Rabu (25/11/2020) KPPN Khusus Penerimaan (KPPN KP) mengadakan kegiatan capacity building dan service excellence tahun 2020. Kegiatan yang bertema “Mengawal Pundi Negeri di Saat Pandemi” dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting
dan diikuti oleh seluruh pegawai KPPN KP dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), tim dari Biro Psikologi Psikodinamika, dan PT Bank Syariah Mandiri. Acara diawali dengan pembukaan dan pembacaan doa, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Kepala KPPN KP, Imam Subagyo. Dalam sambutannya Kepala KPPN KP mengharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan capacity building dan service excellence ini akan mampu : (1) memperkuat sinergi baik antar pegawai pada KPPN KP maupun dengan stakeholder khususnya Bank/Pos Persepsi dan Lembaga Persepsi Lainnya dalam mengawal penerimaan negara khususnya diakhir tahun anggaran 2020, (2) memupuk kekompakan dan kebersamaan diantara pegawai, (3) meningkatkan level pelayanan kita kepada masyarakat luas terutama terkait penerimaan negara, dan (4) memperkuat kapasitas SDM pada KPPN KP.
Kepala KPPN KP juga berpesan bahwa menjelang akhir tahun anggaran 2020 kita harus siap dengan segala sesuatu untuk menghadapinya terutama langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam menyelenggarakan penerimaan negara diakhir tahun anggaran ini. Pegawai KPPN KP harus standby 24 jam untuk bisa melayani stakeholder baik dari perbankan maupun masyarakat umum, untuk itu kondisi fisik harus benar-benar prima dan dijaga sebaik mungkin, patuhi protokol kesehatan, jaga asupan gizi yang tinggi, olah raga, istirahat yang cukup dan jangan lupa untuk berbahagia. Selanjutnya untuk menyongsong kegiatan di tahun 2021 diharapkan segera mempersiapkan diri karena DIPA TA 2021 telah terbit, proses pengadaan yang bisa dilaksanakan harus segera dimulai, rencana umum pengadaan dan lain-lain kegiatan yang bisa dilaksanakan dari sekarang agar segera dipersiapkan. Terkait service excellence, di Kementerian Keuangan sudah ada nilai-nilai Kementerian Keuangan dan budaya kerja yang telah diterapkan oleh pegawai dalam kehidupan sehari-hari baik di kantor maupun di masyarakat.
Setelah itu para peserta mendengarkan keynote speech dari Astridiana Sjamanti selaku Group Head Wholesale & Institutional Banking PT BSM. Materi capacity building disampaikan Poppy Amalya, seorang psikolog dan hypnoterapis dari Biro Psikologi Psikodinamika. Materi yang dibawakan sangat menarik, antara lain pengendalian stress disaat pandemi, pembangunan karakter pribadi, pengajaran relaksasi dengan teknik “Sedona” dan lain-lain. Acara dilanjutkan dengan materi service excellence yang dibawakan oleh Sansa Ananta, Operation and Service Monitoring Team Leader PT Bank Syariah Mandiri, dilanjutkan dengan materi pengenalan Sahabat Financial Berkah oleh Hikmah Rizka selaku Customer Segment Relationship Manager PT Bank Syariah Mandiri.
Meskipun kegiatan capacity building dan service excellence dilaksanakan secara daring, namun tidak mengurangi antusiasme peserta, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan baik secara langsung maupun melalui kolom chat. Diakhir sesi materi, narasumber memberikan hadiah bagi peserta untuk pertanyaan terpilih berupa buku karya Poppy Amalya,dan tumbler serta buku agenda dari PT Bank Syariah Mandiri. Selamat kepada para peserta yang mendapatkan hadiah. Semoga acara capacity building dan service excellence ini bermanfaat untuk semuanya, khususnya dapat membangun karakter pribadi pegawai KPPN KP menjadi pribadi yang lebih baik, serta dapat meningkatkan pelayanan prima terhadap stakeholder. Aamiin…