KPPN Khusus Penerimaan

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Penyambutan Pegawai Baru On the Job Training dari PKN STAN di KPPN Khusus Penerimaan

Setiap tahun, Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN), pendidikan tinggi kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan, mengirimkan seluruh lulusan Program Diploma baik Diploma I maupun Diploma III untuk menjalankan kegiatan on job training (OJT) pada semua unit eselon di Kementerian Keuangan, termasuk di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Penerimaan ( KPPN KP). Tahun ini, terdapat 183 pegawai baru di Direktorat Jenderal Perbendaharaan dari lulusan PKN STAN yang seluruhnya berasal dari Diploma I dan Diploma III Kebendaharaan Negara. Uniknya, 124 di antaranya adalah perempuan.

Kegiatan OJT di KPPN KP ini disambut baik oleh Moch. Abdul Kobir, Kepala KPPN KP, beserta Kepala Seksi di ruang rapat KPPN Khusus Penerimaan pada hari Senin, 10 Desember 2018. Peserta kegiatan OJT ini berjumlah 18 anak yang kemudian dibagi menjadi lima kelompok sesuai banyaknya seksi di KPPN KP. Menariknya, sebelum penempatan di setiap seksi, para pegawai OJT diberi kesempatan untuk memilih seksi yang diminati. Bahkan, Kepala Kantor KPPN KP turun langsung untuk meng-interview satu persatu guna mengetahui kelebihan, kekurangan, minat, bakat, dan passion tiap-tiap pegawai OJT. Tujuannya, agar setiap pegawai sedapat mungkin ditempatkan pada jenis pekerjaan yang tepat untuk mereka dan sesuai dengan kebutuhan KPPN KP.

Pada kesempatan ini, Kepala KPPN KP menjelaskan gambaran umum mengenai tugas pokok dan fungsi KPPN KP. Selain itu, Kepala KPPN KP juga menyampaikan bahwa menjadi pegawai Kementerian Keuangan adalah sebuah privileged yang tidak dimiliki setiap orang. Untuk itu, Moch. Abdul Kobir berpesan supaya pegawai baru OJT   dapat memberikan kontribusi dan karya terbaik di Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, dan di manapun ditempatkan nantinya. Selanjutnya, beliau juga memberi motivasi kepada para pegawai OJT agar terus mengembangkan diri, bekerja secara profesional, dan yang paling penting untuk selalu memegang teguh integritas dan kejujuran. Terakhir, Kepala Kantor berpesan kepada para pejabat dan pegawai KPPN KP untuk bisa menjadi role model bagi para pegawai OJT dan membantu mereka dalam mengerjakan dan memaksimalkan pekerjaannya. Pegawai OJT terlihat sangat antusias mendengarkan setiap arahan Kepala Kantor, bahkan, selepas pengarahan tersebut, beberapa pegawai OJT juga mengajukan pertanyaan  sebagai bentuk keingintahuan mereka terhadap proses bisnis pada KPPN KP.

Adapun Reno, pegawai Biro SDM DJPb, yang ikut serta dalam acara tersebut untuk mengantarkan para pegawai OJT ke tempat kerja baru mereka, berharap supaya para pegawai OJT dapat memberikan kontribusi yang signifikan kepada KPPN KP walaupun hanya dalam waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan pegawai OJT tahun-tahun sebelumnya. Reno juga berharap supaya pihak KPPN KP dapat bekerja sama untuk membimbing para pegawai OJT sehingga pegawai OJT dapat mendapatkan bekal untuk penempatan nanti.

Sebelumnya, pada Kamis, 6 Desember 2018, tepatnya di BallroomSetelah acara penyambutan selesai, Kepala KPPN KP mengajak para pegawai OJT  berkeliling KPPN KP sembari memberikan penjelasan pada setiap seksi. Kepala KPPN KP sangat berharap agar para peserta OJT dapat mengambil banyak ilmu di tempatnya walau dalam waktu yang relatif singkat.

Sebelumnya, pada Kamis, 6 Desember 2018, tepatnya di Ballroom Hotel Alila Pecenongan, Moch. Abdul Kobir, Kepala KPPN KP, juga ikut memberikan materi pada acara Program Induksi dan Orientasi Pegawai Baru Ditjen Perbendaharaan Lulusan Prodip I dan III PKN STAN. Materi yang dibawakan oleh Kepala KPPN KP berupa pemaparan umum mengenai KPPN KP beserta tugas-tugasnya.  Pemaparan materi tersebut disampaikan secara menyenangkan, diawali dengan pertanyaan hingga pemberian doorprize bagi penanya. Selain itu, Moch. Abdul Kobir juga memberikan motivasi-motivasi kepada pegawai OJT agar terus semangat dalam mengembangkan diri melalui pendidikan tinggi di manapun tempat yang akan didapat saat penugasan nanti. Dari acara ini, panitia dari Biro SDM Direktorat Jenderal Perbendaharaan berharap supaya para pegawai OJT Acara Program Induksi dan Orientasi Pegawai Baru Direktorat Jenderal Perbendaharaan dapat memperoleh bekal sehingga siap untuk terjun baik dalam kegiatan OJT maupun dalam penugasan-penugasan berikutnya.(Winny)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search