Laporan Kinerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Ruteng Tahun 2024 disusun dalam rangka perwujudan pertanggungjawaban tugas dan fungsi yang diemban menuju tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dengan prinsip-prinsip prudent, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.
Dimulai dengan renstra yang disusun dengan memperhatikan Renstra DJPb dalam rangka mewujudkan visi KPPN DJPb yaitu “Menjadi Pengelola Perbendaharaan Negara Yang Unggul di Tingkat Dunia”. Dengan penerapan nilai-nilai Kementerian Keuangan dan pemberdayaan sumber daya yang dimiliki, KPPN Ruteng berupaya untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya untuk pencapaian kinerja secara maksimal dan pencapaian tujuan organisasi.
Kontrak Kinerja Kemenkeu Three KPPN Ruteng Tahun 2024 terdiri dari 9 Sasaran strategis (SS) yang terbagi dalam 16 Indikator Kinerja Utama (IKU). Capaian Kinerja organisasi KPPN Ruteng Tahun 2024 dengan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) sebesar 116,08 merupakan capaian tertinggi dalam 5 tahun terakhir.
Penilaian NKO terbagi menjadi 3 perspektif yaitu:
- Perspektif Stakeholder dengan bobot 30%, terdiri atas SS Perbendaharaan Negara yang Optimal dan Akuntabel dengan IKU (1) Nilai kinerja pelaksanaan anggaran K/L dengan capaian sebesar 95.75 dari target 90 dan (2) Indeks Kualitas LK Kuasa BUN KPPN dengan capaian sebesar 5 dari target indeks 4.
- Perspektif Customer dengan bobot 20% terdiri dari SS Dukungan manajemen yang fektif dengan satu IKU yaitu Indeks Kepuasan Satker terhadap Layanan KPPN dengan capaian sebesar 5 dari target indeks 4.
- Perspektif Internal Proses dengan bobot 25% terdiri dari:
- SS Komunikasi, Edukasi, dan Standardisasi yang Berkesinambungan terdiri dari IKU (1) Indeks Tingkat Implementasi Standardisasi Pejabat Perbendaharaan dengan capaian sebesar 5 dari target indeks 4 dan (2) IKU Indeks Efektivitas Edukasi di Bidang Pengelolaan Perbendaharaan dengan dengan sebesar 4,75 dari target indeks 4.
- SS Pengelolaan Pengeluaran Negara yang Prudent, Efektif, dan Efisien dengan IKU (1) Persentase akurasi perencanaan kas dengan capaian 97,94 dari target 81 dan (2) Indeks kualitas penyelesaian SP2D dengan capaian 5 dari taget 4.