KPPN Khusus Penerimaan

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sosialisasi Peningkatan Kualitas dan Performa Frontliner (Teller) Collecting Agent

          Selasa (21/06/20222), KPPN Khusus Penerimaan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi/Bimbingan Teknis (Sosbimtek) Peningkatan Kualitas dan Performa Frontliner (Teller) Collecting Agents. Acara Sosialisasi/Bimbingan Teknis (Sosbimtek) Peningkatan Kualitas dan Performa Frontliner (Teller) Collecting Agents, sebagai wujud sinergi KPPN Khusus Penerimaan dengan Bank/Pos Persepsi dan Lembaga Persepsi Lainnya. Kegiatan Sosbimtek Peningkatan Kualitas dan Performa Frontliner (Teller) Collecting Agent dibuka oleh Kepala KPPN Khusus Penerimaan. Kegiatan ini  bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan performa frontliner/teller Collecting Agent, mengurangi risiko data unmatch dan pengembalian penerimaan negara, serta meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan transaksi Penerimaan Negara oleh Collecting Agent kepada wajib pajak/wajib bayar/wajib setor.

          Dalam rangka meningkatkan pemahaman stakeholders terhadap peraturan dan kebijakan Perbendaharaan sehingga memperkuat implementasi dan mendorong tercapainya tujuan organisasi untuk memenuhi perkembangan tata kelola keuangan yang bersifat dinamis, serta meminimalisir kesalahan pembayaran billing melalui teller khususnya terkait permasalahan sumber daya manusia ataupun  human eror yang biasanya terjadi karena komunikasi dan transaksi yang tidak selalu ideal, antara wajib pajak/wajib bayar/wajib setor., Collecting Agent dan Biller, hal ini dapat diminimalisir dengan adanya peningkatan edukasi dan sosialisasi ke teller secara rutin, untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman teller terkait penerimaan negara.

          Kegiatan Sosialisasi/ Bimtek Peningkatan Kualitas dan Performa Frontliner (Teller) Collecting Agents dilaksanakan secara offline yang dihadiri Collecting Agent Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI), narasumber dari Kepala KPPN Khusus Penerimaan, Kepala Seksi Layanan dan Pengelolaan Teknologi Informasi, dan Kepala Seksi Rekonsiliasi KPPN Khusus Penerimaan.Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara, pembacaan doa dan dilanjutkan penyampaian arahan oleh Kepala KPPN Khusus Penerimaan, Siswanto. Acara inti berupa penyampaian Sosialisasi/ Bimtek yang disampaikan oleh Kepala Seksi Layanan dan Pengelolaan Teknologi Informasi, Suhendi dan Kepala Seksi Rekonsiliasi, M. Seful Bahri. Materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut, meliputi Latar Belakang Sosialisasi/ Bimtek, Penerimaan Negara per Kanal Pembayaran 2021-2022, Prosedur Layanan Teller, Peraturan pengembalian pada Collecting Agent, Pengaturan teknis loket/ teller collecting agent dan diskusi tanya jawab.

          Acara berlangsung interaktif kurang lebih selama tiga jam dimana pada saat tanya jawab peserta diberikan kesempatan untuk bertanya langsungSemoga acara Sosialisasi/Bimbingan Teknis (Sosbimtek) Peningkatan Kualitas dan Performa Frontliner (Teller) Collecting Agents yang diselenggarakan oleh KPPN Khusus Penerimaan kali ini dapat meningkatkan sinergi dengan stakeholder dan meningkatkan kinerja optimal khususnya dalam mengawal penerimaan negara pada tahun anggaran 2022.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search