Contoh Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bank BRI - UNDUH DISINI
Contoh Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bank Mandiri - UNDUH DISINI
Contoh Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bank BNI - UNDUH DISINI
 

Uang Persediaan (UP) TUNAI sumber dana PNBP :

 

 Ketentuan Khusus SPM Uang Persediaan (UP) dana PNBP :
  1. Dalam hal realisasi PNBP melampaui target dalam DIPA, penambahan halaman dalam DIPA dilaksanakan setelah mendapat persetujuan Menteri Keuangan cq Direktur Jenderal Anggaran.
  2. Pembayaran UP/TUP untuk Satker Pengguna PNBP dilakukan terpisah dari UP/TUP yang bersumber dari Rupiah Murni.
  3. Satker pengguna PNBP dapat diberikan UP sebesar 20% (dua puluh persen) dari realisasi PNBP yang dapat digunakan sesuai halaman PNBP dalam DIPA maksimal sebesar  Rp500.000.000,-
  4. Satker pengguna PNBP yang  belum memperoleh Maksimum Pencairan (MP)  dana PNBP dapat diberikan UP sebesar maksimal 1/12 (satu perduabelas) dari pagu dana PNBP pada DIPA, maksimal sebesar  Rp200.000.000,-
  5. Penggantian UP atas pemberian UP dilakukan setelah Satker pengguna PNBP memperoleh Pencairan Maksimum (MP) dana PNBP paling sedikit sebesar UP yang diberikan.
  6. Sisa Maksimum Pencairan (MP) dana PNBP tahun anggaran sebelumnya dari Satker pengguna, dapat dipergunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan tahun anggaran berjalan setelah DIPA disahkan dan berlaku efektif.
 
 Formula Pencairan Dana PNBP (MP) :
 
 
MP = (PPP x JS) – JPS
 
MP : Pencairan Maksimal
KPS : proporsi halaman pengeluaran terhadap pendapatan sesuai dengan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan
JS : jumlah setoran
JPS : jumlah pencairan dana sebelumnya sampai dengan SPM terakhir yang diterbitkan
 
Syarat Pengajuan SPM Uang Persediaan (UP) TUNAI PNBP :
  1. Surat Pernyataan UP dari KPA
  2. Bukti setor PNBP yang telah dikonfirmasi oleh KPPN (khusus untuk satker dengan PNBP Tidak Terpusat); 
  3. Daftar Perhitungan Jumlah Pencairan Maksimum (MP) dibuat sesuai format dalam Lampiran XVII PMK-190/PMK.02/2012.
 
Kode
 
Jenis SPM Jenis Pembayaran Sifat Pembayaran Akun Uraian SPM Kelengkapan

10

 

Dana UP (UYHD)

4

 

Pengeluaran Transito

 1

 

Dana Persediaan Uang

825113

 

(PNBP)

 

“Penyediaan Uang Persediaan Rupiah PNBP Satker ………….TA 20….sesuai SPP No….Tanggal…….”

 

 

  1. Surat Pernyataan UP (sesuai Lamp PMK-190/2012)
  2. Copy persetujuan rekening dari KPPN (untuk rekening bendahara baru)
  3. Daftar Perhitungan Jumlah MP (sesuai Lampu XVII PMK-190/2012)
 

Uang Persediaan (UP) TUNAI sumber dana SBSN

 Ketentuan UP Tunai untuk dana SBSN
  1. Pelaksanaan pembayaran atas kegiatan yang dibiayai dengan SBSN pada awal tahun dilaksanakan setelah diterbitkannya surat permintaan ketersediaan dana pada Reksus SBSN dari DJPb cq Direktur Pengelolaan Kas Negara atas nama Dirjen Perbendaharaan.
  2. Penghentian pembayaran atas kegiatan yang dibiayai dengan SBSN dapat dilakukan jika:
    1. Reksus SBSN kosong atau tidak mencukupi; dan/ atau
    2. DJPPR menyampaikan surat permintaan izin pembayaran kepada Dirjen Perbendaharaan
  3. Dalam pengajuan SPM-UP SBSN, KPA memastikan SPM berkenaan diterbitkan dengan mencantumkan sumber dana/cara penarikan  RM/RM .
  4. SPM UP SBSN dibuat terpisah dari SPM UP untuk UP Rupiah Murni DIPA
 Syarat Pengajuan SPM-UP dana SBSN
  1. Surat Pernyataan UP SBSN dari KPA
  2. ADK SPM UP
  3. Hardcopy SPM UP dengan ketentuan perekaman :
    • Jenis SPM :  10  (Dana UP)
    • Jenis Bayar :  4  (Pengeluaran Transito)
    • Sifat Bayar :  1  (Dana Uang Persediaan)
    • Sumber Dana :  01  (RM)
    • Cara Menggambar :  0  (RM)
    • Akun :  825111
    • Uraian SPM : "Penyediaan Uang Persediaan SBSN Satker ............. Tahun Anggaran 20…. sesuai SPP No…. Tanggal……"
 Blangko
 
NAMA BLANGKO DASAR HUKUM TAUTAN UNDUH
SYARAT AWAL TAHUN ANGGARAN
Surat Pernyataan UP (SBSN) PMK 190/PMK.05/2012 UNDUH DISINI

 

Pengaduan Layanan

Pengaduan atas Layanan KPPN Pekalongan
  1. Kotak Pengaduan di Ruang Layanan KPPN Pekalongan
  2. Nomor WA Pengaduan seksi MSKI :  0813-2792-0860
  3. Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  4. Pengaduan melalui website  http://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/pekalongan/id/kontak-kami/layanan-pengaduan.html

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 MEDIA SOSIAL KPPN PEKALONGAN

 

 

SALURAN PENGADUAN

 

Search