Jl Basuki Rahmat KM 7,Malaingkedi, Sorong, Papua Barat

Berita

Seputar Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sorong

Koarmada III Terima Penghargaan

Dalam Kontribusi Pemulihan Ekonomi Terbaik Sorong Raya

Komando Armada (Koarmada) III menerima penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sorong sebagai satuan kerja dengan kontribusi pemulihan ekonomi regional terbaik se-Sorong raya kategori pagu lebih dari Rp 150 miliar.

Penyerahan piagam penghargaan tersebut disampaikan Kepala KPPN Sorong, Juanda yang diterima langsung oleh panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) pada acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) TA 2021 Satker Lingkup KPPN Sorong di Hotel Vega Sorong, Kamis (10/12/2020).

Penyerahan DIPA TA 2021 disampaikan Wali Kota Sorong Drs.Ec.lambertus Jitmau,M.M., kepada Satker Lingkup KPPN Sorong antara lain kepada Pangkoarmada III. Pada kesempatan ini hadir Asrena Pangkoarmada III Kolonel laut (P) Ridwan Prawira,S.T.,M.Tr.(Han) dan sejumlah pejabat Keuangan Kementerian/Lembaga Kabupaten dan Kota Sorong.

Pangkoarmada III mengatakan pengelolaan keuangan negara, setidaknya empat prinsip dasar yang harus dipenuhi di Koarmada III, yakni akuntabilitas berdasarkan hasil atau kinerja, keterbukaan setiap transaksi, pemberdayaan manajer secara profesional serta pemberdayaan lembaga pemriksa, yakni Inspektorat selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Koarmada III. “Di lingkungan kami, Koarmada III selalu mengutamakan efektivitas, efisiensi, dan akuntabel dalam pengelolaan anggaran,” ujarnya.

“Pemberdayaan manajer secara profesional mulai dari staf anggaran sampai dengan kepala akun, serta yang tertinggi adalah pemberdayaan lembaga pemeriksa yakni, Inspektorat selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Koarmada III,” tandas Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto,M.Tr (Han).

Lanjutnya, dalam pelaksanaannya, Panglima dibantu dalam bidang pengawasan dan pemeriksaan, mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pertanggungjawaban, dengan melaksanakan kegiatan rutin, review, evaluasi, pemantauan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi, khususnya Koarmada III dan jajarannya. Tujuannya adalah, untuk memberikan keyakinan bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan parameter yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien, guna mewujudkan tata pengelolaan pemerintahan yang baikk dan bersih.

“Di lingkungan kami Koarmada III, saya selalu mengutamakan efektifitas, efisiensi dan akuntabel dalam pengelolaan anggaran. Dan kami menyadari bahwa setiap rupiah harus ada manfaatnya, sehingga jelas output maupun outcome-nya,” tandas Panglima Koarmada III.

Ada perhatian khusus yang diberikan terhadap persoalan tersebut. Sebagai panglima, setiap senin pukul 8 pagi, dirinya selalu melakukan review yang dipaparkan oleh Asisten Perencanaan di Koarmada III, dan juga sekaligus melakukan review reformasi birokrasi.

“Jadi saya bisa mendapat penghargaan tertinggi ini, karena tidak terlepas dari pelaksanaan review yang saya lakukan. Jadi saya tahu perkembangan dan kesulitannya dalam penyerapan anggaran, sehingga perlu adanya komunikasi yang baik dengan bawahan,” ujar Pangkoarmada III.

Sementara itu, Kepala KPPN Sorong mengatakan bahwa penghargaan dari KPPN Sorong atas raihan Satker Koarmada III sebagai Satker dengan daya serap tertinggi di wilayah Sorong Raya dalam realisasi anggarannya, sehingga telah memberi kontribusi dalam pemulihan ekonomi regional Sorong Raya.

Pada tahun 2019, Koarmada III juga menerima piagam penghargaan Terbaik Kedua Kinerja Pelaksanaan Anggaran Semester I Tahun Anggaran 2019 kategori 12 Indikator Penilaian tingkat Kementerian Negara/Lembaga Kabupaten dan Kota Sorong, Provinsi Papua Barat dari Kementerian Keuangan, dalam hal ini KPPN Sorong.

Kontributor Naskah : Juanda, Kepala KPPN Sorong

Terbit pada Radar Sorong , Sabtu, 12 Desember 2020

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search