Makassar

Berita

Seputar KPPN Makassar II

Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2022 dan Persiapan Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2023

Pada Hari Rabu, 25 Januari 2023, KPPN Makassar II menghelat kegiatan bertajuk Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2022 dan Persiapan Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2023. Kegiatan yang mengambil tema Bersinergi Dalam Mewujudkan Kinerja Anggaran Tahun 2023 Yang Lebih Berkualitas, dilaksanakan di Aula lantai 6 Gedung Keuangan Negara II Makassar, dengan mengundang Kuasa Pengguna Anggaran satuan kerja mitra kerja KPPN Makassar II.

Antonius Chandra Riahta Ginting, Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal KPPN Makassar II selaku Ketua Panitia Kegiatan, dalam laporannya menyampaikan latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini, segmen peserta yang menjadi undangan sekaligus agenda apa saja yang akan dilaksanakan dalam kegiatan ini, termasuk pemberian KPPN Makassar II Award dalam 7 kategori, kepada satuan kerja mitra KPPN Makassar II yang telah memberikan kinerja terbaik pelaksanaan anggarannya di tahun 2022 dan awal tahun 2023.

Melanjutkan agenda kegiatan, A. Putra Raga Pratama, selaku Pembawa Acara memberikan kesempatan kepada Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pelaksanaan Anggaran, Asep Wawan Kurniawan, untuk memberikan sambutan/arahan.

Dalam arahannya, Asep Wawan Kurniawan menyampaikan overview pelaksanaan anggaran TA 2022 di Sulawesi Selatan serta perkembangan ekonomi terkini dan Pokok-pokok APBN TA 2023. Kondisi perekonomian global yang kurang kondusif disebut membayangi pelaksanaan anggaran/ APBN tahun 2022. Namun di tingkat regional Sulawesi Selatan, ditunjukkan sinyal positif berupa pertumbuhan ekonomi regional yang relatif stabil. Pada Triwulan III, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan (y-on-y) mencapai 5,67%, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional (y-on-y) sebesar 5,72%. Situasi perekonomian domestik tahun 2022 yang lebih kondusif dibandingkan tahun 2021 berdampak positif terhadap pelaksanaan APBN TA 2022. Memasuki tahun 2023, perekonomian Indonesia masih dibayangi situasi resesi global. Namun sejalan dengan tema APBN TA 2023 : ‘’Optimis dan Tetap Waspada’’, akan menjadi reminder kita bersama untuk menjalankan tugas pengelolaan keuangan negara dengan kesungguhan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Selatan yang terus bertumbuh. Di akhir sambutannya, Kepala Kanwil mengharapkan agar DIPA tahun 2023 dapat segera ditindaklanjuti dan dilaksanakan secara tepat waktu, tepat sasaran, dengan tetap menjaga kualitas pelaksanaan hingga pertanggungjawabannya, sehingga dapat memberikan kemanfaatan yang nyata dan optimal bagi masyarakat Sulawesi Selatan, dengan selalu mengedepankan sinergi dan koordinasi serta komunikasi yang lebih intensif lagi.

Berlanjut ke sesi inti, penyampaian materi evaluasi oleh Kepala KPPN Makassar II, Arief Rahman Hakim, dengan moderator Wahyu Dwi Aryadi. Dalam evaluasinya, Arief Rahman Hakim menyampaikan overview pelaksanaan APBN KPPN Makassar II TA 2022. Total pagu yang dikelola KPPN Makassar II di tahun 2022 sebesar Rp7.442,69 Milyar, yang terdiri dari Belanja Pemerintah Pusat sebesar 5.852,31 dan Dana Transfer ke daerah sebesar 1.590,38. Adapun jumlah satker yang dilayani KPPN Makassar II di tahun 2022 berjumlah 219 yang terdiri dari 202 satker kantor daerah, 14 satker dekonsentrasi dan 2 satker tugas pembantuan serta 1 satker desentralisasi dalam rangka penyaluran Dana Transfer ke daerah. Untuk capaian IKPA Tahun 2022, KPPN Makassar II mencatat nilai untuk IKPA sebesar 93,82 dengan nilai terendah pada aspek deviasi Halaman III DIPA. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan. Diantaranya dari segi administrasi penetapan pejabat perbendaharaan, kesalahan penerbitan bank garansi, penggunaan CMS yang masih rendah serta beberapa catatan penting lainnya. Untuk tahun anggaran 2023, KPPN Makassar II berpedoman pada surat Menteri Keuangan hal Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran 2023, terdapat 7 langkah strategis dalam pengelolaan anggaran tahun 2023 yaitu : meningkatkan kualitas perencanaan; meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan rencana kegiatan; melakukan akselerasi pelaksanaan program/kegiatan/proyek; melakukan percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa (PBJ); meningkatkan  akurasi  dan  percepatan  penyaluran  Dana Bansos  dan Banper; meningkatkan kualitas belanja melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja; dan meningkatkan monitoring dan evaluasi. Terakhir, dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.05/2022 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan APBN sebagai pengganti PMK nomor 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran dalam rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, terdapat beberapa substansi perubahan yaitu adanya simplifikasi pelaksanaan anggaran, modernisasi proses pembayaran, penyempurnaan pengaturan pejabat perbendaharaan, dan hal-hal lainnya. Acara lalu dilanjutkan dengan sesi diskusi yang tidak kalah menarik karena antusiasme para KPA yang mengajukan pertanyaan.

Sebagai bentuk penghargaan dan motivasi atas capaian pelaksanaan anggaran tahun 2022 serta awal tahun 2023, KPPN Makassar II menyampaikan award kepada satuan kerja mitra kerja KPPN Makassar II dalam 7 (tujuh) kategori penghargaan, yaitu : Satker Peraih Nilai Sempurna IKPA, 10 besar peraih nilai tertinggi IKPA, nilai realisasi terbesar Kartu Kredit Pemerintah, penyampaian tercepat laporan saldo rekening, penyampaian tercepat SPM Gaji Induk, LPJ terbaik, dan realisasi belanja di minggu pertama tahun 2023. 38 (tiga puluh delapan) satuan kerja penerima award sangat berbahagia dengan raihannya masing-masing. Selamat.

Akhir kata, mari bersinergi, demi pelaksanaan anggaran tahun 2023 yang lebih baik dan lebih optimal. Optimis dan tetap Waspada.


 

Daftar Kategori Predikat Terbaik

A. Satker dengan Perolehan IKPA Tertinggi:

  1. KPP Pratama Makassar Selatan
  2. Kanwil DJBC Sulawesi Bagian Selatan
  3. Lembaga Pemasyarakatan Ujung Pandang
  4. Pengadilan Agama Pangkajene
  5. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Maros
  6. Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara Ujung Pandang
  7. KPTIK dan BMN Makassar
  8. Pengadilan Negeri Takalar
  9. Kanwil DJPb Provinsi Sulsel
  10. Kantor Pelyanan Pajak Madya Makassar

B. Satker dengan Penyampaian SPM Gaji Induk Tercepat:

  1. Bidkeu Polda Sulsel
  2. Bidpropam Polda Sulsel
  3. Puslatbang dan Kajian Manajemen Pemerintahan
  4. Kantor Kemenag Kota Ujung Pandang
  5. Pengadilan Militer III-16 di Makassar

C. Satker dengan Realisasi Belanja di Minggu Pertama Tahun 2023

  1. SPN Polda Sulsel
  2. Rolog Polda Sulsel
  3. Puslatbang dan Kajian Manajemen Pemerintahan
  4. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar
  5. Rumah Tahanan Negara Ujung Pandang

D. Satker dengan Penyampaian Tercepat Laporan Saldo Rekening:

  1. Polres Pangkep
  2. RO SDM Polda Sulsel
  3. Satbrimobda Polda Sulsel
  4. Ditbinmas Polda Sulsel
  5. Bidpropam Polda Sulsel

E. Satker dengan LPJ Terbaik:

  1. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar
  2. RO SDM Polda Sulsel
  3. Polres Maros
  4. BPS Provinsi Sulsel
  5. Satbrimob Polda Sulsel

F. KKP dengan Realisasi KKP Terbesar Tahun 2022:

  1. Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar
  2. Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Makassar
  3. Balai Perikanan Budidaya Air Payau Takalar
  4. BP Sumber Daya Pesisir dan Laut Makassar
  5. BTKLPP Kelas I Makassar 

G. Satker dengan IKPA Nilai Sempurna (100):

  • Polres Gowa
  • KPP Bea Cukai Makassar
  • KPPN Makassar II

 

 

 

MATERI PAPARAN KEPALA KPPN MAKASSAR II

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

 

IKUTI KAMI

 

 

PENGADUAN

 

Search