Jl. H. Abdul Latief No. 4, Kab. Sinjai  Telp (0482)22246

Berita

Seputar KPPN Sinjai

Bimtek Aplikasi Perekaman dan Validasi Pajak (SIRESIK)

Kepala Seksi Bank, Edhi Purnomo, saat menjelaskan SIRESIK

 

SINJAI - Dalam rangka memberikan layanan prima, cepat, akurat, dan tanpa biaya, KPPN Sinjai senantiasa melakukan perbaikan berkelanjutan guna memberikan kepuasan kepada para pengguna layanan (stakeholders). Salah satu langkah yang diambil adalah dengan membuat inovasi. Salah satu inovasi yang sudah dikembangkan oleh KPPN Sinjai adalah SIRESIK atau Aplikasi Perekaman dan Validasi Pajak.

Pengembangan SIRESIK dilatarbelakangi oleh adanya kesalahan-kesalahan pada saat Pemerintah Daerah merekam transaksi pajak pusat yang telah disetorkan pada Aplikasi OM SPAN. Kesalahan tersebut di antaranya adalah kesalahan dalam penginputan NTPN, akun pajak, nilai nominal pajak yang disetorkan, serta NTPN terekam ganda. Oleh karena itu, dikembangkanlah SIRESIK dengan tujuan untuk merekam dan memvalidasi transaksi pajak pusat yang disetorkan oleh Pemerintah Daerah.

Kegiatan bimtek SIRESIK yang dilaksanakan di Ruang Rapat KPPN Sinjai pada 18 Januari 2023 ini dimaksudkan untuk menguji coba aplikasi dan memperkenalkan aplikasi ke Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai. Pada kesempatan ini, KPPN Sinjai mengundang BKAD Kab. Sinjai dan 5 OPD besar Pemerintah Daerah Kab. Sinjai, yakni Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas PUPR, dan Kecamatan Sinjai Utara. Kegiatan bimtek dipimpin oleh Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi dan dipandu oleh Kepala Seksi Bank KPPN Sinjai, Edhi Purnomo.

Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi, saat memimpin pelaksanaan Bimtek SIRESIK

Sesi foto bersama

Pada saat uji coba perekaman transaksi, para perwakilan OPD mengapresiasi adanya SIRESIK karena sangat bermanfaat dalam mencegah adanya kesalahan perekaman. Aplikasi juga dinilai efektif dan mempercepat proses konfirmasi pajak pemda. Selanjutnya, SIRESIK direncanakan akan diluncurkan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Press Release APBN dan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran pada bulan Februari 2023.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search