Berita dan Artikel

Informasi Seputar Kinerja dan Realisasi APBN Wilayah Provinsi Jawa Barat

BIMBINGAN TEKNIS LAPORAN KEUANGAN TINGKAT UAPPA-W KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN PROVINSI JAWA BARAT GUNA PENINGKATAN KUALITAS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

Dalam rangka memberikan pemahaman Sistem Akuntansi Pemerintah baik secara konseptual dan implementatif dalam penyusunan laporan keuangan, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan Bimbingan Teknis Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara luring langsung (tatap muka) di Gedung Dwiwarna Bandung dengan protokol kesehatan Covid 19 dan secara daring melalui Zoom Meeting, pada tanggal 18 November 2021. Kegiatan Bimtek tersebut diikuti oleh satuan kerja selaku UAPPA-W lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan Bimtek secara resmi dibuka oleh  Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, Bapak Dedi Sopandi. didampingi oleh Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kanwil DJPb  Provinsi Jawa Barat Bapak Abdul Rahman. Sebagai narasumber dalam kegiatan Bimtek tersebut adalah Kepala Seksi Bimbingan Akuntansi Instansi II Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Bapak Wahid Ahyani.

Dalam paparannya, Bapak Wahid Ahyani antara lain menyampaikan tentang hasil telaah LK Triwulan III 2021, persiapan roll out SAKTI, penyajian dan pengungkapan program Penanganan Covid-19 dan Percepatan Ekonomi Nasional (PC-PEN), serta persiapan penyusunan LKKL Unaudited 2021.

Pada kesempatan Bimtek tersebut, narasumber mendorong pemanfaatan telaah LK dan  menu-menu pada Aplikasi eRekon&LK sebagai sarana preventif permasalahan LK, narasumber juga memberikan rekomendasi terkait penyelesaian permasalahan-permasalahan tersebut. Disampaikan oleh narasumber bahwa karakteristik kualitas laporan keuangan yang utama saat ini yaitu dapat dipahami. Sedangkan sisi kehandalan laporan keuangan K/L sudah didukung dengan aplikasi E-Rekon oleh kementerian Keuangan. Sehingga laporan keuangan pada saat ini diutamakan pengungkapan informasi pada CaLK secara memadai (Dapat Dipahami). Kegiatan Bimtek di akhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan Post Test dan pre test kepada peserta Bimtek. 

Dengan diadakannya Bimtek ini, diharapkan para pengelola dan penyusun laporan keuangan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia, menjaring dan menyelesaikan permasalahan yang ditemukan pada Laporan Keuangan TA 2020 dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan TA 2021.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search