Makassar

Berita

Seputar KPPN Makassar II

Rapat Koordinasi Percepatan Penyaluran DAK Fisik Pemkab Gowa dengan KPPN Makassar II

Sebagai salah satu langkah aktif yang dilakukan oleh KPPN Makassar II dalam mendorong percepatan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2023, pada hari Kamis, 11 Mei 2023 Tim Penyaluran Transfer ke Daerah KPPN Makassar II menghadiri undangan Rapat Koordinasi Percepatan Penyaluran DAK Fisik Pemkab. Gowa. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Kab. Gowa. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kepala KPPN Makassar II Bapak Arief Rahman Hakim selaku KPA Penyaluran  Transfer ke Daerah pada KPPN Makassar II, Kepala Seksi Bank Bapak Johannes Calvin Simanullang selaku PPK  Penyaluran Transfer ke Daerah pada KPPN Makassar II dan Kepala Seksi VERA Bapak Deddi Nuryadi selaku PPSPM Penyaluran Transfer ke Daerah pada KPPN Makassar II. Sementara itu, dari Pemda dihadiri oleh Kepala BPKAD Bapak Dahlan Jalamang, Inspektur Daerah Kab. Gowa dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pengelola DAK Fisik tahun 2023.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kepala BPKAD Kab. Gowa Bapak Dahlan Jalamang dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas atensi KPPN Makassar II dalam pelaksanaan penyaluran Transfer ke Daerah serta pemberian solusi yang cepat ketika terjadi permasalahan pada OMSPAN. Kepala BPKAD Kab. Gowa mengatakan bahwa pelaksanaan Rapat Koordinasi ini merupakan bentuk kolaborasi dan sinergi antara Pemda dan KPPN dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi terkait percepatan penyaluran DAK Fisik. Sebagai penutup, beliau mengatakan hasil dari kegiatan ini akan menjadi masukan bagi BPKAD, OPD dan juga KPPN untuk bisa bersama mengawal penyaluran DAK Fisik secara tepat waktu.

Setelah sambutan Kepala BPKD Gowa, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala KPPN Makassar II dalam sambutannya beliau memaparkan progress penginputan syarat penyaluran DAK Fisik tahun 2023 pada aplikasi OMSPAN. Berdasarkan pemantaian pada OMSPAN secara umum masih terdapat beberapa Subbidang yang belum memenuhi syarat penyaluran bahkan untuk kontrak kegiatan baru dua Subbidang yang telah direkam pada OMSPAN. Selanjutnya beliau menekankan kepada seluruh OPD yang hadir agar segera menyelesaikan pertanggungjawaban DAK Fisik TA 2022 (LRPDCO, SP2D BUD, dan Foto kegiatan kontrak) untuk pemenuhan persyaratan penyaluran Tahap I TA 2023. Serta memastikan seluruh data telah diinput dengan benar dan lengkap sesuai dokumen fisik untuk menghindari gagal salur/kurang salur. Beliau berharap agar sinergisitas dan kolaborasi yang terjalan baik selama ini dapat dijaga sehingga kita bisa bersama-sama mengawal proses penyaluran DAK Fisik secara tepat waktu dan tepat jumlah.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel dengan pimpinan OPD yang hadir dari pelaksanaan diskusi diketahui bahwa hampir seluruh syarat salur telah terpenuhi pada internal Pemda tinggal menunggu reviu APIP dan tanda tangan Bupati. Terkait dengan kontrak kegiatan hampir seluruh paket kegiatan selesai di kontrakan baik kontrak fisik maupun kontrak pengawasan. Adapun paket kegiatan yang belum dikontrakan disebabkan proses di Unit Layanan Pengadaan (ULP), masih proses lelang e-paksi dan reviu APIP. Sebagai penutup dilakukan pembuatan komitmen dari masing-masing OPD terkait penyelesaian syarat penyaluran DAK Fisik yang direncanakan paling lambat minggu ketiga bulan Mei 2023.

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

 

IKUTI KAMI

 

 

PENGADUAN

 

Search