Makassar

Berita

Seputar KPPN Makassar II

Menggandeng BPKP Perwakilan Provinsi Sulsel, KPPN Makassar II Menggelar FGD Dalam Rangka Crash Program Pengelolaan Keuangan Daerah

Sebagai bagian dari Crash Program Pengelolaan Keuangan Daerah dan dalam rangka peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Makassar II pada hari Selasa, 31 Januari 2022 menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) tentang pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan daerah. 

FGD diikuti oleh pejabat/pegawai KPPN Makassar II dan para pejabat/pegawai KPPN dalam lingkup Kanwil DJPb Prov. Sulsel secara hybrid (daring maupun luring). Acara dibuka oleh Kepala KPPN Makassar II, Arief Rahman Hakim yang menyampaikan tujuan kegiatan ini, yang salah satunya untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi KPPN sebagai Local Government Advisory Unit. Hadir sebagai Narasumber adalah Auditor Madya BPKP Provinsi Sulsel, Hari Jumpono dan  Auditor Muda BPKP Provinsi Sulsel, Army S. Firdaus yang membedah struktur Laporan keuangan pusat dan daerah. Melalui pendekatan anatomi Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), narasumber memberi pemahaman yang mudah diterima oleh peserta.   Dijelaskan pula bahwa standard tiap pemerintah daerah tidaklah sama, misalnya dalam penentuan nilai kapitalisasi aset.  

Antusiasme peserta dalam acara ini sangat tinggi, terutama dengan banyaknya pertanyaan baik dari pegawai KPPN Makassar II maupun para Kepala KPPN lain yang hadir secara daring.  

Diharapkan dari kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan visi yang sama terkait Laporan Keuangan Daerah dalam pelaksanaan tugas pendampingan ke Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten mitra KPPN Makassar II. 

 

 

 

 

 

Materi FGD

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

 

IKUTI KAMI

 

 

PENGADUAN

 

Search