Jl. H. Abdul Latief No. 4, Kab. Sinjai  Telp (0482)22246

Berita

Seputar KPPN Sinjai

Rapat Koordinasi KPPN Sinjai dan Kantor Cabang BRI Sinjai dalam meningkatkan Digitalisasi Pembayaran di Kabupaten Sinjai

 

Sinjai, Rabu tanggal 7 Februari 2024 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) antara KPPN Sinjai bersama dengan Kantor Cabang Bank Rakyat Indonsia Sinjai dengan pembahasan Digitalisasi Pembayaran. Rakor dihadiri oleh Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi dan Pimpinan Kantor Cabang BRI Sinjai, Bapak Dandy Warnana. Rakor dilaksanakan di ruang rapat Kepala KPPN Sinjai.

Rakor yang dilaksanakan diharapkan dapat dicapai kesepahaman terkait peningkatan pelaksanaan digitalisasi pembayaran oleh satuan kerja dalam membelanjakan APBN yang di Kelola masing-masing satker. Rumusan rencana strategis antara KPPN sinjai dan Kantor Cabang BRI Sinjai dalam mendorong satuan kerja yang menjadi mitra masing-masing agar Uang Persediaan yang telah diberikan agar dapat dibelanjakan dengan menggunakan pembayaran digital melalui fasilitas yang diberikan oleh Bank BRI seperti Cash Management System (CMS) dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) serta meningkatkan transaksi melalui patform marketplace “Digipay Satu” yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

 

 

Digitalisasi Pembayaran merupakan mekanisme pembayaran pemindahbukuan dari rekening bendahara satuan kerja secara elektronik dengan CMS atau pendebetan KKP ke rekening penyedia barang/jasa dalam rangka penggunaan UP melalui system marketplace yang telah disediakan oleh Ditjen Perbendaharaan yaitu DIGPAY SATU. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh satuan kerja melalui digitalisasi pembayaran ini disamping adanya transparansi dan akuntabilitas, seluruh proses dijalankan secara otomatis sehingga mampu menghadirkan simplifikasi LPJ karena telah mengintegrasikan Pengadaan, Perpajakan serta pelaporan.

Dari sisi perbankan, dapat memperluas layanan baik terhadap satuan kerja maupun kepada penyedia barang/jasa sehingga memungkinkan untuk menambah nasabah baru.

Pemerintah juga mendapatkan manfaat antara lain saldo pada kas dapat dimonitor sehingga perencanaan kas dapat dilakukan dengan lebih efektif.

 

 

Sebelum rakor ini dilaksanakan, KPPN Sinjai dan BRI Cabang Sinjai telah membentuk Tim Taskforce Percepatan Implementasi Digital Payment (DIGIPAY) – Marketplace yang dituangkan dalam sebuah surat keputusan. Tim ini nantinya diharapkan mampu meningkatkan peran serta satuan kerja dan penyedia barang/jasa  yang ada di Kabupaten Sinjai untuk melakukan transaksi digital

Semoga rakor ini disamping menjalin silaturahmi antara Kepala KPPN Sinjai dan Pimpinan Kantor Cabang BRI Sinjai, juga diharapkan dapat menjadi kolaborasi Kerjasama yang dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten Sinjai.

 

***

KPPN Sinjai, Amanmi!!
Andal, Mengemban Amanat Negara, Mengawal APBN, Indonesia Maju!!

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search