Berita

Seputar Kanwil DJPb

Palang Pintu, Budaya Anti Korupsi pada KPPN Khusus Penerimaan

Sebuah inovasi tidak mesti berbasis IT. Inovasi bisa sesederhana mungkin asal mampu memberi nilai tambah, dan mampu membawa kebaikan.

Itu pula yang beberapa kali dilakukan oleh KPPN Khusus Penerimaan. Untuk meningkatkan kinerja organisasi dan juga meningkatkan pelayanan prima, KPPN Khusus Penerimaan telah membangun beberapa inovasi, baik inovasi berbasis teknologi informasi maupun yang tidak. Palang Pintu salah satu contohnya. Palang Pintu  merupakan sebuah kesenian Betawi yang merupakan paduan antara silat dan juga pantun, namun dihayati maknanya dan disosialisasikan filosofinya, serta diterapkan makna simbolisnya dalam aktifitas sehari-hari. Palang Pintu dijadikan sebuah inovasi, istilah palang pintu di kalangan masyarakat Betawi diartikan sebagai menghalangi orang lain yang akan memasuki daerah tertentu, di mana suatu daerah memiliki jawara alias pendekar yang siap mengadang khususnya dalam pembangunan budaya kolusi, korupsi dan Nepotisme (KKN).

Dalam pembangunan budaya anti korupsi dan pengendalian gratifikasi, KPPN Khusus Penerimaan menggagas sebuah inovasi melalui pendekatan kearifan budaya lokal (local wisdom). Beberapa seni budaya lokal betawi dimaknai, dihayati dan diterapkan serta menjadi cerminan dalam perilaku kerja sehari-hari.Salah satu contohnya adalah menghadang untuk  segala bentuk Kolusi, korupsi dan nepotisme. Palang pintu yang memiliki filosofi untuk menyampaikan nilai agama, moral dan sosial sebagai landasan menjalani hidup yang artinya KPPN Khusus Penerimaan mencerminkan nilai INTEGRITAS, KEJUJURAN dan SINERGI, serta adanya PENGAWASAN dari Tuhan Yang Maha Kuasa untuk menjalankan Organisasi.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search